Selasa, 11 Oktober 2016

7 Langkah Cantik dan Awet Muda ala Emak Blogger


Pagi itu awan Cumulonimbus mulai menggelayut. Padahal baru pukul 8 pagi. Namun awan itu sudah menutupi sebagian besar langit Solo. Matahari sesekali mengintip. Ah, ini bukan pembuka dari cerita fiksi. Tapi memang begitulah adanya hari itu. Hari dimana Emak Blogger Solo sepakat buat Me Time bareng.
Kali ini para Emak nggak akan ngomongin soal nge-blog, alexa, DA/PA, SEO, konten viral dan sejenisnya. Tapi para Emak mau chit chat soal cantik dan kecantikan. Break sejenak dari dunia per-blogger-an boleh, dong. Kumpul bareng dan ngomongin sesuatu yang beda?! Kapan lagi kan, ya ^^
Etapi tahu nggak sih. Sebelum acara dimulai para emak harus bisa menelusuri jejak tempat acara sesuai dengan peta. Yaelah, macam kayak pramuka saja, ya, haha :D :D Yup. Acara Beauty Class ini diadakan di Marocco Lounge. Tempat ini instagramable banget. Hanya saja masalahnya adalah Marocco berada di tengah-tengah perkampungan. Sebagian besar Emak belum pernah kemari. Jadi perlu dituntun melalui peta, hehe ^^



Alhamdulillah-nya, nih. Banyak Emak yang sampai dengan selamat, meski pakai adegan tersesat segala. Ujung-ujungnya begitu sampai di tempat pada manyun, haha. Etapi itu sebelum tahu bagaimana kondisi ruangan yang akan dijadikan tempat acara. Begitu masuk ruangan, tidak sedikit yang tersepona, eh terpesona. Berasa ada di Maroko beneran, ya, Mak. Bahkan langsung saja pada cuz ... begaya dan selfie, haha :D :D
Penasaran seperti apa Marocco Lounge?! Saya pernah mengulasnya di sini, ya!
Menemukan Marocco Lounge adalah bagian dari perjuangan, ya, Mak, ya. Tepat jam 9, para emak sudah berdatangan. Termasuk pembicara. Mereka semua berkumpul di red room. Eh, meski namanya sama, tapi jangan pernah ngebayangin red room di sini seperti red room-nya 50 Shade of Grey, ya. Beda jaauuhhh, haha :D :D



Acara Beauty Class dibuka oleh Mak Ety sebagai koordinator Emak Blogger Solo, yang disusul oleh mini seminar oleh dr. Fatimah Zakiyah. Dalam kesempatan ini dr. Zakiyah, demikian dia biasa disapa, membahas tentang Kesehatan Kulit terutama kulit wajah. Secara, ya, yang namanya Emak-emak pasti ribet kalau ngomongin tentang permasalahan yang berhubungan dengan kulit wajah. Mulai dari kulit yang berminyak, kusam, berjerawat, apalagi yang namanya tanda-tanda penuaan. Wadeeeww ... Bisa 3 hari 3 malam ini ngebahasnya, haha :D :D
Menurut dokter yang berpraktek di Alia Skin Care ini mengatakan, kulit adalah salah satu hal penting yang membutuhkan perhatian ekstra. Bagaimanapun juga, kulit sangat menunjang penampilan seseorang. Seseorang akan merasa minder jika kulit wajahnya bermasalah, entah dengan jerawat, flek hitam, minyak yang berlebih, termasuk juga kerutan. Tapi jika seseorang memiliki kulit wajah yang bersih, segar, cerah dan tanpa ada tanda penuaan, pasti akan senang dan lebih percaya diri saat tampil di depan umum.
Karenanya, menurut dr. Zakiyah, ada 7 langkah yang dapat dilakukan perempuan agar kulit sehat dan terlihat segar.




1.   Kenali fungsi kulit
Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh. Selain sebagai indera peraba, kulit memiliki tugas sebagai pelindung berbagai jaringan yang ada di bawahnya baik dari efek samping sinar matahari, suhu, maupun polutan. Agar kulit dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kulit harus senantiasa sehat.

2.   Kenali jenis kulit
Pada dasarnya kulit manusia terdiri atas 5 jenis. Ada berminyak, kering, normal, kombinasi, dan juga sensitif. Setiap jenis kulit memiliki cirinya masing-masing. Karena perbedaannya pulalah, perawatan antara jenis kulit satu dengan kulit yang lain juga berbeda.

3.   Kenali yang mempengaruhi perubahan kulit
Kolagen adalah faktor terpenting dalam menjaga kekenyalan kulit. Jika kolagen berkurang akan berakibat timbulnya keriput pada kulit. Penyebab berkurangnya kolagen pada kulit adalah bertambahnya usia. Selain usia, iklim dan cuaca dapat mempengaruhi perubahan kulit. Faktor lainnya adalah asupan makanan, hormonal (sebagai contoh adalah obat kontrasepsi), dan juga kosmetik.



4.   Pemilihan kosmetik
Kalau bicara tentang kosmetik jangan dikira hanya bicara tentang make up saja, ya. Karena pada dasarnya kosmetik mencakup 2 hal, yaitu perawatan kulit dan make up itu sendiri. Ternyata, beberapa perempuan mengabaikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kometik. Diantaranya adalah tidak sesuainya kosmetik dengan jenis kulit. Punya kulit berminyak tapi memakai kosmetik untuk jenis kulit kering. Tentu hasilnya tidak akan maksimal, ya. Selain faktor jenis kulit, perempan juga mudah bergonta ganti merek kosmetik. Apalagi jika termakan janji dari iklan kosmetik yang dapat mengubah penampilan kulit secara instan. Alhasil, keamanan dan legalitas kosmetik tersebut bahkan diabaikan. Tulisan tentang keamanan kosmetik pernah saya tulis di sini ^^

5.   Perawatan
Beberapa perempuan masih ogah-ogahan saat diminta rajin merawat kulit wajah. Padahal secara umum ada 3 tahapan sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari untuk merawat wajah, yaitu membersihkan, melembabkan, dan melindungi kulit terhadap sinar matahari.

6.   Asupan Makanan
Jenis asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga dapat berpengaruh pada kesehatan kulit. Orang yang banyak makan buah dan sayur akan memiliki kulit yang nampak lebih segar. Banyaknya jumlah konsumsi air per hari juga mempengaruhi tekstur dan kekenyalan kulit. Karenanya jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih kurang lebih 2,5 liter per hari.

7.   Kebiasaan dan gaya hidup
Kebiasaan dan gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Apalagi jika itu adalah hal yang positif tentu akan memunculkan hasil yang baik. Kebiasaan berolah raga, tidak mengkonsumsi minuman alkohol dan juga rokok, menghindari stress, serta istirahat cukup adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar tubuh dan kulit tetap sehat.



Acara mini seminar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. Penanya yang beruntung, mendapatkan voucher perawatan di Alia Skin Care. Dan para penanya yang beruntung itu adalaahhh ... Mak Zukhruf dan Mak NurHas. Selamat untuk Emak berdua. Bisa janjian perawatan bareng, nih. Hihi ^^
     Selain pemenang voucher perawatan dari Alia SC, di akhir acara juga diumumkan pemenang lomba mini blog dengan tema Emak Digital yang telah diselenggarakan di bulan sebelumnya. Untuk juara pertama diraih oleh Mak Widya, juara ke-2 oleh Mak Yeni, dan juara ke-3 oleh Mak Aya. Senang deh banyak yang dapat hadiah :D :D
     Sayangnya, pada acara ini hanya ada 2 Emak yang maju menerima hadiah, yaitu Mak Widya, dan Mak Yeni. Sedangkan Mak Aya berhalangan hadir karena sakit. Semoga lekas sembuh, ya, Mak ^^ 




Meskipun namanya seminar, tapi jangan membayangkan para emak duduk di kursi berjajar membentuk baris dan menghadap ke pembicara, ya. Tidak seformal itu. Acara Beauty Class ini sangat santai. Para emak duduk di atas sofa yang diletakkan merapat ke dinding. Jadi mereka duduk melingkar membentuk letter U. Bahkan ada yang lesehan di babut. Pokoknya santai banget, deh.
Pemandangan menarik di acara ini adalah para Emak yang tidak pernah jauh dari anak. Biar pun namanya Me Time, ya, Mak, anak-anak tetap dibawa. Meski mau Beauty Class sekalipun. Bisa jadi ini mempererat kedekatan Emak dan anak. Emaknya pada belajar dandan, anak-anak pada mainan, haha :D :D
Beauty Class kali ini Emak Blogger bekerjasama dengan Wardah Kosmetik. Hadir dari pihak Wardah, ada Mbak Cinta dan Mbak Rida. Keduanya akan mengawal Beauty Class dengan tema Make Up Natural. Sebagai volunter untuk Beauty Class kali ini adalah Mak Cindy. Mak Cindy akan di-make-over, yang nantinya akan diikuti oleh para emak yang lainnya. 
Menurut Mbak Cinta, untuk menampilkan make up natural alangkah baiknya jika menggunakan warna-warna yang soft seperti warna coklat, oranye, dan juga pink. Berikut adalah beberapa point yang menjadi perhatian untuk menghadirkan make up natural :


1.   Bersihkan Wajah
Pada dasarnya membersihkan wajah memiliki beberapa tahapan. Dimulai dengan menggunakan milk cleanser yang diratakan ke seluruh bagian wajah- kecuali daerah sekitar mata dan bibir, dibersihkan dengan olive oil- dengan memberikan sedikit pijatan. Arah pemijatan adalah ke atas, dari dagu ke arah tulang pipi. Jika sudah merata segera bersihkan. Jangan sampai menunggu kering.
Membersihkan milk cleanser menggunakan tisu bukan kapas. Kalau menggunakan kapas, dikhawatirkan serat kapas akan tertinggal hingga menyumbat pori kulit. Pembersihan dengan milk cleanser ini dilakukan sebelum mandi.
Saat mandi, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan facial foam. Dan setelah selesai, diikuti dengan face tonik. Pemberian face tonik menggunakan kapas yang pengaplikasiannya ke kulit hanya ditepuk-tepuk saja hingga merata seluruh wajah. Tepukan akan membantu face tonik lebih meresap ke dalam kulit. Fungsi dari face tonik ini adalah untuk meringkaskan kembali pori-pori kulit.


2.   Pelembab dan alas bedak
      Penggunaan pelembab untuk menghindarkan kulit dari kekeringan. Pilihlah pelembab yang mengandung Sun Protection Factor atau SPF agar kulit terlindung dari pengaruh buruk sinar matahari.  
Bagi yang beraktivitas di luar ruangan bahkan dianjurkan menggunakan Sun Block. Gunakan Sun Block satu hingga setengah jam sebelum beraktivitas di luar. Hal ini dimaksudkan agar zat aktifnya dapat bekerja secara optimal.
Jika ingin menggunakan alas bedak, pilihlah warna alas bedak yang satu tingkat di bawah warna kulit Anda. Hal ini dimaksudkan agar noda hitam dapat tertutup dengan baik. Pengaplikasiannya pada wajah pun juga harus berurutan. Ratakan dulu pada satu bagian baru beralih ke bagian yang lain. Jika ditotolkan dulu di banyak bagian baru diratakan satu persatu, ditakutkan alas bedak tersebut akan mengering hingga memberikan hasil yang kurang maksimal. 
Pengaplikasin pelembab maupun alas bedak adalah dari atas ke bawah, atau sesuai dengan arah tumbuhnya bulu halus di wajah.

3.   Bedak
       Pemilihan bedak adalah 1 tingkat di atas warna kulit. Pengaplikasiannya jangan ditarik, tapi cukup ditepuk-tepuk saja hingga rata.
Jika ingin menghadiri acara penting seperti pesta pernikahan, dan ingin bedaknya tetap awet, alangkah baiknya jika membersihkan wajah terlebih dahulu. Lumuri wajah dengan es batu hingga merata, lalu keringkan. Gunakan pelembab, alas bedak, dan bedak tabur terbih dahulu. Kemudian baru dilapisi kembali dengan bedak padat.


4.   Eyeshadow
       Untuk menghadirkan warna natural, gunakan warna tua atau coklat tua pada setengah lingkaran mata atas dan disapukan dari arah dalam ke luar. Gunakan warna cerah untuk bagian bawah alis, tarik keluar lalu ratakan kembali ke dalam.
Untuk bagian bawah mata, gunakan warna hitam. Aplikasikan warna hitam pada setengah mata bagian bawah dimulai dari luar hingga ke tengah. Untuk setengahnya lagi –dari dalam hingga ke tengah- dapat menggunakan warna silver agar mata terlihat segar.

5.   Shading
Pilih warna coklat tua. Ambil dengan menggunakan jari tengah, lalu gosok dengan jari tengah yang lain. Oleskan lurus pada hidung dengan arah ke bawah dengan jari sejajar, membentuk angka 11. Lalu lakukan penarikan dari ujung hidung ke kanan dan ke kiri. 

6.   Blush On
      Pilih warna orange. Gunakan kuas besar untuk mengalikasikannya pada pipi. Usahakan agar wajah dalam keadaan tersenyum saat mengaplikasikannya. Lakukan pemutaran lalu tarik dari luar ke dalam.


7.   Lipstik
      Pilih warna natural. Gunakan kuas untuk meratakan lipstik dangan kuas dan jangan menggesekkan bibir. Ini akan menyebabkan bibir menjadi kering dan menghitam. Lakukan eksperimen untuk menghasilkan warna baru dengan cara mencampurkan beberapa warna lipstik yang sudah dimiliki.

Acara Beauty class ditutup dengan Hijab Class. Ada 3 emak yang bersedia jadi model hijab, yaitu Uti, Mak Opi, dan juga Mak Yeni. Sayangnya untuk gaya turban yang dimodeli oleh Mak Opi belum sempat kefoto, hehe. Jadi fotonya yang ada aja, ya ^^



Setelah semua acara usai, saatnya makan siang. Menu makan siang yang dihadirkan Marocco Lounge kali ini adalah Nasi Campur Bali. Ini terdiri dari beberapa masakan dalam satu sajian. Ada trancam, suwiran ayam dimasak merah pedas, ada daging sapi yang dibuat sate lilit, dan juga emping sebagai pelengkapnya. Hmmm ... Yummy :D :D


Nah, Mak. Seru kan acara Emak Blogger Solo. Kapan-kapan kita mau kumpul lagi, nih. Akan ada tema acara lainnya. Tunggu terus ya kabar keseruannya ^^




- Hana Aina -



Baca juga, ya ...

20 komentar:

  1. hasilnya cakep mba :)
    saya tahunya pake pembersih wajah ketika mau dandan, ternyata sebelum mandi ya..
    waah berarti saya salah nih... makasih infonya :)

    BalasHapus
  2. Kemarin itu bener2 banyak ilmu Mba.. Huhu..mau lagiii. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, kapan-kapan dibuatkan lagi ^^

      Hapus
  3. Ahh, tapi kayake kemarin mbak hana nggak ikut makeupan ya mbak :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk ...

      Aku kan pengamat :P :P

      Hapus
  4. Acaranya seruu plus nambah ilmu ya

    BalasHapus
  5. aku mah cuma ikut yang beauty class sama wardah doang... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie ...

      Langsung action, haha :D :D

      Hapus
  6. Uhuhuhu... Aku nih sering cuek bebek sama kulit wajah sendiri. Tapi sekarang dah insyaf. Mulai dirajinin pake pelembab dan bedak. Biar awet muda. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie ... Cie ...
      Bunda mah sudah cantik alami ^^

      Hapus
  7. Acara nya seruuuu mak Hana. Ga sabar nunggu acara yang lain nya. Btw itu foto yang lagi pada make up, serius2 amat yaaaa.. Baru ngeh, kalo ternyata kami se-excited itu. Hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ...

      Mangkanya, sangking seriusnya :D :D

      Hapus
  8. demi cantik aku juga mau pake bedak sekarang haha... thx sharenya Mbak semoga para emak yang cuek mulai abil lagi cermin dan gincu, tipis-tipis juga gpp yaaah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, kan nggak harus menor :D :D

      Hapus
  9. Gabung di KEB sesuatu bingit, sipp mb hana

    BalasHapus
  10. Aiih seru y. Kapan kita arisan lagi?

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar