Rabu, 02 Agustus 2017

Grogi Saat Presentasi? Lakukan 7 Langkah Ini Agar Grogi Lekas Pergi



Beberapa pekan yang lalu seorang teman menghubungi saya. Dia membawa kabar gembira tentang promosi jabatan yang didapatnya di kantor. Awalnya dia merasa senang. Namun tiba-tiba ada kekhawatiran dalam dirinya. Masalahnya, dengan jabatannya yang baru, dia akan lebih banyak bertemu dengan banyak orang, dengan klien dan relasi. Selain itu, dia juga akan lebih banyak melakukan presentasi dan berbicara di depan umum.


Di sinilah letak permasalahannya. Dia sering kali kurang percaya diri saat harus berbicara di depan umum, termasuk presentasi, hihi. Jangankan di depan banyak orang. Berbicara secara formal hanya dengan beberapa orang saja dia sering gugup. Wah, bagaimana ini ... (^_^’)


Manfaat Memiliki Kemampuan Berbicara yang Baik
Indikasi baik atau tidaknya kemampuan berbicara yang dimiliki seseorang tidak sebatas pada banyak atau tidaknya pendengar. Berbicara hanya dengan satu atau dua orang saja juga dapat termasuk di dalamnya, lho. Yang penting adalah ketepatan dalam memilih kata. Jika kata-kata itu diucapkan, maka intonasinya pun juga harus tepat. Seperti halnya jika kata-kata itu dituliskan, maka tanda bacanya-lah yang harus tepat.

Kemampuan berbicara yang baik akan memberikan banyak manfaat bagi orang yang memilikinya. Yang paling menonjol adalah terbentuknya jalinan komunikasi yang baik dengan lawan bicara. Berawal dari sinilah dapat bermuara ke banyak hal. Dengan adanya komunikasi yang baik, orang yang kita ajak bicara menjadi mengerti apa yang kita bicarakan. Dengan kata lain tujuan kita tercapai, yaitu pesan dari kita tersampaikan.

Dalam dunia bisnis, kemampuan berbicara menjadi salah satu hal penting yang tidak dapat ditinggalkan. Ini adalah salah satu cara agar orang mengetahui tentang produk yang dijual. Selain itu, publik speaking juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mempengaruhi khalayak umum. Tujuan akhirnya, agar mereka membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.


Hal yang Harus Diperhatikan Saat Presentasi
Agar presentasi berjalan dengan baik, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

1.        Intonasi
Saat presentasi, berbicaralah menggunakan intonasi yang tepat. Penggunaan intonasi yang tepat dapat membantu pendengar memahami maksud perkataan Anda. Ketidak sesuaian intonasi dengan kalimat yang diucapkan membuat terjadinya kesalahan persepsi persepsi. Jangan juga gunakan intonasi yang monoton. Tentu ini akan membuat pendengar Anda bosan, bahkan tertidur, haha

2.        Pernafasan
Atur nafas Anda saat presentasi. Mungkin Anda gugup. Tapi jangan tunjukkan nafas Anda yang berat. Apalagi saat Anda presentasi menggunakan mic. Atur nafas dengan baik. Lakukan pernafasan ringan sebelum melakukan presentasi. Atur pula jarak mic dengan mulut Anda. Hal ini dimaksudkan agar suara nafas Anda tidak terdengar dengan jelas oleh pendengar.

3.        Kecepatan Berbicara
Jangan berbicara terlalu cepat saat presentasi. Ini akan membuat pendengar sulit memahami apa yang Anda sampaikan. Tapi jangna pula berbicara terllau lambat. Ini akan memberi kesna kalau Anda tidak niat.

4.        Volume Suara
Variasikan suara Anda. Kadang rendah, sedang, bisa juga tinggi. Tapi musti tepat ya kapan menggunakannya. Misal, saat ingin memberikan penekanan pada suatu hal penting, Anda bisa menurunkan sedikit volume suara untuk menarik perhatian pendengar.

5.        Penguasaan Materi
Sebagus apapun pembawaan Anda tapi kalau materi tidak dikuasai, nggak asyik juga. Materi presentasi adalah hal penting karena itulah informasi yang akan Anda sampaikan. Jadi, jangan sampai kelupaan, ya. Pelajari dan sampaikan dengan baik materinya.




Langkah Agar Lancar Presentasi
Masih grogi saat presentasi? Nih, ada beberapa tips yang tidak ada salahnya dicoba dan dipraktekkan :

1.   Percaya kemampuan diri
Percaya pada kemampuan Anda. Ini penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Sugesti diri Anda bahwa Anda mampu melakukannya. Presentasi adalah momen penting, tapi bukanlah hal yang menakutkan.

2.   Libatkan orang lain
Lakukan pembicaraan dua arah. Jangan sibuk sendiri dengan presentasi Anda. Libatkan pendengar dalam presentasi Anda. Ini juga salah satu cara untuk mengurasi ketegangan dalam diri Anda.

3.   Bersikap santai
Sebagian orang merasakan tegang sebelum atau bahkan ketika presentasi. C’mon. Rilek aja. Lakukan pernafasan ringan sebelum memulai. Ambil nafas dalam, lalu hembuskan perlahan. Jangan terlalu tegang. Anggap saja orang-orang yang hadir di presentasi Anda adalah teman-teman dekat atau orang-orang yang sudah Anda kenal dengan baik.

4.  Fleksibel
Anda tidak harus berbicara mengenai tema presentasi Anda terus menerus. Sesekali selingi dengan humor. Selain untuk menghilangkan ketengan yang Anda rasakan, ini juga dapat membantu untuk menghidupkan suasana agar lebih hangat.

5.  Perbanyak referensi
Salah satu cara agar Anda tidajk lagi merasakan grogi saat presentasi adalah dengan menguasai materi yang akan Anda sampaikan. Salah satunya adalah dengan mencari lebih banyak referensi tentang tema tersebut.

6.  Berlatih
Punya cermin di rumah? Manfaatkan dengan baik cermin tersebut untuk berlatih presentasi di rumah. Latihlah mimik wajah, gerak tubuh, dan juga ekspresi Anda saat presentasi.

7.  Catatlah
Jika Anda tidak benar-benar hafal isi materi yang akan Anda sampaikan, tidak ada salahnya kok membuat catatan-catatan kecil. Bukan mencatat semua isi materi, ya. Tapi cukup poin-poinnya saja.


Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat dilakukan agar Anda tak grogi lagi saat presentasi. Memang, segala sesuatu akan membaik seiring berjalannya waktu. Semakian sering Anda melakukan presentasi, semakin banyak jam terbang Anda, lama kelamaan rasa grogi pun akan hilang. Tetap semangat, ya!




Baca juga, ya ...

14 komentar:

  1. Mbak, susah banget bisa bersikap santai yaa...kok kayaknya semua mata memandang gitu (haha kegeeran)..Btw, nice tips...thank you :)

    BalasHapus
  2. harus banyak latihan...dan bismillahirrahmanirrahim aja :). Jangan lupa untuk menjadi diri sendiri saat presentasi..jadi lebih santai dan enjoy

    BalasHapus
  3. aku kalo dah di depan ga mau turun xD nyrocs terus

    BalasHapus
  4. Kalau aku suka diingetin mamaku dulu pas mau sidang skripsi, "Gugupnya cuma 5 menit pertama, kok." Iya memang cuma 5 menit, 5 menit yang terasa seperti 5 jam.
    Intinya sih banyak berlatih dan menguasai materi ya.

    BalasHapus
  5. Bagus banget ini bahasannya mba Hana, jadi catatan penting buat berhadapan sama klien, public speaking, atau persentasi.

    Makasih sharingnya :*

    BalasHapus
  6. Masya Allah terimakasih ilmunya kak, bermanfaat sekali bagi aisyah yang suka grogi ini, he.. ^^

    BalasHapus
  7. Zaman kuliah grogi banget kalau disuruh presentasi Mbak, soalnya materinya suka asal kasih tunjuk dan daku tidak menguasai. Sekarang sih ... tetep ... hehehhe .. Tapi kalau materinya paham, biasanya lebih berkurang groginya. TFS yaaa

    BalasHapus
  8. Infonya lengkap banget mbak, andai saya baca ini pas saya masih suka presentasi, mungkin saya gak bakalan malu-maluin pas maju buat presentasi. Hicks.

    BalasHapus
  9. Jadi inget pas kuliah, disuruh presentasi dadakan demi nilai A. Berantakan. Wkwkwk

    Lengkap deh infonya mbak, semoga banyak yang enggak takut lagi buat presentasi setelah baca artikel mbak, :)

    BalasHapus
  10. Duh ini saya banget yang susah bicara di depan umum...Makasi ya mba tips2nyaa

    BalasHapus
  11. Aku kalau lagi grogi, suka lempar joke. Habis ketawa ngakak, ikutan ngakak bareng audience, rasa deg-degannya jadi ilang. Wkwkwkwk. Nice share, Mbak.

    BalasHapus
  12. Bicara di depan umum bikin grogi. Kalo sudah gitu lupa deh, apa tadi yang mau diomongin, mendadak blank hahaha

    BalasHapus
  13. klo lama nggak ngomong di depan publik...harus diterapin tips ini mbak. Grogi banget soalnya pasti.
    nice sharing

    BalasHapus
  14. Wah kayaknya ini bermanfaat juga ya, jika saya nanti bisa jadi pengisi acara atau pembicara hihihi. Aaaminnn

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar