Kamis, 03 Agustus 2017

Bumil Mulai Merasakan Stress? Lakukan 7 Hal Ini Agar Bumil Lebih Menikmati Masa Kehamilan



Menjalani masa kehamilan terlihat  menyenangkan, ya. Menanti buah hati yang terus berkembang dalam kandungan dan menanti kelahirannya dengan harap-harap cemas. Meski pada kenyataannya banyak ibu hamil yang tidak mudah menjalaninya. Mengandung selama 9 bulan 10 hari dalam hitungan normal, apapun bisa terjadi selama masa-masa tersebut. Baik yang terjadi pada ibu hamil maupun janin yang dikandungnya.

Ada masa-masa dimana ibu hamil mengalami kecemasan, rasa takut berlebihan selama masa kehamilan. Perasaan negatif tersebut tentu akan memberikan dampak kurang baik baik bagi dirinya sendiri maupun janin. Ini merupakan salah satu perubahan yang bisa terjadi pada ibu hamil secara emosional. Jika ini terus berlanjut bisa jadi merupakan tanda stres awal pada ibu hamil.

Akibat dari stress yang dialami oleh ibu hamil dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin. Bisa jadi stress yang tidak dikelola dengan baik dapat mengakibatkan janin kekurangan oksigen. Pada kasus tertentu yang lebih berat bahkan dengan membuat janin lahir prematur bahkan keguguran.

Manajemen stress adalah salah satu hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk dapat menurunkan ketegangan pikiran dan emosi. Ini dapat membantu sang ibu agar lebih dapat menikmati masa kehamilannya. Berikut beberapa hal ringan yang dapat bumil lakukan untuk mengurangi ketegangannya:

1.   Sugesti Positif
Berikan sugesti positif pada diri sendiri bahwa janin yang ada di dalam rahim Anda adalah titipan dari Tuhan. Dengan dipilihnya Anda sebagai calon ibu berarti Tuhan percaya bahwa Anda mampu untuk mengemban amanat ini. Jangan biarkan pikiran-pikiran negatif menghantui Anda. Seperti rasa takut apakah Anda mampu menjalani peran ibu dengan baik, atau juga pikiran bagaimana nasig anak Anda nantinya nanti. 

2.   Perbanyak Informasi
Perbanyak informasi seputar kesehatan, kehamilan, tumbuh kembang anak, dll. Ini akan membantu Anda lebih tenang karena sudah memiliki bekal ilmu dan pengetahuan. Ada dapat memantau perkembangan janin dan diri Anda pribadi. Informasi bisa Anda dapatkan dari internet, buku, dll.

3.   Pilah Mitos & Fakta
Jangan menelan bulat informasi yang Anda dapat. Jika terasa ada yang janggal, diskusikan dengan ahlinya seperti dokter kandungan Anda ataupun bidan terdekat. Ini dimaksudkan agar Anda lebih banyak tahu mana informasi yang hanya sebatas mitos, dan mana informasi yang sebenarnya.

4.   Dukungan Keluarga
Dukungan keluarga sangat penting agar ibu hamil tidak merasa sendiri. Bagaimana pun juga, masa-masa persalinan adalah saat yang menegangkan. Dengan adanya pendampingan dan dukungan dari keluarga, ibu dapat lebih menguatkan diri. Bumil dapat mengutarakan apa yang selama ini menjadi kecemasannya hingga dapat mengurangi ketegangannya.

5.   Lakukan hal-hal positif
Bumil dapat menyibukkan diri dengan hal-hal positif. Ini adalah salah satu solusi agar bumil tidak terlalu banyak berpikir tentang hal-hal negatif yang belum tentu benar. Hanya baru sebatas prasangkanya. Bumil dapat menyibukkan diri dengan berolah raga ringan, melatih pernafasan, melakukan hobi, berkumpul dengan orang-orang terdekat, dll.

6.   Bergabung dalam komunitas
Ada beberapa komunitas yang beranggotakan para ibu hamil. Dalam komunitas tersebut banyak kegitan dan ilmu yang dibagikan baik dari sesama anggota komunitas maupun mendatanggkan tamu berupa para ahli. Bukan hanya ilmu seputar kehamilan, namun juga kesehatan ibu dan anak, dan bahkan ada juga ilmu agama. 

7.   Dekatkan diri pada Sang Pencipta
Gali sisi spiritual Anda dengan meningkat ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Berdo'alah agar semua baik-baik saja, persalinan berjalan lancar, diberi kesehatan baik ibu maupun janin.



Nah, Bumil. Tetap semangat, ya. Tetap pula berpikir dan bertindak positif demi kesehatan Anda sendiri dan juga buah hati. Semoga segala sesuatunya dipermudah hingga persalinan tiba ^^




Baca juga, ya ...

6 komentar:

  1. Terimakasih mba hana..

    Wah harus woles terus nih..
    Sy klo hamil banyak semelangnya

    BalasHapus
  2. Tips yang lengkap nih buat Bumil...Manajemen stress yang baik agar ibu dan calon bayi sama sehatnya. Makasih sharingnya, Mbak Hana:)

    BalasHapus
  3. Makasih Infonya Mbak Hana....
    Bisa jadi wawasan buat Istri....

    BalasHapus
  4. Stres memang harus dihindari oleh bumil karena efeknya ke janin ya :( harus bisa sugesti positif memang, keluarga pun harus mendukung...

    BalasHapus
  5. Masya Allah, terimakasih infonya kak..
    Penting sekali untuk para calon ibu.. ^^

    BalasHapus
  6. Tambah minum Milagros juga Mbak, air alkali alami yang khasiatnya telah dibuktikan ribuan orang & direkomendasikan para dokter. Dan peluang bisnisnyapun telah dimanfaatkan pula oleh berbagai kalangan, termasuk para selebritis.

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar