Jumat, 27 Oktober 2017

Menjelajah Eksotisme Tanah Papua, Sepotong Surga di Timur Indonesia


Mendekati akhir tahun seperti ini Anda tentu sudah memiliki daftar tempat wisata yang akan Anda dan keluarga kunjungi., ya. Tidak perlu susah-susah untuk mendata karena negri kita tercinta ini memiliki banyak tempat wisata menarik, yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Tak diragukan lagi. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan tempat dengan pemandangan eksotis. Berbagai maskapai penerbangan, termasuk Trigana, membuka banyak jalur dan rute baru hingga ke tempat-tempat tersebut. Tentu ini akan sangat membantu para traveler mengeksplore lebih jauh hingga sampai ke pelosok.

Salah satu wilayah Indonesia yang kini sedang naik daun di antara para pelancong, bukan hanya lokal namun juga internasional, adalah wilayah timur Indonesia, termasuk Papua. Papua yang kini terbagi menjadi dua provinsi yakni Papua dan Papua Barat, ternyata menyimpan banyak sekali tempat dengan pemandangan yang luar biasa. Anda dapat  memasukkan beberapa tempat berikut ke dalam daftar tujuan liburan, lho.


Lembah Baliem


Lembah Baliem terletak di sekitar pegunungan Jayawijaya. Lembah ini merupakan tempat tinggal suku Dani, suku Lani, dan suku Yali yang masih menjaga kehidupan tradisional mereka. Perjalanan menuju lembah ini memang cukup sulit. Namun percaya, deh! Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa selama perjalanan. Dengan pesawat Trigana, Anda bisa mencapai Jayapura, dan melanjutkan perjalanan dengan pesawat lain menuju Wamena. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang menggambarkan kehidupan zaman batu.


Raja Ampat


Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Papua Barat yang memiliki panorama bawah laut yang terkenal hingga ke mancanegara. Berbagai macam jenis terumbu karang dan hewan laut nan eksotis hidup di daerah ini. Hmmm ... Pantas saja ya jika tempat ini menjadi favorit para turis penggemar diving. Selain keindahan bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki pantai berpasir putih dan gugusan pulau karst yang tak kalah indah. Karena keindahannya, kawasan Raja Ampat bahkan ditunjuk sebagai situs warisan dunia.


Air Terjun Kiti Kiti


Saat pertama kali melihat air terjun ini, Anda akan langsung dibuat jatuh cinta dengan keindahannya. Airnya yang melimpah langsung turun ke laut lepas. Jadi, Anda dapat menikmati suasana air terjun sekaligus laut secara bersamaan. Huaa ... Amazing! Saat air surut akan terbentuk pantai yang unik di tempat ini. Berbagai kegiatan dapat Anda lakukan, seperti snorkeling, memancing, dan berenang. Karena kawasan ini merupakan pulau tidak berpenghuni, Anda perlu menyiapkan perkemahan dan bekal makanan sendiri ya jika ingin menginap.


Taman Nasional Lorentz


Taman nasional yang terletak di kedua provinsi di Papua ini merupakan taman nasional dengan ekosistem asli. Sebagian besar wilayahnya adalah hutan yang belum terjamah manusia. Di sekitar taman nasional, Anda dapat melihat kehidupan suku asli Papua seperti suku Sempan, Dani dan Asmat. Anda dapat menggunakan jalur udara seperti pesawat Trigana atau dengan jalur laut menuju pelabuhan Sawa Erma.


Teluk Cendrawasih


Kawasan wisata yang terletak di daerah Nabire dan Wondama ini termasuk ke dalam kawasan taman nasional yang merupakan tempat konservasi laut. Area ini merupakan habitat lebih dari 200 jenis ikan dan 200 moluska. Disini juga merupakan tempat penelitian bagi hiu paus putih yang semakin langka di dunia. Wah, asyik ya kalau berkunjung ke tempat ini. Bisa berlibur sekaligus belajar, nih, hehe


Danau Sentani


Danau Sentani  merupakan salah satu danau paling besar di Papua. Letaknya yang dekat dengan Jayapura sehingga mudah untuk dicapai oleh para traveler. Anda dapat menggunakan jalur udara dengan pesawat Trigana yang membuka banyak rute ke Jayapura. Anda juga dapat melakukan kegiatan memancing atau berenang di sini. Dan jika beruntung, Anda dapat menyaksikan festival budaya dan kuliner yang diselenggarakan tiap tahunnya.


Puncak Jaya



Untuk Anda pecinta hiking pasti tidak akan melewatkan perjalanan menuju Puncak Jaya. Puncak ini merupakan bagian dari Barisan Sudirman dengan ketinggian 4.884 meter. Yang membuat puncak ini menarik adalah di sekitarnya terdapat gletser Carstenz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia. Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan termasuk jajaran tujuh puncak dunia. Karenanya, sebelum Anda menuju ke Puncak Jaya, Anda harus mempersiapkan perbekalan serta latihan fisik yang cukup, ya.

Huaha ... Ternyata eksotisme Papua tak kalah dengan tempat lain di Indonesia, ya. Yuk, jelajahi lebih banyak keindahan negri kita lainnya agar kita lebih cinta Indonesia. Selamat traveling!  😉

3 komentar:

  1. Kapan bisa wisata ke papua?

    Cakep mb....

    BalasHapus
  2. Saya paling pengeen bgt ke Raja Ampat. Semoga dapat terwujud :)

    BalasHapus
  3. Subhanallah... indahnya

    kapan aku bisa ke Papua...

    #Bismillah saja dech, semoga kelak ada kesempatan. Aamiin

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar