Selasa, 21 Juni 2016

Tampil Gaya di Hari Raya Bersama Hijabenka


Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons & InvolveAsia X HB & BB. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. Voucher Berrybenka dan Voucher Hijabenka disponsori oleh Berrybenka dan Hijabenka.


Salah satu kegiatan yang sudah menjadi budaya di kalangan masyarakat Indonesia saat hari raya Idhul Fitri adalah anjangsana. Ini adalah kegiatan bersilaturahmi kepada keluarga, tetangga, orang yang dituakan atau juga orang-orang yang dianggap penting. Orang-orang akan berbondong-bondong bertamu untuk bermaafan sekaligus mempererat hubungan yang telah terjalin. Di sisi lain, tuan rumah yang didatangi pun telah mempersiapkan dengan baik untuk menyambut tamunya dengan segala macam hidangan atau bahkan hadiah berupa salam tempel. Nah, siapa di antara Anda yang sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dana untuk salam tempel? Atau malah, Anda yang malah mendapatkan salam tempel? Haha ... Ini sulit dihilangkan, ya. Sudah tradisi, sih. ^^ 
Kembali lagi ke tradisi silaturahmi di saat Idhul Fitri. Dahulu kala silaturahmi dan saling memaafkan diwujudkan dalam bentuk kartu lebaran. Kartu-kartu bergambar kartun, ukiran ayat al qur’an atau juga gambar masjid dan ketupat selalu menjadi incaran. Saya suka borong kartu-kartu tersebut di swalayan dekat rumah. Setelahnya saya akan menulis ucapan selamat hari raya lalu mengirimkannya melalui pos. Dan ternyata tidak hanya saya lho yang melakukan itu. Saya pun mendapatkan kartu lebaran dari beberapa teman.
Seiring dengan berkembangnya zaman, kartu lebaran sudah mulai ditinggalkan. Pesan singkat melalui ponsel telah berhasil menggeser keberadaan kartu-kartu tersebut. Ada 3 indikasi yang bisa dilihat dari fenomena ini. Pertama, harga pulsa akan naik menjelang lebaran tiba. Halah, kok sepertinya nggak mau kalah sama harga sembako, ya :D :D Indikasi kedua adalah membludaknya kiriman sms saat malam lebaran tiba. Akibatnya kiriman sms banyak yang pending. Indikasi ketiga adalah meningkatnya kemampuan orang-orang dalam merangkai kata-kata. Buktinya seperti sms berikut ini ...

Dosa tak dapat terdeteksi dengan USG
Tak terdengar dengan stetoskop
Tak terlihat dengan rontgen dan ct scan
Antibiotik tidak bisa mengobati
Hanya kata maaf yang dapat mengamputasi
dari segala virus hati
Selamat Idhul Fitri 
Mohon maaf lahir dan batin

Dari sekian cara tersebut yang paling tidak pernah usang oleh waktu dan tidak bisa ditinggalkan adalah bersilaturahmi dengan berkunjung dari rumah ke rumah. Ini adalah hal yang paling seru dilakukan. Orang-orang yang merantau akan berusaha untuk pulang ke kampung halaman. Mereka ingin berkumpul dengan keluarga sekaligus melepas rindu. Berbondong-bondong satu atau beberapa keluarga berkumpul bersama. Pasti seru dan ramai, ya.
Etapi tahukah Anda ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda bersilaturahmi, beranjangsana saat berlebaran. Berikut di antaranya:

1.      Skala prioritas
Beberapa hari sebelum lebaran, Anda tentu sudah memiliki rencana kemana saja nantinya Anda akan beranjangsana. Saya percaya, pasti banyak kerabat, handaitaulan, sahabat dan teman yang ingin Anda kunjungi. Agar semua berjalan dengan baik, alangkah baiknya jika Anda membuat skala prioritas. Orang tua tentu akan menjadi prioritas pertama, ke kerabat dekat, laluu ke orang-orang yang Anda anggap penting. Atasan Anda, mungkin. Atau jika orang tua berada di luar kota, Anda bisa memprioritaskan orang-orang terdekat di sekitar tempat tinggal terlebih dahulu, baru ke orang-orang yang tinggalnya lebih jauh. Ini dapat membantu Anda dalam mengatur waktu agar semua dapat dikunjungi.

2.      Waktu yang tepat
Datang bersilaturahmi pada waktu yang tepat tentu akan menyenangkan, ya. Karenanya, Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berkunjung. Setelah sholat Idhul Fitri mungkin. Namun tidak pada jam-jam makan, juga istirahat, atau datang sudah larut malam. Mungkin niat Anda baik. Ingin bersilaturahmi dan bermaafan. Tapi jika datang pada waktu kurang tepat tentu malah akan menjadi omongan. Alhasil, bukannya kembali fitri tapi malah sudah ternodai lagi karena ngomongin orang, hehe (^_^’)

3.      Penampilan
Berilah kesan pertama yang baik pada penampilan Anda. Namun bukan berarti Anda bisa tampil dengan berlebihan. Tidak perlu terlalu glamor dengan make up tebal, baju yang bling-bling dan perhiasan berlebihan yang menyerupai toko mas berjalan. Berpenampilan sopan dan tertutup tentu sudah cukup memberikan kesan baik dan mewakili suasana lebaran. Make up pun tidak perlu mencolok, cukup yang natural saja. Ini tentu akan membuat Anda terlihat segar dan cantik.

4.      Senyum, Sapa, Santun
Ucapkan salam saat pertama kali Anda berkunjung. Jangan lupa untuk bersalaman juga. Jika Anda tidak bersalaman dengan lawan jenis, cukup takupkan tangan di depan dada. Saya rasa di zaman sekarang semua orang mengerti makna hal tersebut. Jika Anda berada di antara orang-orang yang belum Anda kenal, alangkah baiknya jika Anda memperkenalkan diri. Misalnya saat Anda bersama keluarga besar yang belum pernah bertemu sebelumnya. Lakukan juga obrolan ringan, namun jangan mendominasi dan juga menonjolkan diri. Anda tidak sedang wawancara kerja atau menjawab pertanyaan untuk kontes ala ala. Jangan juga membicarakan masa lalu yang tidak mengenakkan. Mungkin maksud Anda adalah mengenang dan bercanda, namun hal ini bisa jadi membuat orang lain tersinggung. Bisa jadi malah membuat dosa baru.
Saat berkunjung Anda juga bisa membawakan hadiah untuk tuan rumah. Daaannn ... Ini yang penting. Jangan terlalu banyak makan. Anda akan melakukan perjalan panjang di banyak rumah. Saya yakin di setiap rumah sudah menyediakan hidangan untuk tamunya. Anda tentu tidak mau kan pulang dalam keadaan kekenyangan atau malah sakit perut. Ini tentu akan menghambat kegiatan Anda esok hari, yaitu melanjutkan kembali bersilaturahmi.

5.      Membantu Tuan Rumah
Saat Anda berkunjung ke rumah kerabat atau sahabat dekat, tidak ada salahnya jika Anda berbaur. Bahkan ketika tuan rumah akan menghidangkan jamuan makan. Sekedar membantu menyiapkan piring atau menyajikan minuman tidak akan membuat Anda menjadi tidak sopan, kan. Asalkan tuan rumah mengizinkan. Bisa jadi ini malah akan mencairkan suasana dan lebih  mempererat hubungan.



Tetap Gaya Saat Lebaran Tiba

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat lebaran tiba adalah penampulan. Secara, saya akan bertemu dan berbaur dengan banyak orang, baik yang sudah saya kenal maupun belum. Jadi saya ingin memberikan kesan yang baik namun tetap gaya. Tidak harus glamor, tapi tetap sopan dan baik. Ini bukan bagian dari pencitraan lho, ya, haha :D :D
Tapi sayangnya saya tidak punya banyak waktu untuk pergi berbelanja. Keluar masuk satu mall ke mall yang lain hanya untuk berburu pakaian, jilbab, dan segala printilannya. Maklum, lebaran tahun ini jatuh pada awal bulan. Jadi saya harus menyelesaikan banyak tugas sebelum menjelang liburan panjang.
Selain itu, saya tidak mau waktu saya banyak terbuang hanya untuk memikirkan keperluan lebaran. Ini bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Bulan ini datangnya hanya sekali dalam setahun. Tentunya, saya ingin memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memperbanyak ibadah. Kapan lagi coba. Belum tentu saya akan dipertemukan dengan Ramadhan berikutnya. Sedih ... (:-_-:)
Untungnya, zaman sekarang banyak mall yang bisa saya jelajahi hanya dengan sekali klik. Mall on line. Dimana saya bisa berbelanja keperluan lebaran terutama yang berhubungan dengan penunjang penampilan hanya dengan duduk manis di depan lappy. Dua diantaranya adalah Berrybenka dan Hijabenka. Ada beberapa alasan saya berbelanja di kedua tempat ini :

1.      Praktis
Ini adalah alasan utama saya berbelanja online. Aktivitas belanja menjadi menyenangkan karena saya tidak perlu pergi kemana-mana. Cukup berselancar dengan smartphone atau lappy. Tidak perlu capek keluar masuk mall. Apalagi mendekati lebaran seperti sekarang ini. Sudah jalanan menuju mall macet, parkir susah,  di dalam mall suasana kurang nyaman karena banyaknya manusia yang ingin berbelanja, belum juga antri di kasir. Duh, nggak kebayang repotnya. Buang banyak waktu pula. Saya tinggal klik barang yang saya inginkan, lalu transaksi pun terjadi ^^

2.      Banyak pilihan model
Barang yang ditawarkan bervariasi dengan berbagai macam model. Mau cari brand lokal maupun internasional, tinggal pilih saja di sini. Gayanya up to date dan juga fashionable. Sebelum membeli, saya biasa melakukan mix and match. Kira-kira nih, kalau saya pilih atasan ini akan saya kombinasi dengan celana panjang ini, atau kalau saya pilih dress yang ini akan saya kombinasi dengan pashmina yang itu. Pokoknya saya bisa bisa berimajinasi dulu tentang penampilan saya berdasarkan macam barang yang ditawarkan. Suka-suka, deh ^^

3.      Menyesuaikan budget
Ini yang penting. Barang yang saya beli harus menyesuaikan budget. Jangan sampai sebaliknya, budget menyesuaikan barang yang dibeli. Wah, bisa gawat. Secara, perempuan seringnya kalap kalau lihat barang bagus, hehe (^_^!)


Promo di Hijabenka

Promo di Berrybenka

4.      Bertabur promo dan diskon
Ini yang paling di suka. Siapa sih yang nggak tertarik dengan promo dan diskon. Nggak lelaki, nggak perempuan, semua berburu yang satu ini. Lumayan kan untuk menekan pengeluaran. Dan sisa dana bisa dialihkan untuk keperluan yang lain. 

5.      Pembayaran di tempat
COD atau Cash On Delivery adalah salah satu pelayanan yang diberikan di Hijabenkan maupun Berrybenka. Pelayanan bayar di tempat ini berlaku di beberapa kota. Cukup dengan pembelian minimal 1 juta rupiah saja. Jadi tidak perlu repot buat transfer, ya.

6.      Pengiriman gratis
Bicara soal pengiriman barang pasti ada sedikit was-was, ya. Karena barang lama datangnya. Ada aja pikiran, jangan-jangan barang belanjaan saya nyasar entah ke mana. Nah, sekarang saya mulai menghapus kekhawatiran itu. Dan asyiknya lagi, cukup dengan berbelanja 100 ribu saja, barang yang saya beli akan diantar sampai ke rumah tanpa ada tambahan biaya ^^

7.      Pengembalian produk
Ini bisa saya lakukan jika kurang puas dengan barang yang dikirim. Cukup dengan mengisi form pengembalian. Barang bisa saya kembalikan dengan beberapa syarat dan ketentuan. Barang yang kirim kembali harus asli, ya. Lengkap dengan aksesoris terkait dan juga hang tags. Temponya pun 30 hari terhitung semenjak barang itu saya terima. 

Nah, THR saya sudah turun, nih. Tapi karena keperluan saya tidak hanya melulu tentang penampilan, jadi saya harus membaginya dengan cermat. Kebetulan lebaran kali ini budget saya untuk berbelanja pakaian komplit dengan segala printilannya adalah Rp. 1.000.000.-. Kira-kira kalau saya berbelanja di Hijabenka, saya pilih apa saja, ya. Biar saya bisa tampil gaya dengan budget yang ada ^^

1.      Long Dress : Fazilla Tulle Lace Purple Dusty


Menurut saya, seorang perempuan akan terlihat anggun dan feminim saat mengenakan dress. Karena saya berhijab, saya memilih long dress. Janis pakaian ini cocok untuk acara formal maupun semi formal. Long dress ini berbahan tule broklat cantik. Ditambah lagi dengan potongan plum beraksen layer pada atasannya. Warnanya pun cantik dan lembut. Long dress ini dibandrol dengan harga Rp. 229.900.-

2.      Pashmina : Hikari Pink


Karena dress yang saya pilih berwarna agak sedikit gelap namun tetap lembut, untuk hijabnya saya memilih warna yang lebih cerah. Pashmina cantik dari bahan nyaman ini memiliki detail kombinasi pattern geometris. Kombinasi warnanya pun sesuai, yaitu putih sebagai dasar dengan layer pink, dan juga abu-abu. Pashmina ini dibandrol dengan harga Rp. 70.000.- Namun setelah diskon menjadi Rp. 66.500.-

3.      Kalung : Tami Necklace Silver


Sebagai pelengkap penampilan, saya memilih kalung sebagai pemanis. Kalungnya pun saya pilih yang simple namun tetap cantik. Hanya ada sebuah bandul di tengahnya. Kalung ini dibandrol dengan harga Rp. 99.000.- Setelah diskon menjadi Rp. 79.000.-

4.      Sepatu : Viona Beige


Sepatu sandal heels ini akan mempercantik penampilan. Secara, saya orangnya tidak tinggi-tinggi amat. Siapa tahu setelah memakai sepatu sandal ini, tinggi badan saya akan terdongkrak beberapa senti, haha :D :D Sepatu sandal berwarna beige dengan mini strip ini dibandrol dengan harga Rp. 225.000.-

5.      Tas : Chiara Pink


Penampilan perempuan tidak akan lengkap tanda adanya tas. Apapun jenis tasnya. Tas akan menjadi pelengkap akhir penampilan. Untuk lebaran kali ini saya akan memilih membawa tas slempang berbentuk kotak ini. Apa lagi dengan adanya inisial huruf H di sana. H untuk Hana, haha :D :D #Bercanda. Tas ini dilengkap dengan 2 jenis tali, panjang dan pendek. Saya hanya perlu menyesuaikan saja. Mau pakai tali yang panjang, boleh. Mau pakai tali yang pendek pun oke. Tas ini dibandrol dengan harga Rp. 474.000.- Setelah diskon menjadi Rp. 199.000.-

Berdasarkan pilihan saya di atas, setelah dijumlahkan semua, total belanjaan saya adalah Rp. 798.500.- Padahal tadi budget saya adalah Rp. 1.000.000.- Berarti masih tersisa Rp. 200.000.- Wah, lumayan ini. Lebih hemat namun tetap bisa gaya di hari lebaran. Dan sisa uang bisa dialokasikan untuk keperluan yang lainnya. Buat nambah dana untuk salam tempel juga bisa. Asyikkk ... :D :D
Nah, keperluan lebaran sudah beres, nih. Jadi sekarang saya bisa lebih fokus untuk mengerjakan yang lainnya. Apalagi sekarang mulai masuk 10 hari terakhir Ramadhan. Musti lebih fokus lagi dalam beribadah. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan ^^



Baca juga, ya ...

40 komentar:

  1. Aaaaa aku belum punya baju lebaran... pgn si ke tanah abang atau kemana gt beli tapu kayanya gak sanggup liat ramenya... beli online shop jd solusi jitu sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, Mbak. Sambil duduk manis di rumah, lalu tinggal klik ^^

      Hapus
  2. Aku juga mau dibeliiin bajunya mbak,haha. Nicd article

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, THR sudah turun, kan :P :P

      Hapus
  3. Haha..iyaa.. Ingat 10 tahunan yang lalu, pada lomba sms. Sampe operatornya crowded.
    Sekarang udah berkurang kayaknya..pakenya wa atau bbm..wkwkwk.. Kan skrg mah mending pada beli kuota internet, biar ttp eksis, wkwkwk..

    Sukses ya Mba.. Kalo menang, mau lah dibeliin gamisnya. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah, ntar kita kembaran, dong :D :D

      Hapus
  4. Karena jadi orang yg dituakan, siap siap bagi angpaw dan aneka cemilan di meja, hayukkk mb hana mlipir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, saya dibagi angpaonya, ya, Bun ^^

      Hapus
  5. Saya juga lebih suka belanja online, lebih puas milihnyaa maak XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bisa mix and match, ya, Mbak ^^

      Hapus
  6. Nice article.. Tapi aku gagal fokus lihat sepatunya, pingin lihat kamu pake sepatu high heels gitu aahh...hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk ... Mumpung ba'dho, Hah. Sedikit make over. Si tomboy biar kelihatan sedikit feminim :P :P

      Hapus
  7. Sayangnya ngga punya Cewe, coba kalau punya pasti tak beliin.

    BalasHapus
  8. Aduh budget belanja baju lebaranku membengkak sampai 1,6 juta mbak. Ini Mbak Hana irit banget sih, pinter milihnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, 2x lipat total belanjaanku, dong, Mbak :D :D

      Hapus
  9. wah hemat dan bergaya jika cermat berhitung..

    BalasHapus
  10. aku nunggu voucher beli baju lebarannya hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan berburu di Hijabenka dan Berrybenka. Bertabur promo di sana ^^

      Hapus
  11. baju muslim koleksi hijabenka memang keren2 ya mbak

    BalasHapus
  12. yang penting bajunya bersih dan nyaman dipakai ya

    BalasHapus
  13. unyu..unyu.. pilihannya. Keren2 mbak, serasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Sudah punya baju lebaran belum? ^^

      Hapus
  14. Temanya ngepink nih, hehehe
    Dress sama tasbya serasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess ... Biar girly, anggun, cantik, gimana gitu :D :D

      Hapus
  15. Tahun ini aku tak bersemangat cari baju. Tapi kalau lihat2 online shop kok jadi tergoda yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu, siap meluncur ke TKP, dong ^^

      Hapus
  16. aku suka pilihan model long dressmu. cantik. sederhana tapi elegan. jadi pingin liat di hijabenka model2 lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan meluncur ke TKP ...!!! :D :D

      Hapus
  17. bagus bajunya kak, salam kenal ya...
    btw, mampir ke sini dong kak http://anggarini.com/
    :D

    BalasHapus
  18. semoga dapat menang ya mbak hehee

    BalasHapus
  19. artikel cerdas belanja kewanitaan... pilih sesuai kebutuhan ya... selamat belanja mbak

    BalasHapus
  20. sayaa dong sukakk belanja online hihihi emang racuuun yaaa :D
    Itu naksiiir sama hijabnya. O ya, biasanya saya silaturahmi selepas sholat IED, udahjadi tradisi..

    Good luck ya mbak :*

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar