Selasa, 29 Januari 2019

Keseruan Ulang Tahun Kumpulan Emak Blogger Ke-7 di KEB Intimate


Ecie cieee ... Ada yang ulang tahun bulan ini. Selamat ya untuk Kumpulan Emak Emak Blogger, ultah yang ke-7. Semoga makin memberikan kebaikan dan menjadi inspirasi bagi para perempuan. Termasuk kami, para blogger perempun di Solo. Sampai-sampai kami memberanikan diri untuk mengajukan untuk membuat KEB Chapter Solo. Alhamdulillah, ternyata mendapat dukungan dari KEB pusat. Hingga pada Desember 2018 diresmikanlah KEB Chapter Solo.

Acara peresmian ini bertepatan dengan acara Arisan Ilmu yang biasa kami laksanakan 2 bulan sekali. Saat itu co founder KEB, Mak Indah Julianti, datang untuk meresmikan KEB Chapter Solo lengkap dengan kepengurusan untuk 2 tahun ke depan. Setelah kepengurusan terbentuk, kami kemudian mikir, mau ngapain? Nggak lucu kan kalau ada kepengurusan tanpa ada kegiatan. Akhirya, kami beranikan diri untuk merancang program kerja satu tahuan ke depan. Tsah! Nggak tanggung tanggung, ya, hihi

Nah, inilah persembahan pertama kali sekaligus memperingati ulang tahun Kumpulan Emak Blogger ke-7. Kami sepakat mengadakan acara KEB Intimate. Acara ini memang sengaja dibuat rada serius tapi santai. Ada talk shownya, ada permainananya, ada kuisnya, ada juga beauty classnya. Seru,kan!

Dengan mengambil tema KEBersinergi, kami mengundang beberapa komunitas perempuan di Solo. Mereka datang dari berbagai latar belakang. Ada komunitas menulis, parenting, kerajinan tangan, dll. Mereka adalah perempuan hebat yang mampu membuktikan bahwa apapun latar belakang mereka (baik ibu rumah tangga maupun ibu pekerja) mereka masih mampu mengaktualisasikan diri sesuai dengan hobi dan minat. Dan yang penting nih, mereka tetap menjalankan kewajibannya sebagai perempuan bagi keluarga, suami, ataupun anak. Keren, ya!




Persiapan yang Bikin Deg-degan
Ternyata mewujudkan sebuah acara itu tak semudah merancangnya. Semua tersusun baik di atas kertas, namun saat mewujudkannya bikin ngos-ngosan, haha. Mulai dari pemilihan pembicara, sponsor, dekorasi, dan segala printilan pendukung acara. Bahkan kami sempat mengganti pembicara karena pembicara pertama tidak dapat hadir karena kesibukan yang lain. Padahal tinggal beberapa minggu lagi. Untung saja pihak Wardah, salah satu sponsor kami, membantu menghubungi pembicara yang lain. Alhamdulillah. Jadwal pembicara kedua kosong di hari itu dan bersedia hadir.

Satu per satu check list mulai terpenuhi. Satu per satu pula sponsor mulai masuk mensupport acara kami. Etapi ternyata itu belum membuat hati kami tenang karena sampai seminggu sebelum acara, kami belum menemukan tempat pelaksanaan. Duh, deg degan ngak, sih! Sampai-sampai tak jemu kami mengingatkan kepada seluruh panitia, “Doanya dikencengin, ya, Mak. Doanya dikencengin, supaya dipermudah urusannya.” Hingga akhirnya kami mendapat kabar dari Mas Denish dari pihak Best Western Premier Hotel Solo Baru men-acc proposal kami.

Alhamdulillah. Sujud syukur kami panjatkan tak terkira. Sekarang tinggal fokus pada undangan. Oiya, sesuai dengan judul acaranya KEB Intimate, kami merancang acara ini dengan mengundang beberapa komunitas perempuan di kota Solo agar lebih intim satu sama lain. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Kami pun ingin saling mengenal satu sama lain agar saling menyayangi sebagai sesama perempuan #ecie, bisa saling support satu sama lain, bahkan tidak tertutup kemungkinan dapat bersinergi antar komunitas.

Bagaimana pun juga, kami datang dari latar belakang komunitas yang berbeda. Ada dari komunitas menulis, parenting, kerajinan tangan, dekorasi, dll. Tapi kami sama-sama perempuan yang bisa kok tetap mengembangkan diri meski berstatus sebagai istri, ibu, dan peran lainnya. Inilah pula yang melatar belakangi acara KEB Intimate ini digelar. Sebagai bentuk support bagi para perempuan. Hmm .. Tak salah kan kalau tema dari acara ini adalah self development.



Apa?! Acaranya di Lantai 21?!
Jujur kami kaget saat Mas Denish dari Best Western Premier Hotel Solo Baru memberi kesempatan kepada kami menggunakan skyline. Wow! Skyline ini ada di lantai 21. Tingginyaaa! Ini adalah salah satu ruangan favorit yang ada di Best Western Premier Hotel Solo Baru. Kebetulan ruangan ini menghadap ke barat. Dari skyline inilah pengunjung bisa melihat pemandangan cantik kota Solo Baru dari atas. Di kejauhan, pemandangan gunung Merapi dan Merbabu beriringan. Saat pengunjung melihat ke bawah, deretan mall, hotel, dan pusat perkantoran terlihat jelas.

Best Western Premier Hotel Solo Baru sendiri adalah salah satu hotel bintang 5 di kota Solo, lebih tepatnya di Solo Baru. Dengan letak yang sangat strategis di tengah kota yang tengah berkembang, diapit dengan berbagai mall, hotel lain, dan perkantoran. Hotel ini pun mudah diakses dari berbagai wilayah dari kota lain di sekitar Solo.

Ada beberapa kejadian lucu saat acara digelar. Salah satunya adalah ... ternyata ada beberapa Emak yang belum terbiasa menggunakan lift. Ada pula beberapa di antara mereka yang takut naik ke lantai 21, hihi. Untung saja panitia sigap dan menjemput mereka satu per satu. Tak apalah panitia naik turun dari lantai 21 ke lobi, lalu balik lagi ke lantai 21 dan begitu seterusnya, demi memberikan kenyamanan kepada Emaks. Sip!

Pertama kali memasuki ruangan, Emaks foto-foto dulu. Apapun acaranya, kurang afdhol kalau nggak foto-foto. Betul nggak, sih? Apalagi setelah itu hasil foto bisa ditukarkan dengan goodie bag. Ahay, siapa sih yang nggak mau goodie bag? Cung!  Apalagi emak-emak #ops Jangan keras-keras ya. Ini rahasi aja di antara kita para emak. Belum lagi goodie bag nya nggak tanggung-tanggung. Ada 2 tas sekaligus. Satu tas produk kecantikan dari Wardah, dan satu lagi produk tisu dari Trust Me. Duh, keduanya saling melengkapi, ya. Habis touch up make up Wardah, bisa dibersihkan pakai tisu dari Trust Me. Macam kita, ya, Maks. Saling bersinergi, saling melengkapi. Haha. Sip!




Tenang. Pembagian goodie bag baru pemanasan. Karena setelahnya, Emaks dipersilahkan mencicipi coffee break persembahan dari Best Western Premier Hotel Solo Baru. Mau teh panas? Ada. Atau mau ngopi? Boleh. Sambil menikmati yang hangat-hangat, nyemil asyik, nih. Masih persembahan dari Best Western Premier Hotel Solo Baru, nih. Ada kue dan berbagai gorengan : tahu isi, nugget, dan pangsit. Duh, Emaks kok dipamerin gorengan enak, langsung cus ya, Maks, haha.

Selain cemilan enak, yang jadi promadona saat coffee break adalah buah. Emang sih, Best Western Premier Hotel Solo Baru nggak pernah pelit kalau menghidangkan buah : semangka, melon, nanas, dengan potongan besar dan segar. Tak sedikit Emaks yang berbisik ke saya dan sangat menikmati buah-buahan ini. Dan beberapa kali saya bersantap di Best Western Premier Hotel Solo, meja dengan deretan aneka buah memang tak pernah terlewatkan. So, buat Emaks yang kemarin dapat hadiah voucher dari Best Western Premier Hotel Solo bisa langsung dipakai, ya, Maks.






KEB Intimate, dari Perempuan, oleh Perempuan, untuk Perempuan.
Pagi menjelang siang, suasana di skyline lantai 21 Best Western Premier Hotel Solo begitu hidup. Indah Ederra sebagai pembicara memberikan materi secara santai. Beliau banyak menceritakan pengalaman hidupnya sedari awal berjuang merintis karir sebagai pengusaha, lebih tepatnya fashionpreuner. Eit, jangan melihat Indah Ederra yang sekarang, Maks. Dibalik kesuksesannya yang sekarang, ada usaha berdarah-darah yang harus dilaluinya. Beberapa kali gagal dan merugi tidak membuat Indah Ederra putus asa.

Dulu, Indah Ederra beranggapan kalau karir adalah segalanya. Keluarga nomor sekian. Namun perjalanan panjang hidupnya yang jatuh bangun telah mengubah segalanya. Dia beranikan diri untuk terus berkarya, berbisnis, memperdalam ilmu dan mengubah sudut pandang berpikirnya terhadap kehidupan. Seperti apa, sih? Saya sudah menuliskannya di Tips Agar Perempuan Sellau Bahagia ala Indah Ederra.

Di talk show bersama Indah Ederra ini, Emaks tidak hanya mendapatkan ilmu tentang self development saja, tapi juga tentang bisnis. Kebetulan beliau adalah lulusan Ekonomi UGM. Jadi nggak salah ya kalau beliau juga membagikan ilmu bisnisnya. Dan ternyata, salah satu rahasia bisnisnya adalah dengan menjual sesuatu yang berbeda dari yang lain. Mungkin barang boleh sama, tapi pelayanannya beda. Pokoknya Maks harus mencari celah agar produk yang dijual punya nilai lebih dari pada produk sejenis. Ini ilmu nih, Maks. Dicatat, ya.

Emaks sangat antusias berdiskusi. Biarpun diskusinya panas, tapi hati dan pikirna tetap adem. Apalagi didukung suasana ruangan di skyline Best Western Premier Hotel Solo yang nyaman, luas dan sejuk. Membuat Emaks enggan meninggalkan ruangan sebelum acara selesai. Sip!

Selain bisa mendapatkan ilmu dan bisa berdiskusi langsung dengan pembicara keren, di acara KEB Intimate ini bertabur doorprize. Alhamdulillah banyak sponsor mendukung acara ini. Ada banyak bingkisan buku dari Diva Perrs dan juga Bentang Pustaka, Wardah Kosmetik, bahkan voucher dari Best Western Premier Hotel Solo. Selain itu ada juga marchendise dari Telkomsel dan juga AkunBiz. 






Touch Up Dulu Bareng Wardah
Namanya juga Emaks, pasti pingin selalu tampil cantik, ya. Datang ke acara cantik, pulang pun tetap cantik. Karenanya Wardah memberikan beauty class di akhir acara. Emaks bisa mencoba aneka produk Wardah dan mengaplikasikannya di wajah saat itu juga. Langsung dipandu oleh Mbak-mbak cantik dari Wardah Kosmetik. Di kesempatan ini Wardah juga memperkenalkan produk terbaru mereka. Wardah perfect Bright Tone Up Cream.

Oiya, selain mendapat ilmu tentang self development, bisnis, dan juga beauty class di acara KEB Intimate, Emaks juga belajar mengatur keuangan juga lho. Pakai aplikasi AkunBiz. Aplikasi ini sangat membantu Emaks dalam mengatur keuangan, baik itu keuangan keluarga ataupun keuangan perusahaan. Penasaran dengan AkunBiz? Tunggu tulisan saya berikutnya, ya.

Selamat KEB Solo, Acaranya keren!
Alhamdulillah. Tepat jam 2 siang acara selesai. Emaks meninggalkan tempat acara dengan wajah sumringah. Dan ternyata kebahagiaan hari itu masih terus terasa hingga hari-hari berikutnya. Beberapa pesan masuk ke ponsel. Saya mendapat banyak feedback positif atas acara KEB Intimate. Bahkan beberapa diantaranya sudah menunggu acara KEB berikutnya. Sudah pesan seat pula. Ya Alloh, senangnya ... Saya pribadi sih menyadari, dalam pelaksanaan acara ini masih ada kekurangan di sana sini. Dan itu akan menjadi bahan evaluasi kami untuk ke depannya.





Lah, memang mau ngadain acara lagi? Eit, jangan salah. Ini baru acara perdana dari KEB Solo. Masih panjang daftar acara yang akan kami gelar hingga akhir tahun ini. Penasaran? Mangkanya follow akun Instagram Emak Blogger Solo di @emakbloggersolo, dong ß Hati-hati, kalimat ini mengandung iklan, haha.

Jika ada yang bilang: Girls Complete With Each Other, Women Empower One Another, memang ada benarnya. Inilah salah satu pembuktiannya. Untuk mewujudkan acara ini ada banyak peran perempuan di belakang layar yang saling bahu membahu agar acara ini berjalan dengan baik.  Lelah? Pasti. Namun kebahagian mengalahkan lelah itu. Malah kami bertekad untuk terus menebar kebaikan, baik melalui tulisan maupun acara-acara yang berusaha kami wujudkan. Terutama untuk para perempuan. Karenanya tak salahkan kalau KEB ada untuk berbagi. Sampai jumpa di acara KEB Solo berikutnya, ya.



~ Hana Aina ~


Baca juga, ya ...

2 komentar:

  1. wah keren sekali acara KEB. semoga di lain kesempatan bisa ikutan hehe.

    BalasHapus
  2. wah seru banget, nanti kalo aku udah jadi ibu pengen join boleh kan Bun? :D

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar