Selasa, 18 Mei 2021

Hilangkan Jerawat Membandel dengan Scarlett Acne Serum


Ternyata, permasalahan kulit wajah itu beragam, ya. Mulai dari kulit kusam, bintik hitam, kerutan, hingga munculnya jerawat. Duh!

Beberapa waktu lalu wajahku mengalami breakout. Muncul beberapa jerawat di area sekitar dahi dan dagu. Meski di keseharian saya memakai masker yang menutup sebagian wajah di masa new normal ini, tapi nyatanya munculnya jerawat-jerawat ini tetap membuatku tidak nyaman. Apalagi kalau jerawatnya besar sampai menimbulkan rasa cenut cenut gitu, heuheu … .

Saat satu jerawat muncul, belum sempat hilang, eh, muncul jerawat baru. Begitu terus. Serius! Padahal saya membersihkan wajah setiap hari dan berusaha menjaga kondisi kulit wajah sebaik mungkin. Sepertinya jerawat ini membandel. Tetap saja muncul

Saking sebalnya, saya hampir menyerah dengan jerawat-jerawat ini. Rasanya ingin sekali saya memencetnya agar cepat hilang, tapi hal itu saya urungkan. Takutnya malah jadi luka lalu timbul infeksi ☹.

 

Penyebab Munculnya Jerawat

Terkadang, jerawat itu semacam jalangkung, ya. Datang tak diundang, pergi tak diantar. Muncul – hilang begitu saja. Masih untung kalau munculnya hanya satu. Kalau munculnya keroyokan, duh! Penampakan wajah bisa seperti bintang di langit malam, gitu.

Saya sempat membaca beberapa artikel mengenai jerawat ini. Penyebab kemunculannya jerawat ternyata beragam, ya. Beberapa di antaranya berhubungan langsung dengan kegiatan keseharian kita, lho. Berikut beberapa di antaranya …

  • Adanya penyumbatan pori-pori kulit oleh sel mati, debu, dan kotoran.
  • Aktivitas bakteri Propionibacterium acnes menyebabkan peradangan pada kulit. Hmmm … pantas saja, ya. Terkadang, menjelang jerawat muncul, kulit wajah menjadi gatal. Ada yang pernah mengalami juga, nggak, sih?
  • Terjadi perubahan hormon saat menjelang menstruasi. Ini tuh menjadi semacam pertanda. Kalau jerawat mulai bermunculan, auto lihat kalender. Jangan-jangan memang sudah mendekati jadwalnya menstruasi, hihi.
  • Stress yang mempengaruhi gaya hidup, termasuk pola makan. Kalau lagi stress itu nafsu makan meningkat. Betul?! Apa saja dimakan. Nggak selektif, hihi.
  • Kandungan bahan pada kosmetik yang tidak dapat ditoleransi kulit. Masing-masing kulit memiliki kecocokan sendiri terhadap bahan kosmetik, ya. Ditambah lagi penggunaan make up berlebih, membuat kulit sulit bernapas dan pori tersumbat. Ini bisa diperparah kalau malas membersihkan wajah sebelum tidur.

 

Mengenal Produk Scarlett Face Care

Bagaimana pun, saya harus tetap merawat wajah. Apalagi saat kondisi breakout seperti ini. Saya harus segera melakukan sesuatu agar jerawat-jerawat ini tidak semakin menjadi.

Saya sempat curhat ke beberapa teman tentang kondisi kulit wajahku. Kebetulan, ada teman yang mengalami hal yang sama. Saat dia sedang berjerawat parah, dia menggunakan serum jerawat dari Scarlett. Serum ini bekerja baik di kulitnya yang berjerawat.

Saya pun penasaran dan ingin mencobanya. Yeah, anggap saja ini ikhtiyar-ku agar jerawat-jerawat ini segera hilang. Saya mencoba dua produk sekaligus, Scarlett Acne Serum dan Scarlett Brightening Facial Wash.



Baca juga >>> Belajar Make Up Glamour bersama LT Pro


Scarlett Acne Serum

Scarlett Acne Serum memiliki kemasan luar berupa kardus putih kombinasi ungu. Pada bagian ini pula dicantumkan nama produk, bahan aktif serum dan kegunaannya, volume produk, cara pemakaian, cara penyimpanan, dan nomor registrasi BPOM. Sedangkan nomor batch produk dan tanggal kadaluwarsa dituliskan di bagian bawah kardus.

Untuk kemasan dalamnya, Scarlett Acne Serum dikemas pada botol kaca keruh kemasan 15 ml. Botol ini memiliki tutup pipet sehingga mudah untuk mengambil cairan serum. Tutup pipet ini juga menutup erat sehingga serum aman dan tidak mudah tumpah.

Label produk Scarlett Acne Serum berwarna ungu dilengkapi dengan nama produk, kandungan serum, cara penggunaan, dan nomor registrasi BPOM. Pada bagian bawah botol terdapat nomor batch produk dan tanggal kadaluwarsa.

Untuk produknya sendiri, Scarlett Acne Serum berupa cairan bening agak keruh dan memiliki viscositas encer. Ini tidak seperti kebanyakan serum yang biasanya memiliki viscositas kental, ya. Beberapa bahan aktif yang terkandung dalam Scarlett Acne Serum, seperti tea tree water, salicylic acid, vitamin C, Jeju Centella Asiatica, dan Liquorice extract.

Tea tree water membantu melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi jerawat dan mengurangi bruntusan, dan juga mengurangi minyak berlebih di wajah.

Salicylic Acid bekerja dengan meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul. Bahan aktif ini juga membantu mengangkat kotoran penyumbat pori-pori yang berpotensi menjadi komedo

Liquorice extract kaya akan vitamin sehingga dapat menutrisi kulit. Bahan ini juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi kulit kemerahan dan hiperpigmentasi.

Vitamin C membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Jeju Centella Asiatica mampu menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit, serta mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Cara pemakaian Scarlett Acne Serum pun cukup mudah. Sesuai petunjuknya, saya hanya perlu meneteskan 2-3 tetes serum, kemudian meratakannya ke seluruh kulit wajah dengan pijatan pelan, lalu diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit.



Baca juga >>> Lawan Tanda Penuaan dengan Safi Age Defy

 

Scarlett Brightening Facial Wash.

Produk kedua yang kucoba adalah Scarlett Brightening Facial Wash. Kemasan luar produk ini berupa kardus berwarna pink, dilengkapi dengan nama produk, bahan aktif dan kegunaan, volume produk, cara pemakaian, dan nomor registrasi BPOM. Sayangnya tidak ada nomor batch produk dan tanggal kadaluwarsa pada kemasan luar ini. Jadi kalau ingin tahu, harus melihat pada kemasan dalamnya, ya.

Scarlett Brightening Facial Wash dikemas dalam botol plastik tebal dan bening kemasan 100 ml. Bentuknya panjang dan slim. Tutup fliptop-nya menutup kuat, mencegah produk tidak mudah tumpah. Label produk Scarlett Brightening Facial Wash berwarna putih dilengkapi dengan nama produk dan kandungan serum. Pada bagian bawah botol terdapat nomor batch produk dan tanggal kadaluwarsa.

Facial wash-nya sendiri berupa gel bening, dengan butiran scrub halus berwarna merah. Yang membuat produk ini special, ada bulir kelopak mawar bercampur dalam gelnya. Wangi Scarlett Brightening Facial Wash juga lembut.

Scarlett Brightening Facial Wash memiliki kandungan Glutathione, Aloevera, Vitamin E, dan Rose Petal.

Glutathione membantu meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, serta mencerahkan kulit.

Aloe vera mampu menenangkan dan meredakan peradangan kulit, serta melembabkan dan menghaluskan kulit wajah.

Vitamin E berperan dalam melembabkan, membantu mengatasi peradangan dan menenangkan kulit.

Rose petal memberikan kesegaran pada kulit wajah.

Seperti facial wash pada umumnya, pemakaian Scarlett Brightening Facial Wash hanya dengan menuangkan secukupnya gel ke telapak tangan, usap secara merata ke seluruh area wajah yang sudah dibasahi, lalu bilas hingga bersih.

 

Pengalaman Memakai Produk Scarlett Face Care

Sebelum menggunakan serum jerawat, saya membersihkan wajah dulu dengan Scarlett Brightening Facial Wash. Saya menuangkan gel facial wash secukupnya ke tangan, lalu meratakan ke seluruh wajah yang sudah kubasahi sambil dipijat ringan untuk memperlancar peredaran darah. Setelahnya, saya membilasnya dengan air bersih.

Tidak banyak busa yang dihasilkan Scarlett Brightening Facial Wash, tapi hasilnya kulit wajahku tetap bersih dan segar. Kulit wajahku juga lembab dan tidak terasa seperti tertarik. Saat mengeringkan wajah, jangan diusap, ya. Cukup ditepuk-tepuk saja dengan handuk. Supaya tidak mengiritasi kulit wajah.

Saya suka penampakan Scarlett Brightening Facial Wash. Tampilannya mewah. Gelembung kecil dan butiran scrub-nya, ditambah dengan lembaran kecil kelopak mawar yang melayang di dalam gel, mempercantik penampakannya. Saya juga suka wangi Scarlett Brightening Facial Wash yang lembut dan segar. Bukan wangi yang menyengat. Mencium wanginya, menenangkan 😊

Saya mencuci wajah cukup sehari dua kali dengan Scarlett Brightening Facial Wash. Tidak perlu berlebihan. Mungkin ada yang beranggapan, semakin sering mencuci wajah, kulit wajah semakin bersih. Ternyata tidak demikian. Semakin sering mencuci wajah justru malah dapat menghilangkan minyak alami kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering. Dan ternyata, kondisi ini justru bisa membuat kulit mudah iritasi dan muncul jerawat juga.

Setelah kulit wajah bersih, baru deh saya mengaplikasikan Scarlett Acne Serum. Sesuai petunjuk cara pakainya, saya mengaplikasikan beberapa tetes serum jerawat ke seluruh kulit wajah, lalu meratakannya dengan pijatan ringan.

Menghilangkan jerawat memang tidak bisa bim salabim, ya. Saya sendiri menggunakan Scarlett Acne Serum ini kurang lebih dua minggu, mulai dari munculnya jerawat hingga jerawat hilang. Karenanya, saya memang butuh ketelatenan menggunakan serum jerawat ini.



Baca juga >>> Merawat Kecantikan dari Rumah


Cairan Scarlett Acne Serum mudah diratakan dan cepat meresap ke kulit. Kesan di kulitku juga lembab dan tidak terasa lengket.

Hari ke-3 memakai Scarlett Acne Serum, jerawatku cepat matang dan bruntusan juga mulai mengering. Hari ke-10, jerawatku mulai kempes. Bruntusanku juga mulai hilang. Saya terus memakai serum jerawat ini hingga hari ke-14. Yang menjadi perhatianku adalah … selain jerawatku mulai dapat teratasi, tekstur kulitku juga mulai membaik.

Saya suka dengan serum jerawat ini dan sepertinya saya akan terus memakainya hingga habis. Setelah pemakaian selama 14 hari, saya juga tidak menemukan jerawat dan bruntusan muncul kembali. Etapi hasil ini bisa berbeda bagi setiap orang, ya. Durasi penggunaannya pun juga bisa berbeda.

Usut punya usut, ternyata Scarlett Acne Serum ini salah satu produk terbaru dari Scarlett. Ini adalah bagian dari Scarlett acne series. Selain serum, ada juga day cream dan juga night cream-nya. Anda juga bisa menggunakan semua acne series ini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Setelah ini, saya berencana menggunakan Scarlett Brightly Ever After series untuk mengatasi bekas jerawat dan noda hitam yang ada. Biar paripurna gitu inginnya, hehe. Ini juga produk baru dari Scarlett, lho. Untuk Anda yang tidak memiliki masalah dengan jerawat atau bruntusan, bisa dicoba yang satu ini.

Scarlett Brightly Ever After series juga terdiri dari serum, day cream, dan night cream. Selain untuk mengatasi bekas jerawat dan noda hitam, ini juga diklem mampu mencerahkan, mengecilkan pori, dan juga mengatasi kerutan.

 

Tips untuk Kulit Wajah Berjerawat

Mengatasi jerawat pada kulit wajah memang butuh kesabaran, ya. Selain menggunakan serum jerawat dan serangkaian skin care yang memang diformulasikan untuk kulit berjerawat, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan munculnya kembali jerawat. Berikut di antaranya …

  • Hindari memegang jerawat, apalagi memencetnya. Dengan tangan kotor pula . Bisa jadi ini akan menyebabkan peradangan yang dapat memperparah kondisi jerawat. Bahkan membuat tumbuhnya jerawat baru.
  • Segera menyeka wajah saat berkeringat. Kulit yang lembab ditambah adanya bakteri dan kotoran yang menumpuk, dapat menyebabkan menyumbatan pada pori yang akhirnya memicu munculnya jerawat.
  • Gunakan make up bebas minyak, non-acnegenic dan non-comedogenic. Make up jenis ini lebih aman digunakan untuk kulit berjerawat karena membantu mencegah munculnya jerawat dan komedo.
  • Bersihkan peralatan yang sering digunakan seperti ponsel, alat make up seperti kuas dan spons, sarung bantal, dll. Benda-benda tersebut harus sering dibersihkan karena berpotensi sebagai pemicu munculnya jerawat akibat adanya keringat, bakteri dan kotoran.
  • Jangan malas membersihkan wajah sebelum tidur.
  • Lakukan diet sehat dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak dan tinggi gula. Kedua jenis makanan tersebut dapat memperparah jerawat. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.
  • Jika jerawat sudah terlanjur muncul, gunakan skincare untuk perawatan kulit berjerawat seperti produk Scarlett Acne Serum ini dan lakukan perawatan secara teratur.



Baca juga >>> 


Ngomong-ngomong soal harga, nih, setiap produk Scarlett dibandrol dengan harga 75K saja. Masih terjangkau dompetlah, ya 😊 Cara pesannya pun mudah. Saya hanya perlu masuk ke link https://linktr.ee/scarlett_whitening lalu pilih produk yang ingin saya pesan. Jangan khawatir soal pengiriman karena produk Scarlett selalu dibalut dengan bubble wrap. Aman, deh!

 

Sumber Referensi :

https://www.halodoc.com/kesehatan/jerawat

https://www.alodokter.com/7-kebiasaan-yang-membuat-jerawat-betah-di-wajah

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3626547/kebiasaan-buruk-yang-bisa-picu-munculnya-jerawat

https://m.klikdokter.com/penyakit/jerawat



~ Hana Aina ~

 

 

Baca juga, ya ...


































20 komentar:

  1. Serum bagus yg harganya terjangkau. Aku juga suka serum ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Setelah ini aku pingin nyoba yang satunya. Yang brightly ever after :D

      Hapus
  2. Aakk, produk2 Scarlett emang super duper kece, mbaa
    akupun pakai yg brightly series.
    mantuul abis dgn harga affordable!

    BalasHapus
  3. Rupanya produk scarleet semakin populer. Review yang sangat bagus, menarik, dan bermanfaat. Selamat malam, ananda Hanna.

    BalasHapus
  4. Reviewnya lengkap banget Mbak Hana. Adik saya wajahnya jerawatan cukup parah, kayanya bisa nih saya rekomendasiin Scarlet Acne Serum

    BalasHapus
  5. kalau jerawat ini kadang tangan memang suka gatal ya mau ngelopekin gitu. jadi pengen nyoba nih face care-nya scarlett soalnya harganya bersahabat

    BalasHapus
  6. Banyak yang sudah mereview, dan hasilnya swmua cocok dan menampakkan hasil yang bagus. Itu cirinya produk Scarlett sudah banyak diterima masyarakat ya...

    BalasHapus
  7. Paling gak nyaman kalau kulit mulai menandakan tanda-tanda break-out. Rasanya serba salah mau pakai skincare apapun.
    Alhamdulillah, kini hadir skincare Scarlett Acne Serum. Uda paling pas bingit lah yaa..

    BalasHapus
  8. daku juga pakai serum ini Mba.
    Dan memang OK banget sih ni produk
    super cintaaa

    BalasHapus
  9. Rangkaian skincare dari Scarlett khusus jerawat ini pasti sangat berguna sekali untuk wajah acne prone seperti aku. Cuss deh pakai ini juga.

    BalasHapus
  10. Ouch saya suka banget sama acne serumnya. Sampe sekarang masih pakai nih dan berniat repurchase kalo abis. Wkwk..

    BalasHapus
  11. aku juga sudah pakai rangkaian produk facecare dari Scarlett Whitening ini mbak
    aku pakai facial wash dan serumnya

    BalasHapus
  12. jadi kepengen deh coba acne serumnya, kebetulan ada jerawat haid nih. aku penasaran sama performanya di wajahku juga mba hana.

    BalasHapus
  13. Wah pas nih artikelnya ... Aku sedang cari-cari serum nih mbak buat jerawat yang meradang

    BalasHapus
  14. Harganya terjangkau. Pemakaian satu paket hasilnya lebih bagus

    BalasHapus
  15. Worth it banget untuk sekelas serum yang harganya terjangkau. Under 100k udah bisa bantu mengatasi jerawat membandel ya.

    BalasHapus
  16. Aku tuh cocok dengan serum yang mengandung Centella Asiatica jadi penasaran pengen nyoba ini meski kulitku nggak Acne Prone. Apalagi harganya terjangkau.

    BalasHapus
  17. Bahan-bahan yang terkandung dalam Scarlett Acne Serum itu memang sudah yang mumpuni ya dalam "melawan" jerawat. Bisa nih kalo ada yang nanya saya kabari ttg Scarlett Acne Serum.

    BalasHapus
  18. Saya belum pernah coba pake serum Scarlett ini. Jadi penasaran nih. Apalagi wajah juga mulai muncul jerawat yang bikin nggak nyaman. Kali aja serummnya cocok di wajah saya..

    BalasHapus
  19. Aku pengen nyoba yang Scarlett Brightly Ever After series aja, ah. Wajahku cenderung normal soalnya, tapi sesekali suka ada jerawat juga, hehehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar