Senin, 15 Juli 2019

Tetap Aktif Bebas Anyang-anyangan dengan Prive Uri-cran



Akhir-akhir ini saya dihadapkan situasi kurang nyaman. Saya sering bolak balik ke kamar kecil. Orang bilang sih anyang-anyangan. Duh, nggak nyaman banget deh rasanya L

Etapi untungnya, beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk ikut acara bincang kesehatan. Tema yang diangkat seputar memelihara saluran kemih. Duh, pas banget ini dengan kondisi saya sekarang.

Sebagai pembicara di acara tersebut adalag dr. Erwin Gunawan, Sp.OG dari Rumah Sakit Kasih Ibu. Dalam penjelasannya, dr. Erwin mengatakan bahwa saluran kemih yang tidak dijaga akan membawa masalah kesehatan. Salah satunya adalah Infeksi Saluran Kemih atau yang lebih dikenal dengan ISK. Salah satu gejala adanya ISK adalah anyang-anyangan. Wadew!



Infeksi Saluran Kemih, Apaan, sih?
Infeksi Saluran Kemih (ISK) memang lebih banyak didapatkan pada perempuan dari pada lelaki. Hal ini disebabkan karena ureter pada perempuan lebih pendek sehingga mudah terkena infeksi. Sebenarnya, pada kondisi normal, urin tidak mengandung kuman. Namun karena adanya infeksi dari luarlah, kuman dapat membentuk koloni di saluran kemih hingga terjadilah ISK.

Kuman penyebab ISK dapat masuk lewat darah. Perilaku hidup kurang sehat menyebabkan tubuh terkontaminasi kuman yang masuk lalu menyebar melalui darah. Selain itu, kuman juga bisa masuk saat perempuan membersihkan setelah buang air kecil.

Warning, nih! Jangan sampai salah arah, ya. Bersihkan organ kewanitaan dari arah depan ke belakang. Bukan sebaliknya, ya. Karena bagian belakang banyak terdapat kuman. Kalau membersihkannya dari belakang ke depan, kuman yang terdapat di belakang akan ikut ketarik ke depan. Inilah yang menyebabkan infeksi.

Duh, nggak enak banget rasanya kalua kena infeksi. Badan terasa demam, nyeri saat buang air kecil, buang air kecilnya pun tidak tuntas. Bentar-bentar ke kamar mandi. Kebayangkan nggak nyamannya.

Infeksi Saluran Kemih bisa menyerang siapa saja. Lelaki, Perempuan. Dewasa maupun anak-anak. Yang berbahaya, nih, kalau menyerang ibu hamil. Resikonya besar. Mulai dari kelahiran premature, bayi lahir dengan berat badan rendah, preeklamsia, bahkan kematian janin.

Ngeri juga ya dampaknya. Padahal banyak orang yang menyepelekan anyang-anyangan yang menjadi tanda ISK ini. Sebagian orang membiarkan, sebagian lainnya mengatasinya hanya dengan minum air putih. Padahal itu tidak membuat gejala ISK membaik.



Yuk, Mulai Ubah Gaya Hidup!
Sebenarnya, gejala ISK ini bisa dicegah, lho. Salah satunya adalah perilaku hidup sehat. Ini penting karena tidak hanya menghindarkan dari ISK, tapi juga penyakit yang lain. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar terhindari dari ISK bisa dimulai dari hal-hal kecil, kok.

Minum air putih. Tidak diragukan lagi manfaat air putih bagi tubuh kita. Dalam sehari, kita diharuskan minum minimal 1,5 – 3 liter. Air putih selain menghindarkan dari dehidrasi, juga dapat membantu membersihkan ginjal.

Menjaga kebersihan. Kuman yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan ISK bisa berasal dari mana saja. Karenanya, kebersihan lingkungan juga perlu diperhatikan. Salah satunya adalah saat berada di toilet umum.

Bagi perempuan, ini bukan hal yang baru, ya. Kalau sedang jalan ke mall atau ke tempat umum, pasti salah satu yang nggak boleh ketinggalan adalah tisu. Entah tisu basah ataupun tisu kering. Salah satu fungsinya adalah saat ke toilet, kan.

Kalau toiletnya jongkok, tinggal diguyur saja hingga bersih. Kalau toilet duduk, pastilah dilap hingga bersih dengan tisu. Jangan lupa juga untuk mengeringkan setelah buang air kecil, ya, agar tidak lembab.

Hindari menahan buang air kecil. Nah, ini nih yang sering diabaikan. Seperti saya yang kalau sudah fokus melakukan sesuatu, menulis misalnya, terus mager alias males gerak. Lupa minum air, bahkan menahan ke belakang. Duh, jangan ditiru!



Membersihkan area kewanitaan dengan benar. Seperti yang sudah saya singgung di atas, arah membersihkan area kewanitaan setelah buang air kecil bukan dari belakang ke depan, ya. Tapi sebaliknya, dari depan ke belakang. Ini dimaksudkan untuk mencegah menyebarnya kuman dari belakang ke depan.

Pemeriksana urine rutin. Ini disarankan bagi ibu hamil, ya. Meski perempuan yang tidak hamil pun juga bisa melakukannya. Ini dimaksudkan bila saja ditemukan indikasi terjadinya ISK pada ibu hamil, dapat segera ditangani. Masih ingatkan bahayanya ISK pada ibu hamil.

Pemilihan bahan pakaian dalam. Untuk urusan pemilihan bahan pakaian dalam, katun sepertinya masih menjadi juara, ya. Selain nyaman, bahan ini juga menyerap keringat dengan baik sehingga terhindar dari lembab. Tempat yang lembab merupakan tempat pertumbuhan bakteri dan kuman. Karenanya, hindari, ya.

Cuci tangan dengan benar. Cuci tangan bukan hanya sebelum dan sesudah makan, ya. Dibanyak kegiatan pun usahakan cuci tangan setelahnya. Setelah buang air kecil atau besar, misalnya. Masalahnya adalah, apakah selama ini cuci tangan kita sudah benar?

Badan kesehatan dunia WHO sudah mengeluarkan panduan cuci tangan. Tentunya dengan menggunakana sabun dan air yang mengalir, ya. Sudah tahu urutannya? Ada 6 langkah cuci tangan yang benar :
  • Menggosok kedua telapak tangan
  • Menggosok punggung tangan. Gunakan telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri. Begitu pula sebaliknya.
  • Menggosok sela-sela jari dengan menyilangkan jari tangan kanan dengan kiri
  • Menggosok bagian dalam jari dalam posisi saling mengunci
  • Menggosok dan memutar ibu jari secara bergantian
  • Menggosok ujung jari ke telapak tangan



Cegah Anyang-anyangan dengan Cranberry
Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Termasuk gejala ISK yaitu anyang-anyangan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ekstrak buah Cranberry.

Cranberry atau yang memiliki nama latin Vaccinium macrocarpon mengandung lebih dari 80% air dan 10% karbohidrat. Kandungan lain dari buah ini adalah senyawa proantocyanidin (PAC). Ini adalah sejenis tannin yang bekerja menghambat perlekatan bakteri E.Coli penyebab ISK pada sel epitel saluran kemih.

Sayangnya nih, buah Cranberry tidak dibudidayakan di Indonesia. Jadi musti impor. Kalau begini, sudah pasti harganya lumayan di kantong, ya. Belum juga acara mengkonsumsinya yang harus diolah terlebih dahulu. Duh, nggak praktis banget.

Etapi sekarang sudah ada olahan Cranberry dalam Prive Uri-cran. Ini adalah pilihan alternatif non antibiotik yang mampu membantu mencegah infeksi E. Coli pada saluran kemih.

Prive Uri-cran hadir dalam dua sediaan, kapsul dan serbuk efferveser. Kapsul Prive Uri-cran dengan kandungan 250 mg Cranberry dapat diminum 1-2 kapsul setiap harinya. Sedangkan serbuk efferveser-nya dapat sekaligus membantu mempertahankan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C.



Nah, ternyata anyang-ayangan itu tidak bisa disepelakan, ya, karena bisa jadi itu mengarah ke penyakit infeksi saluran kemih. Sebagai pencegahan adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi Cranberry.

Ingin mengkonsumsi ekstrak Cranberry dengan praktis dan enak? Minum Prive Uri-cran, dong. Produknya bisa ditemukan di apotek terdekat. Yuk, kenal lebih jauh produk keluaran Combiphar ini dengan mengunjungi web-nya di www.uricran.co.id



~ Hana Aina ~


Baca juga, ya ...



30 komentar:

  1. Nggak baik juga kalau nahan pipis atau malah dengan ga konsumsi air putih secara rutin ya mbak,
    Kan jadinya bisa terkena ISK
    Tapi pas aku kena anyang2an aku ada stok Prive Uricran, dia manjur banget ngatasi anyang2an aku mbak hehee. TFS yah mbakk

    BalasHapus
  2. Aku seting banget nahan pipis, alasannya macam2. Padahal tahu kalau itu ga baik ya buat kesehatan

    BalasHapus
  3. Ini superhero banget buat akuuuu
    Karena aku juga sering kena anyang2an dan Alhamdulillah jadi berkurang setelah rutin konsumsi Prive Uricran
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Untung ada prive uricran plus, ekstrak cranberries yang praktis diminum..rasanya enak khasiatnya mantab... Bye.. Bye ISK

    BalasHapus
  5. Ternyata menahan pipis itu bahaya buat kesehatan, dulu sering gitu karena malas liat toilet kotor, sekarang mau pipis, semprot dan lap dulu toiletnya huhu

    BalasHapus
  6. Kalau lagi hamil enggak enak banget anyang2an. Dan bisa nih minum uricran

    BalasHapus
  7. Baiklah, akan ku ingat selalu. Dr depan ke arah belakang spy lebih bersih ya

    BalasHapus
  8. Dulu pernah anyang-anyangan dan beneran rasanya gak nyaman banget mbak, penyebabnya waktu masih kerja kantoran dulu aku suka nahan pipis karena males ke toilet huhuhu.

    Sepertinya harus nyetok nih Prive Uri-Cran buat persediaan di rumah.

    BalasHapus
  9. Aku suka prive uricran yang efferveser, berasa minum sirup.
    Soal nahan pipis kadang suka dilakukan. Kalau sedang dalam perjalanan. Toilet mya suka gak bersih soalnya. Jadi, dilema deh.

    BalasHapus
  10. Keknya aku sering nahan pipis mbak..duh kadang jadi anyang-anyangan hiks
    Syukurlah berkat teknologi meski ga da Cranberry di sini kita bisa mengonsumsi Prive Uricran sebagai solusi anyang-anyangan yang menagandung olahan Cranberry ini.

    BalasHapus
  11. AKu juga kalau lagi sibuk dengan meeting atau di tengah perjalanan suka lupa buang air kecil dengan benar. kalau udah anyang-anyangan rasanya sakit bangeeet kan mba

    BalasHapus
  12. Anyang-anyangan ini bisa menyerang siapa saja, dan menyerang perlahan dari kebiasaan buruk. Yang kurang menjaga kebersihan, suka menunda pas mau pipis dan juga jarang minum air putih.

    Anyang-anyangan dulu saya pernah merasakan, enggak enak banget.

    Dan hari ini saya dapat kabar kalau sepupu saya, malah terkena ISK yang udah ngefek ke ginjal. Kakak sepupu saya terkena ISK ya karena suka menunda BAK pas lagi di toko. :(((

    BalasHapus
  13. Saya kalau lagi out duty, sering nahan pipis krn merasa gak nyaman dengan fasumnya.

    Antisipasinya agar tdk anyang-anyangin, salah satu yang saya lakukan adalah banyakin minum air putih kalau sdh sampai kantor dan diruman.

    BalasHapus
  14. Wah iya ya kalau nahan pipis ternyata berakibat fatal ya kalau buat kita, jadi malah sumber penyakit ya duh nggak nyangka deh

    BalasHapus
  15. Gak enak banget deh yg namanya anyang2an tuh?.. apalagi kalau belum kenal uricran kayak saya dulu. Duh... walau udah banyak minum air tapi gak hilang juga, hiks

    BalasHapus
  16. Praktis ya sekarang ada Uri-cran, jadi ga harus sibuk berburu buah cranberry untuk dibikin jus.
    Ga enak banget deh pokoknya kena anyang-anyangan itu. Semoga kita sehat-sehat selalu dan tidak terkena ISK ya.

    BalasHapus
  17. Seneng ya kenal sama Uricran, nggak lagi kawatir anyang-anyangen. Semoga sehat-sehat ya wanita Indonesia.

    BalasHapus
  18. aku lagi beser ini mbak, efek hamil jadi ya sering pipis. Bolak-balik ke toilet. Kalau di toilet umum emang khawatir soal kebersihan, kadang tisunya habis :( semoga ga kena ISK.

    BalasHapus
  19. Andalanku juga tiap anyang2an. Kemarin anakku anyang2an kukasih Uricran juga. Tapi sayangnya belum semua Apotek jual. Jadi hrus keliling nyari apotek yang ada produknya.

    BalasHapus
  20. minum air putih emang khasiatnya dahsyat ya mba aku juga dulu kena ISK karena jarang minum sejak kena ISK duh ga mau lagi, prive uri cran uga aku stock di rumah

    BalasHapus
  21. Ini pas banget tetanggaku lg anyang-anyangan.. aku rekomendasiin Urican ah..

    BalasHapus
  22. Sebulan ini aku kena anyang-anyangan sampe 3 kali, untung ada Uricran, langsung deh minum ini.

    BalasHapus
  23. Nggak hamil aja kena ISK tuh ga enak
    Apalagi hamil coba Mba
    Duh di situ saya butuh Uricran

    BalasHapus
  24. Prive Uricran ini udah jadi andalanku deh. Soalnya memang lumayan manjur. Nyeduh 1_2 aja langsung sembuuuh

    BalasHapus
  25. Sakiitt banget kalau anyang-anyangan menyerang.
    Dan yang paling parah, aku gak bisa safar untuk sementara waktu.
    Karena kalau di perjalanan, repot banget kalau harus bolak-balik berhenti di rest area.

    BalasHapus
  26. wah bener banget tuh cranberry banyak sekali manfaat dan gizinya :D

    BalasHapus
  27. Ini andalanku sebelum traveling.

    Jujur saat traveling tetep butuh minum yang banyak. Dan yak.. akan selalu beser.
    Mending kalau naik kereta yang sudah pasti ada toiletnya, kalau naik mobil dan macet belum tentu ketemu toilet lagi kapan kan bahaya.

    Jadi untuk mencegah anyang anyangan waktu traveling, saya selalu minum uricran ini lho

    BalasHapus
  28. Kalau saya biasa minum kumis kucing kalau lagi anyang anyangan tapi sekarang sudah ada Uricran ga perlu repot repot lagi

    BalasHapus
  29. saya pernah, sering ke toilet tiap malam ternyata gara-gara sering begadang.

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar