Minggu, 01 November 2020

Review Sunscreen Terbaru Wardah UV Shield SPF 50


Dunia semakin panas, ya, temans. Pagi hari matahari sudah bersinar dengan teriknya. Apalagi saat siang tiba. Duh, rasanya pingin ngadem dalam kulkas. Brrr …

Sinar matahari itu ibarat dua sisi mata uang. Sinar matahari pagi dianggap menyehatkan. Karenanya, kita dianjurkan berjemur di pagi hari untuk mendapatkan manfaatnya. Namun di balik itu semua, ada bahaya mengintai.

Sinar matahari juga mengandung UV A dan UV B yang berbahaya. Kedua jenis sinar ultraviolet tersebut disinyalir dapat memicu beberapa penyakit. Yang paling ringan, efek buruk sinar matahari dapat membuat kulit terbakar. Wadew!

 

Pentingnya Memakai Sunscreen

Salah satu usaha saya untuk meminimalkan efek buruk sinar matahari adalah dengan mengoleskan sunscreen. Sunscreen dapat melindungi kulit UV A dan UV B yang terkandung dalam sinar matahari.

Radiasi sinar UV A pada matahari mampu menembus lapisan terdalam kulit. Akibatnya, sinar ini mempercepat penuaan kulit, menyebabkan keriput dan flek hitam. Huhahoho … Kaca mana kaca! Ngeri juga, ya.

Radiasi sinar UV B juga dapat memberikan efek yang tidak kalah mengganggunya dari UV A. Terutama bagi para perempuan. Sinar ini memiliki radiasi yang lebih kuat hingga dapat menyebabkan kulit terbakar alias sunburn. Duh!

Alasan di ataslah yang membuat saya memasukkan sunscreen ke dalam daftar wajib skincare yang saya pakai setiap hari. Etapi, mungkin sebagian Anda berpikir selama pandemi ini kan jarang keluar rumah #dirumahaja. Berarti nggak perlu sunscreen, dong!

Eit, tunggu dulu! Efek buruk radiasi sinar UV A dan UV B adalah salah satu yang mengganggu kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Tanpa disadari masih ada sinar lain yang memberikan efek buruk pada kulit, yaitu sinar blue light.

Blue light digolongkan sebagai high-energy visible light atau HEV light. Ini adalah sinar tampak dengan panjang gelombang yang pendek tapi memiliki tingkat energy yang tinggi. Blue light sendiri biasa bersumber dari layar digital : smartphone, tablet, laptop, dll.

Selama pandemic, semakin banyak orang yang tidak bisa berpaling dari gadget-nya. Ada yang work from home, ada juga yang school from home. Banyak aktivitas dilakukan lewat gadget : tugas kantor dan sekolah, rapat, webinar, nonton youtube, berselancar di sosmed, apalagi, ya?

Nah, kalau ditotal, sehari berapa jam kita di depan layar? Satu, dua, tiga … bisa berjam jam, ya. Efek terpapar blue light ternyata juga mempengaruhi kulit wajah, menjadikannya hyperpigmentasi hingga terlihat lebih gelap.


Sunscreen Wardah UV Shield SPF 50

Wardah baru saja mengeluarkan sunscreen terbarunya : Wardah UV Shield SPF 50. Ada dua jenis sekaligus. Wardah UV Shield SPF 50 Active Protection Serum dengan kemasan warna orange. Ada juga Wardah UV Shield SPF 50 Aqua Fresh Essence dengan kemasan warna biru.

Kedua produk sunscreen Wardah UV Shield SPF 50 ini diklem memiliki Broad Spectrum Protection 50x lebih optimal terhadap sinar UV A, UV B dan blue light dibandingkan kulit tanpa perlindungan sunscreen.

Wardah UV Shield SPF 50 juga diklem diformulasikan 0% alkohol tapi tetap ringan dan tidak lengket saat diaplikasikan ke kulit. Etapi saat membaca bagian ingredients pada kemasan Wardah UV Shield SPF 50 Aqua Fresh Essence, saya menemukan Arachidyl Alcohol, Behenyl Alcohol, Cetyl Alcohol, dan Stearyl Alcohol.

Tenang! Alkohol-alkohol ini bukanlah Ethanol maupun Metanol yang diharamkan, ya, tapi ini adalah Fatty Alcohol yang merupakan turunan dari lemak alam ataupun minyak alam.

Pun demikian dengan Wardah UV Shield SPF 50 Active Protection Serum, dimana dalam kemasannya juga mencantumkan Cetearyl Alcohol yang merupakan lilin (wax) yang diemulsi dari tumbuhan.

Kedua produk ini juga bisa digolongkan ke dalam chemical sunscreen, ya. Kalau dibaca lagi ingedients, saya menemukan adanya Octocrylene pada Wardah UV Shield SPF 50 Aqua Fresh Essence. Sedangkan pada Wardah UV Shield SPF 50 Active Protection Serum terdapat kandungan Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate atau yang lebih di kenal dengan nama Avinul A Plus.

Klem dari Wardah UV Shield SPF 50 yang lain adalah keduanya mengandung Bisabolol. Ini adalah bahan yang memberikan efek menenangkan sehingga kulit terhindar dari kemerahan akibat paparan sinar matahari alias shooting sensation.

Produk Wardah UV Shield memiliki SPF 50 dan PA ++++. SPF memberikan perlindungan kulit dari UV B. Sedangkan PA melindungi kulit dari UV A. Dengan adanya keduanya dalam produk ini, akan memberikan perlindungan kulit baik dari UV A maupun UV B. Semakin tinggi angka SPF dan tanda (+) pada PA, semakin baik pula perlindungan terhadap kulit.

Untuk Wardah UV Shield SPF 50 Active Protection Serum sendiri diklem Waterproof Active yang membuat sunscreen tidak akan luntur meski terkena air dan keringat.

Sedangkan untuk Wardah UV Shield SPF 50 Aqua Fresh Essence menggunakan Aquafused Technology. Ini adalah kapsulasi kristal air yang bekerja melepas kandungan air secara perlahan ke dalam kulit sehingga kulit dapat terus menerus terhidrasi alias water hydration.

Baca juga >>> Merawat Kecantikan dari Rumah 


Kemasan Sunscreen Wardah UV Shield SPF 50

Wardah UV Shield SPF 50 memiliki kemasan luar berupa card. Pada bagian depan berupa mika transparan sehingga produk dapat terlihat. Sementara bagian balakang berupa kertas dengan berbagai macam informasi produk, mulai dari keunggulan produk, bahan baku, cara pemakaian, nama produsen, nomor batch, tanggal kadaluarsa, hingga logo halal MUI.

Sedang untuk kemasan wadahnya sendiri, pada bagian depan tertera nama produk. Pada bagian belakang tercantum keunggulan produk, cara pakai, dan juga logo MUI. Lalu, dimana letak nomor batch dan tanggal kadaluarsanya?

Pada Wardah UV Shield SPF 50 Active Protection Serum, nomor batch dan tanggal kadaluarsa dicetak pada bagian bawah wadah. Sedangkan pada Wardah UV Shield SPF 50 Aqua Fresh Essence dicetak pada bagian atas wadah.

Untuk wadahnya sendiri, Wardah UV Shield SPF 50 Active Protection Serum menggunakan tabung berwarna orange dengan tutup ulir. Sedangkan Wardah UV Shield SPF 50 Aqua Fresh Essence menggunakan kemasan tube berwarna biru cerah dengan tutup fliptop.




Baca juga >>> Kulit Sehat Berawal dari Cetaphil  


Review Sunscreen Wardah UV Shield SPF 50

Berhubung saya aktif keluar rumah, nggak pernah work from home meski masa pendemi, saya butuh proteksi untuk kulit wajah. Bukan hanya melindungi dari efek buruk sinar matahari saja, tapi juga blue light dari gadget. Yup! Karena memang kerjaan saya nggak jauh-jauh dari gadget, haha

Saya butuh sunscreen untuk perlindungan kulit wajah sehari-hari. Saya mencoba kedua produk Wardah UV Shield SPF 50 dan berikut ulasannya …

Wardah UV Shield SPF 50 Active Protection Serum memiliki tekstur cair dengan warna putih susu. Saat saya aplikasikan di wajah, sediaannya cepat meresap ke kulit tapi tetap terasa lembab. Sunscreen ini tidak memberikan kesan berminyak maupun whitecase di kulit wajah saya. Ada aroma wangi lembut dari sediaannya.

Wardah UV Shield SPF 50 Aqua Fresh Essence memiliki tekstur yang lebih creamy dengan warna putih susu dan aroma wangi lembut. Meski demikian, sediaannya cepat meresap saat saya aplikasikan ke kulit wajah. Hanya saja sunscreen yang ini memberikan kesan sedikit lengket dan berminyak, meski tetap tidak menimbulkan whitecase di wajah saya.


Cara Mengaplikasikan Sunscreen Wardah UV Shield SPF 50

Meski sunscreen mampu melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari tapi bukan berarti bukan saya memakainya hanya sekali aplikasi, ya. Saya harus mengulang mengaplikasikan sunscreen setiap minimal 2 jam sekali.

Saya berhijab, karenanya mengaplikasikan sunscreen hanya di area wajah saja. Namun bagi yang tidak berhijab, Anda juga bisa mengaplikasikan sunscreen di sekitar leher dan telinga. Jumlahnya pun jangan terlalu sedikit, ya, tapi cukup menutup semua area tersebut.

Oiya, sunscreen ini adalah tahapan terakhir dari skincare. Jadi, saya mengaplikasikan sunscreen ini setelah mengaplikasikan semua skincare yang biasa saya pakai, sebelum make up.

 


Repurchase Sunscreen Wardah UV Shield SPF 50?

Yes! Saya merasa nyaman menggunakan si botol orange ketimbang biru. Jadi, ada kemungkinan besar saya akan repurchase Wardah UV Shield SPF 50 Active Protection Serum. Harganya pun terjangkau. Berkisar antara 50K.

Kebetulan di Solo sangat mudah menemukan produk Wardah. Counter Wardah mudah saya temukan di mall dan supermarket di Solo. Saya juga bisa main ke Wardah Beauty House Solo. Atau kalau saya lagi mager, saya juga bisa memesan semua produk Wardah lewat shopspace.solo.

 

Referensi :

https://www.idntimes.com/life/women/ruth-cikita-octaviani-simarmata/bedanya-sunscreen-dan-sunblock-c1c2/3

https://m.liputan6.com/fashion-beauty/read/2554694/alkohol-dalam-produk-kecantikan-baik-atau-buruk

https://www.hijup.com/magazine/p/cara-menghitung-kadar-spf

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/bedanya-sunscreen-dan-sunblock/

https://parenting.orami.co.id/magazine/amp/jenis-alkohol-baik-dan-alkohol-buruk-pada-skincare

https://kumparan.com/kumparanstyle/alkohol-halal-vs-non-halal-dalam-kosmetik-1qNKXNCEseo

https://www.popbela.com/beauty/skin/amp/dinalathifa/fakta-spf-dan-sunscreen

https://www.popmama.com/amp/life/fashion-and-beauty/sarrah-ulfah-1/bahaya-sinar-biru-gadget-pada-kulit-wajah-dan-cara-mengatasinya

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/3-bahaya-akibat-paparan-cahaya-biru-dari-layar-gadget/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/manfaat-pakai-sunscreen/

https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/kulit/perbedaan-chemical-sunscreen-dan-physical-sunscreen/

https://republika.co.id/amp/nenhso43

 

~ Hana Aina ~

 

 

 

Baca juga, ya ...


 

 



































24 komentar:

  1. Ini kalau ga jei baca namanya bisa dikira merk sebelah ya mbak. Warna kemasannya sama. Aku belum nyoba sunscreen Wardah yang dua ini. Pernah nyoba yang biru putih itu. Sebagai kolektor sunscreen kayaknya ini jangan dilewatin hahaha. Se-rumah pake sunscreen semua

    BalasHapus
  2. Aku gak pernah terlewat pakai sunscreen atau sunblock, suka coba2 juga berbagai merek buat cari yg enak & cocok. Belum nyobain sunscree wardah uv shield yang ini biasanya pakai wardah varian lain nih

    BalasHapus
  3. ih pas banget nih pas aku lagi butuh sunscreen trus baca iniii. cakep kayanya ya sunscreennya wardah,mau cobain ah nantiiii

    BalasHapus
  4. Aku pakai sunscreen tapi belum pernah nyobain yang produk dari Wardah ini. Penasaran nih buat nyobain nih mba :)

    BalasHapus
  5. Wah, baca ulasan mbak aku beneran tertarik dan kepengen beli sunscreen Wardah ini nih. Jadi bingung coba yang mana dulu ya? APa yang kemasan orens aja? Soalnya dibandingkan sama yg biru, orens sepertinya lebih cepat meresap di kulit dan ga menin=mbulkan kesan berminyak di wajah.

    BalasHapus
  6. Aku lama nih nggak pakai sunscreen khusus. Jadi penasaran pengen pakai sunscreen Wardah UV Shield SPF 50 jugaa. Lagi suka sama produknya Wardah

    BalasHapus
  7. udah lama enggak keluar rumah, sampai lupa kalau perlu pakai sunscreen keluar rumah yaa. bagus juga ya produknya wardah.

    BalasHapus
  8. Saya sekarang berusaha rutin menggunakan sunscreen. Meskipun sedang di rumah aja. Karena memang penting banget

    BalasHapus
  9. Sunscreen Wardah yang ini memang jadi inceranku tapi nunggu sunscreen di rumah habis barulah mau cobain produk Wardah.
    btw, aku pernah baca artikel kalau whitecast itu karena mineral sunscreen, bukan chemical. Emang bakal putih tebel tapi lebih aman buat bumil dan busui. Kalau Wardah UV shield ini termasuk mineral apa chemical sunscreen?

    BalasHapus
  10. Wah ternyata saya salah selama ini, ngolesin sunscreen malah sebelum menggunakan skincare rutin huhuhuuuuu harus dibenerin nih habis ini cara pakainya.

    BalasHapus
  11. Aku selama di rumah pun tetap menggunakan sun screen tapi belum pernah nih nyobain yang punya Wardah. Nanti mau ah beli pas belanja bulanan, penasaran soalnya.

    BalasHapus
  12. Dari segi harga dan SPF-nya recommended banget nih, layak buat dicoba. Kebetulan sampai hari ini saya termasuk yang kurang berani coba-coba produk skincare. jadi produk yang saya pakek tuh ya itu-itu terus sejak bertahun-tahun yang lalu. Kalau dari review-nya sih oke, harga pun gak terlalu tinggi jadi nggak nangis-nangis amat kalau nantinya kurang cocok di kulitku.

    BalasHapus
  13. Baca reviewnya jadi kepingin juga nyoba yang aqua fresh essence... Kebetulan sunscreen yang lagi dipakai sekarang udah mau habis...

    BalasHapus
  14. Ini produk terbaru Wardah ya mbk, sering lihat di timeline instagram.inget banget pesan teman yang tau banget dunia perskincarean. Kalo keluar rumah, bahkan di dalam rumah aja pastikan selalu pake sunscreen.

    BalasHapus
  15. sunscreen itu penting mbak, untuk melindungi paparan langsung sinar matahari ya...
    aku tiap hari pake sunscreen, apalagi surabaya panas bgt, jadi kudu pake

    BalasHapus
  16. Pake sunscreen tu penting banget ya..apalagi yang aktif di luar rumah. Anakku yang remaja juga sering pake sunscreen nih..bisa ntar kukenalkan pake Wardah

    BalasHapus
  17. nah setuju aku juga, pakai sunscreen jangan di skip, meski kegiatannya hanya di rumah aja, tetap aja wajib pakai sunscreen setiap hari. apalagi usia udah kepala tiga kan ya hehehe kudu extra perawatannya

    BalasHapus
  18. Saya kebetulan pakai sunscreen wardah juga tapi yang warna hijau putih itu, baru ngeh wardah juga punya varian lain yang sepertinya SPF-nya lebih tinggi ya mbak.
    Iya nih bener walau di rumah jg sebaiknya gak skip kan kadang kita keluar ke teras atau mungkin belanja ke toko gtu buat perlindungan biar wajah gak jd gelap krn sinar matahari

    BalasHapus
  19. Baru tahu kalau blue light bisa bikin hiperpigmentasi juga. Untung selama ini sudah rajin pakai sunscreen. Tapi pengen banget nyoba sunscreen Wardah ini deh. Apalagi harganya sangat terjangkau untuk ukuran sunscreen spf 50.

    BalasHapus
  20. Pernah nyobain sunscreen Wardah yg kemasannya putih itu mbak. Cuman karena wajahku berminyak, setelah diaplikasikan Sunscreen, wajah jadi tambah berminyak. Kalau yg Sunscreen Wardah UV Shield SPF 50 ini kayaknya mau deh aku cobain, penasaran. kebetulan sunscreen yg aku pake skrg juga tinggal dikit

    BalasHapus
  21. Wah.. Jd yg orange lbh enak n cucok ya mba? Noted nih. Sebelumnya aku love hate sm sunscreen wardah. Tp yg terbaru ini bikin penasaran jg.

    BalasHapus
  22. Dulu saya tipe orang yang cuek banget. Bahkan, berkegiatan di alam terbuka pun nggak pernah pakai sunscreen. Tapi sekarang mulai sadar betapa pentingnya merawat kulit, dan sunscreen adalah benda wajib. Besok kalau sunscreen saya abis jadi pengen nyobain yang wardah ini nih.

    BalasHapus
  23. Sunscreen aku awet banget sampai sekarang.
    Dan salut sama Wardah yang semakin lengkap produk skincarenya. Gak hanya kosmetiknya ya..

    BalasHapus
  24. Aku selalu mupeng dengan dengan Skin care Wardah ini. Tapinya, huhu... di aku, udah 3 macem produk skin care Wardah kurang cocok. Kurang menghidrasi kulitku yang kering banget dan sensitif. Jadinya aku pake Wardah cuma produk make up aja. Pas di aku.

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar