Jumat, 17 Juni 2016

Kulit Sehat Berawal dari Cetaphil



Kulit adalah bagian tubuh terluar yang memiliki peran penting dalam hal perlindungan. Ini adalah organ tubuh paling besar karena membungkus hampir seluruh permukaan tubuh. Karenanya, peran kulit menjadi penting. Kulit melindungi banyak jaringan di bawahnya.
Kulit memiliki tugas berat melawan debu, sinar matahari, serta berbagai macam kuman. Belum termasuk minyak yang membuat penampilan kulit menjadi kurang mengenakkan. Hal ini akan menimbulkan banyak permasalahan. Permasalahan kulit yang muncul, secara tidak langsung akan mengganggu penampilan. Terutama yang berhubungan dengan kepercayaan diri.
Selain itu, ternyata kulit juga dapat digunakan sebagai indikasi terhadap baik dan buruknya kerja bagian dalam tubuh. Dengan kata lain, jika sesuatu yang di luar itu nampak kurang baik, maka kemungkinan sesuatu sedang terjadi dibagian dalamnya. Kalau ini sih harus dibenahi keduanya, ya.
Beberapa permasalahan kulit yang sering ditemuai adalah jerawat, komedo, kulit sensitif, serta munculnya minyak berlebih.

1.   Minyak berlebih
Kulit memiliki kelenjar minyak dan menghasilkan minyak yang dapat membantu melembabkan kulit. Namun jika jumlah minyak ini sudah berlebihan, tentu akan menjadi masalah, kan. Wajah Anda akan berkilau. Kalau yang berkilau rambut hitam sih bagus, ya. Lha, kalau kulit. Anda pasti  harus mengusap wajah berkali-kali. Terutama menggunakan kertas minyak ^^

2.   Komedo
Saat sel-sel mati pada lapisan folikel yang berada di atas kelenjar minyak banyak yang rontok, ini akan menyumbat pori-pori kulit. Penyumbatan inilah yang akan menghasilkan komedo. Bintik hitam yang banyak ditemukan di sekitar hidung itu tuh. Yang saat dibersihkan di tempat perawatan kulit, rasanya bisa jadi sakit nggak ketulungan, hehe ^^

3.   Jerawat
Sel mati dari folikel ditambah dengan bakteri akan mengakibatkan terjadinya infeksi. Hal ini dapat menyebabkan peradangan. Dan hasilnya adalaaaahhh ... jerawat ^^ Agar jerawat ini tidak menjadi parah, Anda dapat melakukan pola makan yang baik dan juga menjaga kebersihan.

4.   Kulit Sensitif
Pada beberapa orang memeiliki kulit jenis ini. Ini adalah kulit yang membutuhkan perawatan ekstra karena mudah terpengaruh oleh perubahan lingkungan seperti cuaca dan bahan kimia pada kosmetik. Akibatnya mudah terkena alergi, iritasi dan jerawat.

5.   Sinar Matahari
Kulit memiliki kemampuan untuk menyerap zat-zat yang bersentuhan dengannya. Termasuk saat kulit terpapar sinar matahari. Pada dasarnya, tubuh memerlukan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium pada tulang. Tapi jika kulit terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, sinar ultraviolet yang terkandung di dalamnya dapat melemahkan serat kolagen hingga menyebabkan elastisitas kulit turun, menimbulkan kerutan, atau bahkan dapat menyebabkan kanker.


Kulit harus terus dirawat agar selalu sehat. Kulit yang sehat memiliki tekstur yang halus dan lembut, memiliki kelembaban cukup, serta kenyal ketika dipegang. Tidak harus putih, ya. Jangan termakan iklan. Apapun warna kulit Anda asalkan bersih dan sehat tentu akan terlihat menyenangkan. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang senantiasa segar dan sehat.

1.   Pola hidup sehat
Menerapkan pola hidup sehat tentu akan banyak memberikan manfaat pada kesehatan kulit. Salah satunya adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang memberikan efek buruk pada kulit seperti alhokol, kafein, makanan yang mengandung gula dan garam yang tinggi, begitu juga makanan berlemak. Perbanyak makan buah dan sayur yang dapat membantu merawat kulit dari dalam karena mengandung vitamin, air, dan juga antioksidan. Olahraga rutin juga dapat dilakukan untuk memperlancar aliran darah dan oksigen ke dalam tubuh. Ini dapat membantu memperlancar pengiriman nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Olahraga juga dapat membantu menghilangkan penyumbatan pori lewat keringat yang dikeluarkan. Ini juga dapat digunakan sebagai sarana detoksifikasi.

2.   Banyak minum air putih
Minum air putih yang cukup setiap hari dapat menghindarkan kulit dari kekeringan dan keriput. Dalam hal ini, air membantu kulit agar tetap lembab. Apalagi di saat cuaca panas. Para ahli menyarankan untuk minum 2 liter air atau setara dengan 8 gelas setiap hari.

3.   Rajin membersihkan wajah
Khusus pada daerah wajah, ada 3 langkah mudah untuk menjada kesehatan kulit. Yaitu dengan membersihkan, melembabkan, dan melindungi. Rajin membersihkan wajah dapat menghindarkan-nya dari efek buruk debu, minyak dan kotoran yang dapat menyumbat pori. Kulit juga perlu dilembabkan agar tidak kering. Dan saat lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, kulit perlu perlindungan dari bahaya sinar matahari. Yaitu dengan menggunakan sunblock sebagai upaya perlindungan.

4.   Menggunakan kosmetik aman
Jika Anda menggunakan kosmetik, pilihlah kosmetik yang aman dan telah memiliki izin edar dari Badan POM. Baca kemasan produk dengan baik, terutama yang berhubungan dengan bahan-bahan pembuatnya. Kalau perlu lakukan uji tes sederhana sebelum Anda membeli kosmetik tersebut. Usapkan sedikit krim yang akan Anda beli pada bagian belakang telinga, lalu tunggu reaksinya.

5.   Hindari stress
Coba perhatikan saat Anda sedang ada masalah atau sedang banyak pikiran. Situasi stress seperti ini ternyata memberikan dampal negatif pada kulit. Kulit lebih berminyak, tampak kusam, dan muncul jerawat. Karenanya stress perlu dihindari. Bisa dengan cara olahraga, rekreasi, atau sekedar jalan-jalan. Curhat dengan orang kepercayaan juga dapat menurunkan tingkat ketegangan, lho.


Kulit Wajah Sehat Dengan Perawatan yang Tepat
Sebenarnya ada langkah mudah yang bisa dilakukan di keseharian agar kulit wajah senantiasa sehat dan segar, yaitu dengan rajin merawatmya. Pada umumnya perawatan kulit memiliki beberapa tahapan. Mulai dari membersihkan, melembabkan, dan melindungi. Yang diperlukan di sini adalah ketelatenan. Tidak butuh banyak waktu. Cukup beberapa menit saja setiap harinya untuk mendapatkan kulit wajah sehat idaman.
Salah satu tahapan dalam perawatan kulit wajah adalah pembersihan. Ini adalah langkah awal agar kulit wajah sehat. Tapi tahapan ini pula yang justru sering diremehkan oleh banyak orang. Ada saja alasannya. Yang malaslah, nggak ada waktu, sampai alasan ngantuk. Begitu selesai aktivitas langsung tepar bersama make up yang menempel.
Tahukah Anda, saat tidur adalah saat regenerasi kulit dimulai. Saat tidur pula tubuh melakukan kegiatan absorbsi. Karenanya banyak krim yang aplikasikan pada malam hari. Begitu pula dengan berbagai vitamin yang juga dikonsumsi malam hari. Ini karena tubuh melakukan absorbsi maksimal pada malam hari. Nah, sekarang bayangkan bagaimana jadinya jika kulit Anda masih dalam keadaan kotor saat absorbsi terjadi, pori-pori terhambat, dan pada akhirnya akan menimbulkan jerawat dan keriput. Aduh duh duh ... Jangan sampai, ya :D :D
Salah satu produk pembersih wajah yang mengkalim peduli terhadap kesehatan kulit adalah Cetaphil. Ini adalah salah satu produk dari perusahaan bernama Galderma yang berdiri sejak tahun 1981. Wuiihh ... lama juga, ya. Produk ini adalah produk pembersih yang direkomendasikan oleh dokter kulit dan anak di Amerika untuk membersihkan dan melembabkan.
Saya pribadi sih baru kali ini mendengar brand ini. Setelah saya cari informasi, ternyata sudah banyak yang mereview produk ini. Tidak sedikit dari mereka adalah orang bule. Wah, jangan-jangan ini brand inetrnasional, ya. Saya nya saja yang ketinggalan berita, haha :D :D


Produk Cetaphil Gentle Skin Wash memiliki kemasan botol plastik berwarna putih dengan tutup biru. Ada beberapa pilihan kemasan dari produk ini, yaitu 1000 ml, 500 ml, 235 ml dan 125 ml. Kebetulan yang saya pakai ini adalah kemasan 125 ml. Ini saya dapat sebagai bagian dari Cetaphil Experience dari Cetaphil Indonesia. Pada kemasan ini memiliki tutup berjenis flip top Jadi aman kalau mau dibawa kemana-mana. Kemasannya yang kecil juga tidak akan memenuhi tas jika dibawa perjalanan.
Produk cleanser-nya sendiri berupa cairan berwarna putih sedikit bening yang kental. Saat pertamakali pengaplikasikannya di atas kulit, saya merasa seperti sedang memakai body lotion. Rasanya pun tidak lengket. Cairannya pun mudah meresap. 
Saat digosok, produk ini tidak menghasilkan busa seperti facial wash kebanyakan. Namun setelah digunakan produk ini memberikan hasil yang tidak mengecewakan. Kulit saya terasa bersih dan tetap lembab. Kan biasanya nih, setelah cuci muka kulit terasa kesat dan kencang. Wajah jadi kaku, gitu. Biasanya ini terjadi setelah mencuci wajah dengan produk yang mengandung busa. Mungkin kita mengira kulit wajah kita bersih sempurna. Padahal yang sebenarnya kulit wajah menjadi kering.
Selain bebas busa, produk ini bebas juga bebas parfum. Saat saya cium, cleanser ini tidak memberikan aroma apapun.  Berarti bisa dikatakan kalau produk ini lebih minim bahan kimia. Ini bisa meminimalkan efek iritasi pada kulit. Terutama bagi kulit sensitif.
Karena penasaran, akhirnya saya juga mencobanya untuk kulit berminyak. Saat bangun pagi, wajah biasanya seperti kilang minyak. Langsung saya aplikasikan produk ini lalu bilas dengan air. Hasilnya pun sama, bersih dan lembab. Waahhh ... :D :D



Hmm ... Jadi penasaran. Kira-kira apa saja sih ingredients-nya. Dan ternyata, formulasi produk Cetaphil Gentle Skin Wash ini mengandung purified water, cetyl alcohol, sodium lauryl sulfate, stearyl alcohol, methyl hydroxybenzoate, propyl hydroxybenzoate, serta Butyl Hydroxybenzoate. Menurut dr. J. Prianto dalam bukunya yang berjudul Cantik (belum sempat mereview bukunya), kalau ingin mengetahui kandungan utama suatu kosmetik maka lihatlah bahan yang dicantumkan paling awal.
Penggunaan produk ini bisa dengan 2 cara, dengan air maupun tanpa air. Jika menggunakan air, cukup dengan mengaplikasi Cetaphil ke seluruh wajah dengan pijatan ringan, lalu bilas dengan air. Namun bila menginginkan tanpa air, setelah diaplikasikan ke seluruh wajah, cukup diusap dengan kapas basah. Itu sih kembali ke selera masing-masing, ya. Tapi kalau saya kurang afdhol rasanya kalau membersihkan wajah tanpa air. Jadi saya lebih suka menggunakana cara yang pertama ^^
Sebenarnya ada banyak kegunanaan dari produk ini. Produk ini tidak hanya digunakan untuk wajah. Namun juga dapat digunakan untuk tubuh. Tapi kalau saya sih eman-eman, ya. Secara produk ini termasuk istimewa apalagi jika dilihat dari harganya. Saat saya browshing di beberapa toko on line, produk Cetaphil 125 ml dibandrol berkisar antara Rp. 200.000.- s/d Rp. 225.000.- 
Selain sebagai facial wash dan body wash, produk ini juga dapat digunakan sebagai make up remover. Cukup dengan menuangkan produk ini ke kapas, lalu mengusapkannya ringan ke seluruh wajah hingga bersih.
Perlu diperhatikan, ya. Saat membersihkan wajah, berikan pijatan pada wajah untuk memperlancar peredaran darah dan juga mengangkat kotoran. Pijatannya yang ringan saja. Jangan berlebihan seperti sedang mengamplas kayu. Kulit Anda bukan kayu. Jadi harus diperlakukan dengan lembut dan penuh perasaan #AbaikanYangTerakhir. Begitu pula saat mengeringkannya dengan handuk, ya. Jangan diusap. Cukup ditepuk-tepuk saja ^^ 
Nah, kini sudah hadir satu lagi produk dermatologi yang siap membantu memelihara kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Produk dari Cetaphil ternyata bukan hanya facial wash, lho. Ada juga moisturiser yang membantu melembabkan kulitmu, dan juga sunblock yang mengandung SPF 50 yang akan melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk sinar matahari. Mau tahu lebih jauh tentang produk ini?! Yuk, meluncur ke Cetaphilid. ^^



Baca juga, ya ...

12 komentar:

  1. saya jg br tau skarang2, tp lgsg jatuh cinta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie cie ... Langsung setia pakai, ya ^^

      Hapus
  2. saya juga pake... cocok banget mbak
    malah anakku jg pake... jerawatnya ilang lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa berbagi dong sama anaknya ^^

      Hapus
  3. Harganya bikin meringis tapi aku terlanjur jatuh cinta padanya. Gimana dong???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, harganya bikin nangis, haha ... cup cup cup ^^

      Hapus
  4. Saya juga cocok mbak dengan produk ini. Kadang malah sampe heran ngliatin wajah sendiri, kenapa muka saya sekarang jadi beda gini he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tsah ... Jadi tambah berseri-seri ya, Mbak ^^

      Hapus
  5. Harganya itu emang hiks bikin pusing tapi hasilnya memuaskan bagiku ^^

    BalasHapus
  6. mbak aini...belinya dimana itu...? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobe di apotek besar. Kalau nggak ada di online shop. Mungkin bisa di Lazada atau Sosiola ^^

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar