Jumat, 11 Maret 2016

5 Tips Ringan Berkendaraan Umum



Kondisi tak nyaman kendaraan umum memang sering kali bikin ilfil. Tempat yang kotor, asap rokok dan aroma keringat yang menyengat, ngetem yang lama, dan juga masalah keamanannya. 
Namun begitu, ada juga kendaraan umum yang memperhatikan kenyamanan penumpang. Apalagi dengan makin semaraknya berbagai macam jenis kendaraan umum belakangan ini. Masing-masing mereka berbenah diri. Alhasil, calon penumpang yang awalnya enggan naik kendaraan umum kini mulai memilihnya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendaraan umum.
Yang paling penting adalah Anda harus mengetahui nomor trayek dan jurusan dari kendaraan umum tersebut. Jangan sampai Anda salah jurusan. Maunya kemana, jalannya ke mana. Jangan malu bertanya kalau tak mau tersesat di jalan. Karena terkadang, untuk jenis armada yang sama, jalan ke daerah yang berbeda. Bahkan sama-sama nomer trayeknya, hanya beda huruf belakang saja, akan berjalan berlawanan arah. Semisal angkutan nomer 01A dan 01B.
Untuk keamanan, lebih baik memilih kendaraan umum yang menggunakan kaca bening. Jadi apa yang terjadi di dalam bisa terlihat dari luar. Hanya sebagai antisipasi saja kalau terjadi apa-apa. Perhatikan pula pengemudi maupun kernetnya. Kalau saya biasanya lebih memilih yang berseragam dan memiliki kartu identitas resmi. Ini demi keamanan dan kenyamanan.
Ingat pula jam keberangkatannya. Biasanya kendaraan umum ada jadwal keberangkatannya. Pada jam sekian dia sudah harus ada di daerah ini. Ini akan memudahkan Anda menyesuaikan keberangkatan Anda menuju tempat acara dengan ketersediaan kendaraan. Ketahui pula lamanya perjalanan Anda dari tempat awal hingga ke tempat tujuan. Musti diingat pula, sering kendaraan umum ngetem di tengah perjalanan. Tentunya ini akan menambah lama waktu perjalanan Anda. 
Jangan lupa untuk mengamankan barang bawaan Anda. Lagi-lagi hanya untuk antisipasi. Siapkan uang yang terpisah dari dompet. Anda dapat meletakkannya di saku baju atau celana. Atau Anda juga bisa metakkannnya di kantong bagian luar tas. Jadi, saat harus membayar kendaraan umum, Anda tidak perlu lagi membuka tas. Apalagi jika letak dompet Anda berada di bagian paling bawah, tertimpa barang bawaan di dalam tas. Pasti akan susah. Usahakan untuk tidak membuka dompet di depan umum. Agar tidak memancing perhatian. Terutama orang-orang sudah berniat melakukan kejahatan.
Kalau Anda membawa tas, pindahkan tas ke depan. Ini untuk mempermudah pengawasan barang bawaan Anda. Jangan sampai-sampai saat turun dari kendaraan umum, tas Anda sudah dalam keadaan terbuka atau bahkan sobek.
Jangan sampai tertidur di kendaraan umum, ya. Wah, saya banget ini. Dulu, saya sering tertidur di kendaraan umum. Tapi untungnya belum pernah kelewatan tempat tujuan, hehe ... 
Sebenarnya Anda bisa melakukan banyak hal saat berada di dalam kendaraan umum. Menikmati pemandangan sepanjang jalan adalah salah satu caranya. Karenanya saya lebih suka memilih tempat duduk yang berada tepat di samping jendela kaca. Agar dapat melihat keluar. Selain itu, kalau kaca jendela dapat dibuka, ini akan membantu saya mendapatkan udara segar dari luar.

Berkendaran umum ternyata bisa menjadi kegiatan yang asyik, ya. Selain Anda akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai macam polah tingkahnya, Anda juga dapat melihat banyak kejadian yang kadang tak terduga sebelumnya. Jadi, tunggu apalagi. Yuk, berkendara umum ^^

16 komentar:

  1. Jangan berbicara dengan penumpang asing. hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, iya. Kebanyakan orang seperti itu. Etapi kalau saya malah suka ngobrol sama penumpang lain, hehe ^^

      Hapus
  2. Ngeri sekarang kalo naik kendaraan umum. Apalagi jarak jauh. Apalagi aku orangnya hobi nyasar. Paling aman naik busway atau mentok-mentok bluebird atau taksi online ya.. Lebih praktisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang lebih banyak pilihan ^^

      Hapus
  3. udah bertahun - tahun pakai angkot, dan emang sih yang perlu di waspadai itu tas :D
    aku taruh di depan, kalau di samping sesekali aja waktu jalan :D

    BalasHapus
  4. thanks tipsnya mbak. aku angkoterssss maklum belum berani bawa motor semenjak jatuh. hikssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, ya, Mbak. Hati-hati di jalan ^^

      Hapus
  5. aku adalah pinikmat kendaraan umum dan alhamdulillah sdh kerap mempraktikkan tips nya...tapi suka kesel sama pemerintah klo lagi dapet kendaraan yg juelekk dan macet ngetem kelamaaan...duh pemerintah, mbok lebih perhatian dong ah sama kendaraan umum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ... Lapor ke Mentri Perhubungan, Bu ^^

      Hapus
  6. Paling suka naik kenderaan umum trus ada pengamen yang kerjanya bener mb..dalam artian nyanyinya full..suaranya merdu. Serasa dengerin acara musik live...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, kok kita sama, ya. Kalau ada yang gitu, biasanya aku tunggu sampai selesai, baru kukasih uang, hihi ^^

      Hapus
  7. saya juga suka naik kendaraan umum. tapi semenjak pindah rumah yg sekarang kendaraan umum sangat sulit dan jarang. nunggu angkot datang bisa satu sampai dua jam. make up sdh luntur semua. hzz... lelah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ... Iya, terkadang memang begitu :D :D

      Hapus
  8. aku suka kalo naik bus, ketmu pengamen yang suaranya bagus dan ada yang jualan pernak pernik murah meriah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Kalau boleh malah sekalian request lagu, haha :D :D

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar