Rabu, 14 April 2021

Inilah 5 Alasanku Mulai Ngeblog

  

Banyak kegiatan bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Ada yang melakukan hobi. Ada juga yang menggunakan waktu luangnya untuk berkumpul bersama teman atau orang tercinta. Kalau saya pribadi lebih melakoni hobi, seperti melukis, membaca, atau juga menulis.

Awalnya, saya menulis untuk majalah sekolah atau kampus. Namun semenjak mengenak blog, saya lebih suka menulis di sana. Bagi saya, blog seperti lembaran buku. Tulisan yang saya posting sana bisa saya baca lagi sewaktu-waktu. Tulisan itu pun juga bisa dibaca oleh orang lain.

 

Awal Mula Berkenalan dengan Blog

Saya sudah sering menuliskan cerita perkenalan pertama saya dengan blog. Yup! Saya mengenal blog secara tidak sengaja. Tepatnya saat mengambil kursus computer di sebuah lembaga pendidikan di kota Solo. Saat itu, blog bukanlah materi utama yang diajarkan, Ini hanya materi tambahan saja. Karenanya, materi blog diajarkan sebagai selingan setelah selesai semua materi utama dan ujian praktek.

Materi yang saya pelajari tentang blog pun hanya sebatas membuat blog, menghiasnya, dan juga menulis di blog. Saat itu, saya hanya mencoba menulis sebuah kisah penuh hikmah yang saya temukan di buku. Namanya juga latihan, yang penting saya bisa cara menulis di blog dan mempostingnya. Setelah kursus selesai, selesai pula perkenalan saya dengan blog, hihi.

Saya tidak pernah menyentuh lagi blog saya untuk beberapa waktu. Bahkan saya mulai lupa email dan password yang saya gunakan saat membuatnya. Hingga suatu saat, salah satu komunitas menulis yang saya ikuti memberikan tantangan menulis selama 30 hari berturut-turut.

Tantangan menulis mereka adakan di blog. Saya pun langsung ingat blog saya yang lama tak terawat. Setelah melakukan perenungan mengingat email dan password yang saya gunakan, akhirnya saya bisa masuk kembali ke blog. Etapi saya nggak langsung menulis. Saya bebenah dulu di beberapa bagian. Biar tampilannya agak bagusan, gitu.

Saya belum tahu banyak tips dan trik tentang dunia blogging saat itu. Yeah, saya hanya tahu hanya sebatas apa yang saya pelajari di tempat kursus. Namun saya nekat ikut tantangan menulis karena saya melihat banyak manfaatnya. Selain mendisiplinkan diri untuk menulis setiap hari, ini juga bisa melatih skill menulis juga. Dan yang unik dari tantangan ini adalah, saya sebagai peserta harus mewawancarai beberapa narasumber sebagai bahan tulisan.

Ish! Ish! Ish! Ini mengingatkan saya sewaktu masih jadi penyiar radio dulu. Saya juga harus mewawancarai beberapa orang dari berbagai latar belakang profesi sebagai narasumber. Hasil wawancara itulah yang nantinya saya proses menjadi sebuah narasi yang harus saya bacakan ketika mengisi acara berkonsep majalah udara.

Yeah, meski pada akhirnya tantangan menulis tidak dapat saya selesaikan secara mulus selama 30 hari, ada bolong bolongnya gitu, tapi saya senang. Saya seperti mendapatkan semangat baru untuk terus ngeblog.


Baca juga >>> 5 Manfaat Kalender yang Harus Anda Tahu

 

Jadi, Inilah Alasanku Ngeblog …

Dunia blogging ternyata bukan hanya sebatas  menulis di blog. Setelah saya bergabung di beberapa komunitas blogger yang beranggotakan para perempuan, saya mendapatkan banyak ilmu. Mulai dari cara menulis yang baik, menata tulisan dan gambar agar enak dilihat saat disajikan di blog, dan masih banyak lagi. Dalam komunitas-komunitas itulah saya juga mendapat banyak teman yang memiliki minat yang sama dalam dunia blogging.

Ternyata, melakukan aktivitas yang sama beramai-ramai itu lebih menyenangkan dari pada sendiri, ya. Semangatnya itu, lho, berkobar! Ini juga yang saya rasakan. Hingga akhirnya, saya memutuskan benar-benar terjun di dunia blogging.

  • Menemukan keasyikan

Awal ngeblog, saya lebih sering curcol, alias curhat colongan. Lebih banyak menulis uneg-uneg dan segala hal yang terpendam di hati. Bukan hanya itu, apa yang terlintas dan mengendap dipikiran pun saya tuangkan dalam tulisan di blog. Setelah menulis rasanya itu plong banget. Lega! Itu sebabnya, ngeblog saya jadikan salah satu cara untuk stress release. Kalau lagi galau, bimbang, atau resah karena suatu hal, saya akan menulis di blog. Tidak harus berbentuk tulisan narasi, terkadang saya juga menulis puisi sebagai ungkapan perasan dan pikiran, hihi.

  • Menambah ilmu

Salah satu ilmu yang saya dapat selama bergabung dalam beberapa komunitas blogger adalah pentingnya riset saat akan menulis sesuatu. Tema apapun itu. Mau tidak mau, saya harus berselancar untuk membaca beberapa artikel atau jurnal saat akan ngeblog. Itu semua dilakukan sebagai data pendukung agar tulisan tidak asal, tapi memang memberikan informasi yang dapat dipercaya.

  • Menambah kenalan

Zaman sekarang, kegiatan apapun sepertinya sudah ada komunitasnya, ya. Banyak orang yang menyukai hal yang sama, lalu berkumpul. Tentu ini akan menambah jaringan dan pertemanan. Kalau sudah begini, semangat jadi terpelihara. Kalau pun ada saatnya semangat turun, itu tidak akan lama. Setelah ikut kumpul-kumpul atau nimbrung di obrolan group, semangat menyala kembali.

Buat saya pribadi, ngeblog bukan hanya menambah kenalan sesama blogger saja. Pada akhirnya, saya juga berkenalan dengan beberapa pihak di luar dunia blogging. Seperti saat saya mengikuti tantangan menulis di sebuah kominutas. Pada tantangan tersebut saya harus mewawancarai beberapa orang dari latar belakang profesi berbeda. Mulai dari konsultan pajak, perencana keuangan, MUA, sampai pebisnis. Menyenangkan sekali. Selain mempunyai kesempatan untuk kenal dan ngobrol langsung dengan mereka, saya juga mendapat ilmu dari hasil wawancara tersebut.

  • Meningkatkan skill menulis

Kalau merasa menjadi blogger, maka saya harus ngeblog, alias menulis sesuatu di blog. Menulisnya pun harus konsisten. Nggak angot angotan. Ish! Saya menulis ini seperti sedang menasehati diri sendiri, haha. Namun yang jelas, menulis itu skill. Jam terbang mempengaruhi. Kalau ingin skill meningkat, maka harus terus menulis. Tulisan saya memang tidak bagus amat, sih. Namun saya tetap terus belajar dan berusaha agar tulisan saya lebih baik dari hari ke hari.

  • Menambah pundi-pundi

Ini nih yang bikin mata ijo! Haha. Blog ternyata mampu mendatangkan cuan bagi pemiliknya. Namun untuk menuju ke tingkatan profesional, tentu ada usaha keras yang harus dilakoni agar blog yang dimiliki menjadi layak jual, ya. Selama ini banyak kendala yang membuat blog tiba-tiba terlupakan alias tidak terurus. Ada saja alasannya yang membuat blog tak ubahnya rumah yang tak berpenghuni. Lama sekali tidak ada postingan baru. Blognya dianggurin. Sepi! Kok saya merasa sedang curhat, ya, haha. Alhamdulillah, saya pribadi beberapa kali mendapatkan tawaran kerjasama lewat blog. Banyak atau sedikti tentu saja harus saya syukuri.


Baca juga >>> Semangat Berbisnis dengan Aplikasi Akun.biz

 

Nah, itu tadi beberapa alasan saya mulai ngeblog. Saya yakin, beberapa teman blogger juga punya alasan sendiri. Bisa jadi alasan itu sama, tapi bisa juga berbeda. Hayuk, share! Apa saja alasanmu saat mulai ngeblog?

 

 

~ Hana Aina ~

 

 

Baca juga, ya ...


 





























18 komentar:

  1. Iya, beberapa alasan ngeblog kita sama! Seneng rasanya waktu ketemu teman sepenanggungan yang sama-sama suka menulis di blog. Pun kemampuan menulis akan meningkat seiring seringnya kita menulis.

    BalasHapus
  2. Lah, samaaaa :D
    Memang ngeblog tuh se-mengasyikkan itu ya Mba
    semogaaa kita tetap semangat dan FUN!

    BalasHapus
  3. Semua alasan tersebut di atas juga pernah kurasakan. Semuanya memang baik untuk progres ngeblog agar tidak menjemukan. Jika mulai bosan, alasan2 tersebut dapat diingat kembali.

    BalasHapus
  4. Dari hobi pasti jadi sesuatu yg mengasyikan ya mbak khususny dunia blog ini ..saya juga baru ngeblog satu tahun terakhir hehehe

    BalasHapus
  5. Hampir semua alasannya pernah jadi alasanku juga nih mbak. Semangat terus ya ngeblognya :)

    BalasHapus
  6. Rata-rata alasan kita hampir sama, Mbah Hana. Tetapi khusus buat saya ditambah satu. Yaitu sabagai trapy biar tidak cepat pikun. e

    BalasHapus
  7. Alasan saya mulai ngeblog untuk mencari jati diri. Haha. Setelah kena post power syndrome setelah hamil dan melahirkan, akhirnya bisa be myself lagi setelah nulis di blog. Asyik, seru, banyak teman, banyak koneksi, bisa jadi ladang cari uang jajan juga. Hehe..

    BalasHapus
  8. Wiwin | pratiwanggini.net30 April 2021 04.20

    Pada dasarnya sama sih alasan saya ngeblog. Betewe kenapa ya bagian pundi-pundi selalu dituliskan di poin terakhir? :D

    BalasHapus
  9. Wah... itu sama banget sama alasan saya ngeblog,hihi. Walaupun enggak secara langsung memonitisasi blog, tapi dari blog saya beberapa kali dapat job nulis artikel. Saya suka karena blog juga yang mempertemukan saya dengan banyak orang (meskipun di dunia maya). Senang banget, sekarang jadi punya banyak kenalan,hihi

    BalasHapus
  10. Saya masih suka curcol di blog, abis kalo gak ditulisin, jadi terus ngambang di kepala, ya udah muntahin aja di blog 😆

    BalasHapus
  11. Laily Fitriani30 April 2021 11.49

    Wow, alasan yang keren Mbak. Hampir mirip-mirip alasan kita ngeblog nih. Semoga tetap bersemangat nulis ya Mbak.

    BalasHapus
  12. wah hampir sama dengan alasanku mbak
    memang ngbelog itu nggak sekadar menyalurkan hobi menulis ya mbak
    tapi bisa jadi sarana mengumpulkan pundi pundi juga

    BalasHapus
  13. Oh unik juga ya pertama kenal blog dari tempat kursus komputer. Ternyata ketagihan ya karena bisa menemukan keasyukan dari ngeblog. Btw aku juga suka lupa password kok sampai sekarang :)

    BalasHapus
  14. Aku sepakat kalau ngeblog meningkatkan skill menulis mba. Aku sendiri merasa tulisanku yg sekarang lebih berbobot jika dibanding tulisan saat pertama kali mengawali blog. Semangat terus ha mba...

    BalasHapus
  15. Wah benar ya mba, banyak sekali keuntungan ngeblog kalau aku sih awal-awal ngeblog itu karena ingin curhat aja. Eh lama-lama kenapa gak menulis lebih ke tema serius. Alhamdulillah dari ngeblog bisa dapet cuan. Hehehe.

    BalasHapus
  16. Serruu banget yaa...ternyata dari nge-blog malah bisa menjadi salah satu sumber rejeki.
    Ini beneran blogger vibes banget sih..
    Semoga kerannya semakin deras yaa, kak. Ikutan seneng bacanya...

    BalasHapus
  17. Nelihat tulisan di blog pertana kali suka senyum sendiri. Kenang-kenangan waktu belajar nulis.

    BalasHapus
  18. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktivitas ngeblog ya. Saya juga gitu nih, dengan ngeblog, skill menulis bisa jadi lebih terasah.

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar