Selasa, 23 Januari 2018

5 Tips Hemat yang Perlu Dicoba Saat Kamu Akan Piknik


Zaman sekarang piknik sudah menjadi salah satu kebutuhan. Bagaimana tidak. Kesibukan harian yang luar biasa membuat manusia butuh jeda sejenak meski hanya sehari. Salah satu yang dibutuhkan mengisi liburan adalah ... piknik!!! 😍

Perkembangan sosial media yang begitu pesat yang dibarengi dangan perkembangan teknologi yang tak terbendung lagi membuat pergeseran gaya hidup. Segala sesuatu lebih mudah sekarang. Termasuk penyebaran berita.

Salah satu berita yang menjadi favorit pastinya adalah perkembangan tempat wisata. Zaman now banyak sekali tempat wisata baru bermunculan. Kebanyakan adalah wisata alam. Dan hampir semuanya menawarkan sesuatu yang cantik dan menawan. Mulai dari kebun bunga, tebing menawan, gua yang masih penuh misteri, dan masih banyak lainnya. Lalu tempat wisata yang sudah ada, tentu tak mau kalah, dong. Mereka mulai berbenah menjadi lebih baik agar wisatawan tak melupakan tempat wisata yang lama setelah menjamurnya yang baru, hehe 😁

Nah, buat Anda yang sudah membuat resolusi #workhardplayhard kek saya ini, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar perjalanan piknik Anda nyaman tanpa harus mengerutkan dahi karena ngitung duit yang dikeluarkan 😉



1.     Persiapkan biayanya dari jauh hari
Kalau memang piknik menjadi salah satu agenda rutin Anda, akan lebih baik jika Anda menyisihkan uang bulanan untuk dana piknik. Ini dimaksudkan agar Anda tidak merasa berat saat harus mengeluarkan uang untuk biaya piknik. Tentu kalau dicicil sedikit demi sedikit tidak akan terasa, ya. Tahu-tahu saja sudah terkumpul uang banyak.

2.     Eksplore tempat wisata yang murah
Sebelum piknik, alangkah baiknya Anda mencari informasi tentang tempat-tempat wisata yang sesuai dengan budget. Cobalah menjelajah tempat wisata baru yang sekarang banyak bermunculan. Karena masih baru, biasanya harga tiketnya lebih murah.

3.     Bawa bekal dari rumah
Biasanya, harga makanan di tempat wisata biasanya mahal. Baik makanan maupun minumannya. Atau malah nggak terdeteksi harganya. Ingatkan berita yang sempat viral beberapa waktu lalu saat ebberapa orang makan di sebuah tempat wisata dan harus membayar dengan harga yang sangat fantastis. Memang ini kelihatan repot di awal, tapi akan lebih nyaman untuk di perjalanan nantinya.


4.     Pakai transportasi sendiri
Biaya piknik akan lebih bisa ditekan kalau transportasinya milik sendiri, baik motor maupun mobil. Paling cuma dihitung biaya isi bahan bakar nantinya. Kalau pun tak ada transportasi pribadi, bisa sewa. Nah, untuk menekan biaya sewa, baiknya jika perginya rame-rame. Jadi masing-masing bisa ikut patungan, hehe 😁

5.     Minimalkan belanja
Tak dapat dipungkiri, belanja tidak dapat dipisahkan dari yang namanya piknik. Paling tidak untuk oleh-oleh orang di rumah atau handai taulan. Entah itu berupa barang kerajinan atau juga makanan khas daerah tersebut. Namun perlu diingat pula. Oleh-oleh itu nggak wajib hukumnya, lho. Lebih baik fleksibel saja. Kalau memang ada dananya, ya monggo. Asal sesuai dengan budget yang ada. Tapi kalau tak ada, ya jangan dipaksakan.


Irit saat piknik itu memang perlu agar kedepannyakita bisa piknik lagi, piknik lagi, dan piknik lagi. Jangan sampai pengeluaran yang tak terencana menyebabkan pembengkakan biaya. Ujung-ujungnya kapok piknik lagi. Duh, sayang sekali, haha 😄 Jadi, mau piknik kemana lagi bulan ini?


 - Hana Aina -



Baca juga, ya ...

4 komentar:

  1. Tips tambahan:

    "Tidak perlu sesumbar sebelum berangkat"
    Ntar pada minta oleh-oleh.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sepakat ini, wkwkwk :D :D :D

      Hapus
  2. Huwaaa..menekan keinginan belanja ini yang berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oleh-oleh tetep ya, Mak, ya :D :D :D

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar