Minggu, 15 Januari 2023

Rawat Kulit Kusam Agar Cerah Kembali dengan Scarlett Brightening Series



Salah satu masalah kulit yang kualami di akhir tahun kemarin adalah kulit kusam. Wajahku terlihat berminyak, dekil, pokoknya nggak enak banget dilihat. Saat melihat diriku di cermin, Saya merasa terlihat lebih tua. Duh, sedihnya!

Di awal tahun 2023 ini, salah satu resolusiku adalah lebih memperhatikan diri sendiri. Saya memasukkan self care ke dalam daftar resolusi. Saya banyak melakukan hal-hal yang berfokus pada peningkatan nilai diri. Selain peningkatan skill dan pengetahuan, Saya juga lebih memperhatikan penampilan. Nggak harus yang glamor, paling tidak menjadi lebih sehat dan menarik.

Soal penampilan, salah satu fokusku adalah perawatan wajah. Saya tidak ingin lagi wajahku terlihat kusam. Saya ingin wajah yang bersih, sehat, dan juga cerah. Ibarat kata … New year, new skin!

 

Penyebab Kulit Kusam

Sangat tidak mungkin Saya bisa mendapatkan kulit yang cerah dan sehat kalau tidak tahu apa saja penyebab kulit kusam. Paling tidak dengan mengetahui penyebabnya, Saya bisa menghindari hal-hal tersebut dan tidak mengulangi kesalahan lagi.

Dari beberapa sumber yang kubaca, ada beberapa penyebab kulit wajah terlihat kusam. Berikut di antaranya :

Dehidrasi kulit. Ini terjadi saat Saya kurang minum. Dalam sehari, normalnya kita minum sekitar 2L. Saat asupan cairan ke dalam tubuh berkurang, ini juga memberi dampak pada kulit. Kulit akan kehilangan kelembaban dan elastisitas, bahkan cenderung terlihat kering.

Tidak menggunakan moisturizer. Kulit membutuhkan tambahan moisturizer untuk membantu melembabkan kulit. Moisturizer adalah hal tidak boleh dilewatkan dalam perawatan kulit, apalagi saat cuaca panas dan udara kering.

Penumpukan sel kulit mati. Kulit mengalami siklus pergantian setiap 28 hari. Saat itu terjadi, sebagian sel kulit akan mati dan digantikan oleh sel kulit baru. Terkadang, sel kulit mati tidak bisa hilang dengan sendirinya dan akhirnya menumpuk hingga menyebabkan kulit terlihat kusam. Inilah pentingnya eksfoliasi untuk membantu menghilangkan sel kulit mati.

Gaya hidup. Saya baru tahu kalau ternyata gaya hidup juga bisa berpengaruh pada kecerahan kulit. Kebiasaan bergadang, merokok, minum alkohol, banyak makan makanan manis, dan juga manajeman stress yang buruk dapat membuat kulit menjadi kusam. Kebiasaan-kebiasaan tadi tidak hanya merusak kulit tapi juga membuat proses regenerasinya terganggu.

Munculnya tanda penuaan. Tanda penuaan muncul seiring dengan bertambahnya usia dimana produksi kolagen mulai menurun. Hal ini menyebabkan kulit lebih kering dan muncul garis halus. Untuk yang satu ini memang sulit dihindari, ya. Namun dengan perawatan yang rutin dan tepat, kulit tua tetap bisa sehat dan cerah.




Agar Kulit Sehat dan Cerah

Kini Saya tahu penyebab munculnya kulit kusam. Serius! Kulit kusam itu sangat mengganggu penampilan dan bisa membuat rasa percaya diriku turun. Karenanya, selain menghindari penyebabnya, Saya juga harus berusaha melakukan beberapa hal yang dapat membantuku mendapatkan kulit sehat dan cerah.

Saya melakukan beberapa kebiasaan sederhana yang terus kulakukan secara rutin agar kulitku lebih sehat dan cerah. Saya spill, ya, apa saja sih kebiasaan itu :

Minum cukup air putih. Ini adalah salah satu usahaku merawat kulit wajah dari dalam. Dengan cukup minum air putih, asupan cairan tubuh terpenuhi. Tubuh dapat bekerja dengan baik dan aliran darah juga lancar. Agar tubuh terhidrasi dengan baik, saya minum kurang lebih 2 liter setiap hari atau setara dengan 8 gelas.

Mengindari gaya hidup tidak sehat. Saya tidak merokok dan minum minuman alkohol. Namun kebiasaan begadang menjadi hal yang sulit saya hindari. Termasuk juga mengkonsumsi makanan manis. Meski sulit, bukan berarti tidak bisa, kan. Perlahan saya mulai melepaskan keduanya. Saya mulai tidur lebih awal dengan durasi tidur yang cukup. Selain menghilangkan lelah, ternyata tidur cukup juga bisa menghindarkanku dari stress. Saya juga sudah mengurangi mengkonsumsi makanan manis. Meski perlahan, Saya tetap berusaha hingga suatu saat nanti benar-benar bisa lepas dari keduanya.

Membiasakan hidup sehat. Saya membuat jadwal olah raga setiap pagi sebelum beraktivitas untuk memperlancar peredaran darah dan mengurangi stress. Hal ini juga saya barengi dengan mengkonsumsi makanan lebih banyak buah dan sayur sebagai nutrisi untuk kulit. Ini juga salah satu usaha merawat kulit dari dalam, lho.

Tidak malas membersihkan wajah. Saya membersihkan wajah sehari dua kali, pada pagi dan malam hari. Saya menggunakan facial wash untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan juga kulit mati. Saya juga melakukan double cleansing pada malam hari sebelum menggunakan skincare malam. Sebagai tambahan, Saya juga melakukan eksfoliasi wajah dengan scrub seminggu sekali dan perawatan masker wajah seminggu dua kali.

Menggunakan basic skincare. Basic skincare adalah perawatan dasar pada wajah yang terdiri dari cleansing, moisturizing, dan protecting. Setelah membersihkan wajah, Saya menggunakan toner. Sebagai tambahan, Saya mengaplikasikan serum sebelum mengoleskan pelembab. Rangkaian basic skincare kututup dengan penggunaan sunscreen sebagai proteksi kulit wajah terhadap sinar matahari.


Baca juga >>> Warna Lipstik Favoritku, Dipakai Saat Santai Sampai Formal

 

Scarlett Brightening Series.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah memang butuh usaha. Yang paling sederhana adalah dengan rajin melakukan perawatan wajah harian seperti di atas. Saya menggunakan produk Scarlett Brightening Series.

Scarlett Brightening Series terdiri dari facial wash, toner, serum, day cream, dan night cream. Rangkaian perawatan ini cukup membantu merawat wajahku sehari-hari.

 

Scarlett Brightening Facial Wash. Pembersih wajah bening dan kental dengan bulir scrub lembut berwarna merah dan biru. Terdapat kelopak mawar yang terendam dalam cairannya. Produk ini dikemas dalam botol plastik 100 ml yang dilengkapi dengan tutup fliptop.

Selain membersihkan wajah, produk ini juga menjaga kelembaban dan elastisitas kulit dengan beberapa kandungan di dalamnya :

  • Glutathione yang membantu mencerahkan kulit.
  • Aloe Vera yang dapat merawat kekencangan kulit
  • Rose petals yang menyegarkan kulit wajah.
  • Vitamin E sebagai antioksidan dan menjaga kelembapan kulit.

 



Scarlett Brightly Essence Toner. Cairan bening dengan bulir pink yang digunakan sebagai double cleancer. Produk ini dikemas dalam botol plastic 100 ml yang dilengkapi dengan pump dan tutup plastic bening.

Pengaplikasian produk ini setelah facial wash dan sebelum serum. Toner dapat menghidrasi kulit sekaligus memberikan kesegaran dan membantu mencerahkan. Selain Glutathion, ada kandungan lain dalam toner ini :

  • Vitamin C sebagai anti oksidah dan membantu meratakan warna kulit.
  • Hazel extract yang menyejukkan kulit dan meringkas pori.
  • Jeju propolis extract membantu merawat keremajaan kulit, menghaluskan, dan menjaga kulit tidak kering.
  • Grape water untuk melembabkan dan menyejukkan kulit.
  • Niacinamide membantu mencerahkan kulit.
  • Allantoin yang melembabkan dan menyejukkan kulit.

 



Scarlett Brightly Ever After Serum. Cairan encer bening yang membantu menghaluskan kulit, membantu mencerahkan dan kelembapan, serta menyamarkan noda gelap pada wajah. Produk ini dikemas dalam botol kaca 15 ml yang dilengkapi dengan pipet untuk mempermudah pengambilan serum.

Serum ini mengandung vitamin C, Glutathion, dan juga Niacinamide. Kandungan lainnya adalah :

  • Lavender water yang memberikan efek sejuk pada kulit.
  • Phyto whitening membantu mencerahkan kulit.

 



Scarlett Brightly Ever After Day Cream. Krim berwarna putih yang membantu mencerahkan dan menghidrasi kulit, serta menyamarkan noda gelap di wajah. Memiliki kandungan Glutathione dan beberapa bahan lainnya:

  • Rainbow algae dapat meratakan warna kulit.
  • Rosehip oil membantu menyamarkan kerutan.
  • Aqua peptide glow menghidrasi kulit dan membuat kulit tampak bercahaya.
  • Triceramide melembabkan kulit dan merawat kekencangan.
  • Poreaway mengurangi tampilan pori-pori besar.

 



Scarlett Brightly Ever After Night Cream. Krim putih kental yang dapat menghidrasi, mencerahkan kulit wajah, dan menyamarkan noda hitam. Krim ini memiliki bahan aktif Niacinamide, Glutathione, Vitamin C, Aqua peptide glow, dan Poreaway. Sedangkan kandungan lainnya :

  • Hexapeptide-8 yang menyamarkan tampilan kerutan.
  • Green Caviar yang membantu menghidrasi kulit. 

 


Baca juga >>> Event Colaboration KEB Solo X Wardah di Alana Solo Hotel


First Impression Pemakaian Scarlett Brightening Series.

Menginginkan kulit wajah yang sehat dan cerah memang butuh usaha, ya, BESTie. Karenanya Saya berusaha melakukan perawatan wajah sederhana setiap harinya.

Saya mencuci wajah dengan Scarlett Brightening Facial Wash. Cukup dengan menuangkan cairan facial wash ke telapak tangan lalu meratakannya ke wajahku yang sudah kubasahi sebelumnya. Saya melakukan pemijatan ringan dengan gerakan melingkar di seluruh area wajah.

Facial wash ini tidak menghasilkan banyak busa tapi cukup bersih mengangkat noda dan kotoran kulit wajah. Busanya lembut dan ada wangi tipis dari cairan facial wash. Saya tinggal mengguyurkan air untuk membasuh busanya lalu mengeringkan wajahku dengan cara menepuk-nepuknya pelan dengan handuk.

Saya merasakan kulit wajahku bersih, lembut dan tetap lembab. Tidak ada sensasi tertarik di kulit.

Saya melakukan double cleansing dengan Scarlett Brightly Essence Toner. Selain membersihkan kulit wajah dari kotoran dan kulit mati yang belum terangkat oleh facial wash, toner juga melembabkan dan menutrisi kulit.

Saya mengaplikasikan toner dengan menuangkannya pada kapas lalu mengusapkannya dari tengah wajah ke luar. Terkadang pada bagian tertentu, Saya mendiamkannya sebentar dan membiarkan cairan toner meresap pada bagian tersebut. Dengan menggunakan kapas, sisa kotoran dan make up yang tertinggal akan terangkat dan lebih bersih.

Toner mempersiapkan kulit wajah untuk menyerap skincare berikutnya, baik serum maupun pelembab. Karenanya Saya mengaplikasikan toner setelah menggunakan facial wash, sebelum serum.

Cairan toner ini cepat meresap tanpa memberikan aroma apapun. Saya merasakan kulit wajahku lebih lembab, segar, dan tampak lebih bersih.

Saya membiarkan dulu cairan toner meresap dan kulit wajah lembab, bukan basah ya, kemudian baru mengaplikasikan Scarlett Brightly Ever After Serum.

Saya menggunakan 1-2 tetes saja karena serum mengandung konsentrasi bahan aktif tinggi dengan molekul kecil sehingga cepat diserap kulit. Kalau menggunakan serum terlalu banyak, kulit wajah menjadi berminyak dan lengket. Alasan lainnya, lebih hemat pastinya, haha.

Saya mengaplikasikan serum pada tangan lalu meratakannya ke wajah dengan ditepuk-tepuk pelan. Sesekali Saya melakukan pemijatan ringan dari bagian tengah wajah ke luar hingga serum benar-benar meresap sempurna. Serum ini memiliki aroma segar yang tipis.

Tidak lupa saya menggunakan Scarlett Brightly Ever After. Day cream saya gunakan pagi hari, sedangkan night cream saya gunakan malam hari. Saya menggunakan krim ini dengan cara ditotolkan sedikit pada beberapa bagian wajah lalu diratakan dengan pijatan ringan. Biasanya dari bagian luar wajah ke arah dalam.

Day cream maupun night cream ini mudah meresap di kulit wajah. Saya suka aroma segar dalam krim ini meski sangat tipis.

Saya juga mengaplikasikan krim ini pada bagian leher. Nggak asyikkan kalau wajah terawat tapi leher terlupakan. Meski demikian, Saya tidak melakukannya dalam satu langkah, melainkan berurutan. Saya selesaikan dulu pada bagian wajah, kemudian baru menotolkan krim lagi bada bagian leher.

 


Baca juga >>> Belajar Make Up Glamour bersama LT Pro


Repurchase

Face care dari Scarlett ini sebenarnya ada dua varian : Brightening dan Acne. Kebetulan wajahku sedang tidak bermasalah dengan jerawat. Karenanya Saya memilih menggunakan yang varian Scarlett Brightening Series ini.

Kalau Anda bermasalah dengan jerawat, tidak ada salahnya mencoba Scarlett Acne Series nya. Kebetulan dulu saya juga pernah menggunakan Scarlett Acne Serum saat wajahku berjerawat dan sudah kutulis reviewnya juga di sini.

Saya suka dengan keseluruhan rangkaian produk di Scarlett Brightening Series ini. Sebenarnya, Saya sih berharap, Sacrlett juga mengeluarkan sunscreen sekalian. Biar perawatan skincare wajahku jadi lebih paripurna, hehe.

Semua produk Scarlett sudah bersertifikat BPOM dan Halal LPPOM MUI. Produk Scarlett juga tidak diujicobakan pada hewan. Semua keterangan tentang produk bisa Saya temukan pada kemasan, baik kemasan dalam maupun luar. Selain itu terdapat juga keterangan nomor batch, tanggal kadaluarsa, dan juga symbol PAO alias Period After Opening yang menunjukkan ketahanan produk setelah dibuka. Untuk mengecek keaslian produk Scarlett bisa dicek di link https://verify.scarlettwhitening.com 



Baca juga >>> Hempas Noda Hitam Bekas Jerawat dengan ST Ives Fresh Skin Scrub Apricot


Saya berencana akan melakukan pembelian ulang saat produk yang kupakai ini mulai menipis nanti. Bagi Anda yang ingin membeli produk Scarlett juga, bisa langsung klik https://linktr.ee/scarlett_whitening . Selamat mencoba!


Referensi

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/kulit-kusam/

https://www.alodokter.com/mencerahkan-kulit-wajah-demikian-mudahnya-dengan-cara-alami

https://www.beautynesia.id/beauty/pemula-dalam-skincare-yuk-kenalan-dulu-dengan-basic-skincare/b-202564

https://www.halodoc.com/artikel/cara-menggunakan-toner-yang-benar-agar-hasilnya-maksimal

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-memakai-serum-wajah/

https://hellosehat.com/sehat/cara-pakai-pelembap-wajah-benar/




~ Hana Aina ~

 

 

Baca juga, ya ...







42 komentar:

  1. Demen bangett akutu sama series perawatan wajah ala Scarlett.
    Beneran bs bikin kulit muka kian sehat, shining, glowing.
    Makasi, mbaaa

    BalasHapus
  2. Aku suka cream dan serumnya, teksturnya ringan dan cepet meresap. Selain skincarean memang harus diimbangi dengan jaga pola hidup sehat, aku sering bawa tumbler biar nggak dehidrasi

    BalasHapus
  3. Saya pun pengen terhindar dari kulit kusam, tapi menghindari begadang itu masih susah banget. palagi kalau begadang kadang sambil ngemil.

    Lengkap ya paket perawatan wajah dari Scarlett ini. Katanya emang sebaiknya memakai satu set dari brand yang sama supaya hasilnya optimal

    BalasHapus
  4. Yang aku suka dari Scarlett selain wanginya yang aduhai adalah manfaatnya yang bisa membantu mencerahkan kulit. Aku udah nyoba bodycarenya, apakah aku juga harus coba skincarenya? Hihihi

    BalasHapus
  5. Cantik banget foto scarlett di cermin. Aku sampe memandang lama 🤭. Btw, aku belum coba skincarenya nih. Baru body care aja yang udah.

    BalasHapus
  6. Perawatan kulit gak hanya dari luar yang dijaga kan ya, Mbak. Dari dalam juga penting pakai banget. Dari keduanya akan memancarkan aura yang berbeda tentu saja, eaaaaaa. Kulit wajah sehat dan glowing

    BalasHapus
  7. Scarlett ini bukan main bagusnya, aku sih suka banget sama semua produk scarlett ini wanginya udah kaya parfum mahal yang kalo orangnya udah pergi wangi nya masih tinggal hehe, serangkaian body care nya bener - bener cepet cerahin kulit dan buat kulitku jadi kenyal, sekarang doi udah punya produk haircare, yang ini gasabar banget buat cobain, apa hasilnya akan sama seperti produk dia yang lain

    BalasHapus
  8. Beberapa tahun lalu mukaku kusam banget Mba, waktu itu masih 26 tahun, sampai minder sama ustadzah di mushola dekat rumah yang umurnya 35 looked like 25. Waktu itu aku belum kenal skincare. Bener kata yang Mba tulis, dehidrasi, gak pernah eksfoliasi, tanda-tanda penuaan dini semua lengkap saat itu. Sekarang udah better banget dengan skincare. Alhamdulillah

    BalasHapus
  9. Haturnuhun, kak.. Aku jadi tau nih... Salah satu penyebab kulit kusam adalah makanan manis.
    Huhu..sebagai penikmat makanan manis, aku jadi kudu aware dengan asupan makanan yang baik agar menjaga kulit tetap bagus dan cerah, selain merawatnya menggunakan Scarlett Brightening Series.

    BalasHapus
  10. Buat aku itu PR paling besar adalah minum air putih, apalagi musim dingin gini. Makin jarang minum air putih. Padahal kulitku termasuk yg sering sensitif karena kekurangan asupan cairan. Mungkin ini waktunya melirik skincare dari Scarlett ya selain mememnuhi kebutuhan air putih tadi.

    BalasHapus
  11. resolusiku tahun ini selain self care, juga mengurangi bedagang. rangkaian scarlett brightening ini memang ampuh banget buat mencerahkan kulit, mbak. aku sudah mencobanya.

    BalasHapus
  12. Asyik: New year, new skin! Kunci kulit muka glowing itu sebetulnya kita harus konsisten merawatnya plus menerapkan pola hidup sehat ya. Klise, tapi memang betul (dan kadang sulit dijalankan 😅)

    BalasHapus
  13. Wah asyik banget emang perawatan pake Scarlett, aku juga pake ini tapi yg bodycarenyaa hahaha.. udah gitu emang bikin ketagihan nih perwatan pake Scarlett

    BalasHapus
  14. Kandungan Aloe Vera nya itu bikin terasa enak di kulit saya. Satu lagi, yg bikin Scarlett saya sukai itu wanginya dari skincare tidak menyengat, tapi body care sama hair care justru awet tahan lama...

    BalasHapus
  15. Perawatan yang rutin bisa mencegah kulit kusam. Produk Scarlett juga bagus, nih. Banyak yang cocok pakai Scarlett

    BalasHapus
  16. Satu paket skin care yang memang beneran membuat cerah kulit. Kulit jadi sehat kalau rutin pemakaian produk Scarlett

    BalasHapus
  17. Ya Allah kapan ya bisa beli ginian buat perawatan diri ini.. semoga bisa

    BalasHapus
  18. Wah kebetulan aku juga pakai skincare Scarlett, terutama serumnya aku suka banget dan bisa dibilang salah satu andalan skincare aku soalnya hampir setahun belakangan ini kulit wajah terasa lebih enak, lembab, dan ngak terlalu kusam lagi.

    BalasHapus
  19. Selain dengan menjalankan hidup sehat penggunaan Skincare juga membantu ya, mbak dalam usaha mendapatkan kulit yang bebas kusam dan bersinar ini

    BalasHapus
  20. Rangkaian body nya aku sudah coba cuma kalau perawatan wajah belum nih.. tertarik juga baca review nya oke yaa..

    BalasHapus
  21. Memang gaya hidup paling sering jadi penyebab kulit wajah yang kusam atau penuaan dini. Itulah kenapa skin care juga ikutan wajib dipakai secara rutin ya Mbak. Scarlett brightening sepertinya salah satu solusi yang bisa diambil nih.

    BalasHapus
  22. Seiring bertambahnya usia, kulit bisa menjadi kusam dan kering, muncul garis-garis halus. Makanya di usia 30 plus ini saya juga pakai rangkaian perawatan Skincare dari Scarlett Brightening series. Cocok banget di kulit saya yang tipe kulitnya kombinasi, perpaduan kulit normal, kering dan berminyak di area T

    BalasHapus
  23. Aku sudah pernah mencicipi Scarlett Brightly Ever After Serum dan cocok di kulit wajahku.

    Btw,
    Paling senang kalau skincare sudah BPOM ya.
    Pakainya pun jadi tanpa was-was!

    BalasHapus
  24. Aku juga pakai Scarlett mba, tapi yang acne series. Kalau yang brightening aku pakai favial foamnya dan enak banget di muka, lembab gak kering.

    BalasHapus
  25. betul banget kak, merawat wajah itu penting, bukan karena ingin cantik atau gimana ya, tetapi sebagai bentuk rasa syukur
    scarlet ini lengkap ya produk yang ditawarkan untuk perawatan
    jadi ingin coba juga nih

    BalasHapus
  26. Segeeerr gitu ya begitu melihat tekstur facial washnya. Dikombinasikan dengan rangkaian brightening series ini bakalan maksimal deh perawatan kulit wajah kita.

    BalasHapus
  27. produk terbaru dari Scralett ini kebetulan belum pernah aku coba deh, jadi mau coba karena akhir-akhir ini ngalamin kulit wajah yang kusam

    BalasHapus
  28. Gaya hidup, rasa malas membersihkan wajah emang jadi masalah buat kesehatan kulit wajah. Cepet kusam dan bisa penuaan dini.

    Mau gak mau rajin bersih-bersih wajah nih. Biar gak gampang kusam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga mbak setelah umur 30 nih baru rajin merawat muka. ya alhamdulillah ada juga terlihat cerah mukaku dibanding dulu

      Hapus
    2. Bener juga ya, kalau kita ogah-ogahan untuk membersihkan wajah, maka kulit wajah akan terlihat kusam. Yuk ah rajin merawat kulit biar tetap bersih dan cerah.

      Hapus
    3. Nah iya kadang lupa buat cuci muka atau pakai krim malam kalau saya Mba. Padahal penting ya membersihkan wajah sebelum tidur. Scarlett Brightening Facecares ini udah paket lengkap biar bikin wajah makin sehat dan glowing

      Hapus
  29. Selain pola hidup sehat, agar wajah cerah juga kudu perawatan dari luar menggunakan Scarlett Brightening Series.
    Ini andalan banget ya.. Karena perawatannya lengkap dan aman digunakan setiap hari.

    Aku paling favorit serum sama day and night cream Scarlett Brightening Series.
    Soalnya paling terasa perubahannya ketika rutin menggunakan.

    BalasHapus
  30. Suka banget sama facial wash - nya, soalnya lembut, ngga bikin kulitnya ketarik, cocok buat kulitku yang memang kering. Trus butiran lembutnya itu kayak mijitin wajah kita pas dipake. Wanginya juga enak banget... Love banget pokoknya..

    BalasHapus
  31. Produk scarlet bagus akuu juga sukaa, komplit ya variannya mulai dr hair treatment, bodycare sampai skincare buat wajah kusam dkk.

    BalasHapus
  32. Kulit kusam bikin ilfil yaa, aku pun mulai mengurangi begadang. Perawatan wajah penting agar kulit lembab ya. Aku baru pakai produk Scarlett yang serum dan moisturizer, terasa bedanya

    BalasHapus
  33. Kulit kusam bikin nggak percaya diri
    Untung ada rangkaian produk skincare dari Scarlett Brightening Series ini ya mbak
    Bikin wajah cerah dan bebas kusam

    BalasHapus
  34. Aku pernah pakai facial washnya nih mbak, berasa seger dan abis itu wajah jd makin lembab dan cerahan. Kalau serumnya kyknya gak bawa kulitku jd lebih cerah tapi emang terasa kyk terhidrasi gtu. Efek ke tiap org beda2 sih ya tapi Scarlett ini termasuk produk yang ok sih ya :D

    BalasHapus
  35. Perawatan menggunakan rangkaian produk skincare dari Scarlett Brightening Series ini emang recommended buat menghempaskan kekusaman kulit ya mbak

    BalasHapus
  36. Masyaa Allah scarlet makin babyak varian.y jd lebih komplit semua perawatan kulit.y dari hand lotion hingga skincare

    BalasHapus
  37. Scarlett makin banyak ya variannya, sy belum nyoba banyak baru handbody

    BalasHapus
  38. Dulu saya pakai varian serum Scarlett untuk masalah jerawat. Dan terbukti dong hasilnya oke banget. Jerawat cepat matang dan mudah dikeluarkan. Bekasnya pun langsung mengering dan memudar. Untuk varian brightening saya juga pakai serumnya. Dan terbukti sih, kulit saya jadi cerah plus kenyal.

    BalasHapus
  39. Rangkaian skincare Scarlett ini emang banyak banget variannya yah Mbak. Aku mah masih setia dengan serum acnenya. Sekarang lagi nyobain retinolnya. Hihi.. maklum usia sudah 30-an perlu perawatan ekstra.

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar