Selasa, 22 Januari 2019

5 Manfaat Kalender yang Harus Anda Tahu


Saya pernah mendapat pengalaman memalukan. Suatu hari saya semangat datang ke walimahan teman. Saya sudah sampai ke tempat acara dan sudah duduk manis bersama tamu undangan yang lain. Tapi setelah berapa lama, saya merasakan keanehan. Saya tidak mengenal satupun tamu undangan. Bahkan ... Saya juga nggak kenal pengantinnya. OMG!

Saya agak heran. Sampai-sampai saya tengok kembali kartu undangan. Betapa terkejutnya saya. Ternyata walimahan teman diselenggarakan 1 minggu yang akan datang di tempat yang sama. Ya, Tuhan! Ceroboh sekali saya #tutupmuka.

Nah! Inilah sumber petakanya. Saya lupa memberi tanda di kalender. Yup! Biasanya memang saya selalu memberi tanda pada kalender untuk kegiatan-kegiatan penting. Tidak hanya sekedar mengingat-ingat saja karena bisa jadi banyak lupanya. Tapi benar-benar ditulis di kalender, biar mudah mengingat dan menengok kalau lupa.

Manfaat Kalender yang Harus Anda Tahu
Kalender adalah salah satu benda yang biasa didapati di rumah, kantor, dan banyak tempat umum lainnya. Meski kelihatan sepele, namun bagi saya kalender itu banyak lho manfaatnya. Perhatikan, setiap awal tahun banyak orang berburu kalender. Entah itu kalender dinding maupun kalender duduk. Dan dalam satu rumah bisa jadi tidak hanya mempunyai satu kalender saja. Bisa dua atau bahkan empat. Ini membuktikan kalau kalender memiliki peran penting dalam kegiatan keseharian kita, bukan?

Etapi kalender itu ternyata bukan hanya sekedar deretan angka, lho. Kalender bisa kita manfaatkan untuk banyak hal. Nggak percaya? Coba deh hal berikut!

Pengingat. Nggak inginkan dapat pengalaman buruk seperti saya. Nah, Anda dapat memanfaatkan kalender sebagai pengingat. Kalender di rumah jangan hanya dipajang saja. Tapi Anda bisa menandai kalender dengan kegiatan penting yang akan Anda hadiri atau lakukan. Lingkari tanggal pada kalender, lalu tuliskan catatan kecil di sana. Bisa jenis kegiatan, jam, tempat, atau keterangan yang lain.

Pembatas buku. Ini adalah kebiasaan saya yang lain. Kalau punya kalender yang lucu, atau berwarna cantik dan menarik, akan saya potong bagian deretan tanggalnya lalu saya sisipkan di ruas buku. Selain sebagai pembatas buku, ini juga saya manfaatkan untuk penanda kalau saya sudah membaca buku hari ini dengan cara menyilang tanggal yang tertera pada tanggalan. Itu jika saya membaca hari ini. Namun kalau saya tidak membaca hari ini, tanggal tidak saya coret. Dengan begitu saya juga bisa memantau perkembangan kegiatan membaca.

Branding. Nggak sedikit lho orang yang memiliki bisnis kemudian membuat kalender dengan mengusung nama usahanya. Ini salah satu cara promosi juga, ya. Dengan membuat kalender dengan nama usahanya, lalu menyebarkannya untuk dipasang di banyak tempat, tentu akan membantu orang awam mengenal usaha yang sedang didilakoni. Betul?!


Penyimpan Kenangan. Ini nih yang sering saya lakukan. Coba cek ponsel masing-masing. Banyak foto tersimpan di sana, bukan? Saya menggunakan beberapa foto pilihan yang tentu saja menyimpan kesan mendalam untuk dicetak di kalender. Saat saya kengan masa-masa itu, saya tinggal melihat kalender saja untuk mengenangnya.

Pencatat Pencapaian. Hmm ... Asyik juga ya kalau bisa memanfaatkan kalender sebagai pencatatan pencapaian. Terutama para penulis nih. Prestasi yang Anda capai di tahun lalu bisa Anda abadikan dalam kalender. Tahun lalu berhasil menulis 7 buku nih, misal. Tinggal foto saja cover bukunya, lalu cetak di kalender. Asyikkan. Ini pula yang dilakukan oleh Juragan Artikel yang mengabadikan buku-buku karya para peserta training menulis ke dalam kalender.

Kalender Juragan Artikel
Tahun ini Juragan Artikel mengeluarkan kalender full colour spesial. Tahu nggak kenapa spesial? Karena pakai telur 2? Bukan! Pakai karet gelang 2? Juga bukan! Tapi ... Karena di kalender inilah hasil belajar para murid di Juragan Artikel diabadikan. Yup, para murid yang belajar di Juragan Artikel biasanya akan mendapatkan tugas akhir dalam bentuk merancang buku antologi. Wuih, asyik, ya. Siapa sih yang nggak mau hasil belajarnya dibukukan. Pasti bangga dong bisa punya buku meski baru sebatas buku antologi atau kroyokan. Tapi siapa tahu ini adalah awal sekaligus penyemangat bagi para murid untuk belajar lebih giat untuk membuat buku solonya sendiri.

Kalender keluaran Juragan Artikel ini diberi nama Kalender Pencapaian Antologi JA. Ini berupa kalender duduk dengan ukuran 21 cm x 15 cm yang di desain dengan memasukkan cover buku antologi hasil belajar di Juraga Artikel. Setiap lembar terdiri dari satu bulan dengan foto cover buku antologi yang telah diterbitkan selama tahun 2017 - 2018. Jumlahnya lebih dari 12 buku, lho. Wah, keren, ya! Oiya, jika berminat, Anda dapat membeli kalender ini lewat tim pemasaran JA.

Dengan sponsor dari Nurul Amanah Publishing, kalender cantik ini dibuat. Hasil penjualan kalender ini akan digunakan untuk mendanai pembuatan film pendek dalam rangka memperingati Milad ke-3 Juragan Artikel. Wah, selamat, ya! Nggak terasa, tiba-tiba sudah 3 tahun aja. Semoga semakin menebar manfaat dan ilmu terutama untuk para Emak di seantero Indonesia. Aamin. Yuk, diintip buku apa saja sih yang sudah diterbitkan. Eit, siapa tahu lho salah satunya adalah buku Anda para alumni kelas Juragan Arikel.


Nah, sudah lihat penampakan kalender dari Juragan Artikel, kan. Anda bisa memanfaatkan kalender ini seperti dalam 5 point di atas tadi. Sayangnya, antologi yang saya ikuti belum ada di dalam kelander. Hiks, hayati kan jadi sedih. Etapi tak apa. Penulis itu kan duku sabar menunggu. Sambil menunggu, nulis lagi aja. Gimana?


~ Hana Aina ~


Baca juga, ya ...

3 komentar:

  1. Yess mbak. Saya juga suka lupa tanggaaal. Huhuhu. Untung ada kalender ya. Comot satu ah kalender JA nyaaa

    BalasHapus
  2. Yess. Semangat menulis lagi yuuk 😉

    BalasHapus
  3. Lebih baik menulis lagi. Bikin, kirim dan lupakan.

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar