Sabtu, 10 Oktober 2015

POSTUR TUBUH TEPAT KERJA MAKIN SEMANGAT

 

Sebagian dari kita sering merasakan pegal atau kesemutan pada tangan atau pun kaki. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah sikap tubuh kita yang kurang tepat. Kurang tepat di sini adalah posisi yang salah, atau bisa juga tidak adanya pergerakan yang kita lakukan dalam jangka waktu tertentu.
Menurut dr. Deby pada acara AAM’s Knowledge Sharing for Costumers yang diadakan di Hotel Paragon tanggal 6 Oktober 2015 mengatakan, sikap tubuh kita keseharian menentukan postur tubuh kita. Ini lebih pada sikap tubuh yang terjadi dalam durasi yang cukup lama. 
Pembentukan postur tubuh seseorang dapat dipengaruhi oleh status kesehatan seseorang. Ketika status kesehatan seseorang kurang baik, maka organ tubuh tidak bekerja secara optimal. Asupan gizi yang kurang pada seseorang dapat memperburuk keadaan ini. Nutrisi yang kurang dapat menyebabkan kebutuhan energinya akan menurun. Akibatnya proses keseimbangan terganggu. Emosi juga berpengaruh pada pembentukan postur tubuh. Orang yang tidak dapat mengendalikan emosinya, keseimbangannya akan terganggu hingga mempengaruhi proses koordinasi. Dan yang paling sering berpengaruh adalah gaya hidup.
Gaya hidup berpengaruh pada pembentukan postur tubuh. Apalagi di era serba canggih seperti sekarang ini. Banyak barang elektronik menggantikan peran manusia. Pada awalnya mereka diciptakan memang untuk membantu manusia. Namun pada akhirnya mereka membuat manusia menjadi tidak banyak bergerak. Sediki-sedikit pakai alat bantu. Akibatnya postur tubuh tidak berkembang. 

dr. Debi perwakilan dari BSN

Bagi Anda yang bekerja terutama yang sering duduk dalam jangka waktu lama, sudah saatnya Anda merubah kebiasaan. Duduk terus dalam jangka waktu lama dapat berpengaruh kurang baik pada postur tubuh dan meningkatkan resiko kematian hingga 40%. Duduk yang terlalu lama dapat mengakibatkan aliran listrik ke kaki terhenti. Akibatnya sering terjadi kesemutan. Kebiasaan ini juga dapat menghambat kerja enzyme pemecah lemak, kolesterol baik menurun, demikian pula kalori hingga terjadi penumpukan lemak. 
Dianjurkan bagi Anda untuk melakukan break sejenak. Berdiri lalu berjalanlah. Atau lakukan gerakan-gerakan ringan, semisal dengan memutar telapak kaki ke kanan kemudian balas ke kiri. Bahu Anda pun perlu rileksasi. Putar perlahan bahu Anda ke depan beberapa kali, lalu balas ke belakang. lakukan antara bahu kanan dan kiri bergantian.
Sudah saatnya pula Anda menganalisa kebiasaan yang tanpa disadari dilakukan berulang-ulang dan mempengaruhi postur tubuh Anda, seperti duduk dengan ketinggian dan posisi yang kurang tepat. Duduklah dengan posisi tubuh tegap dan kaki tidak menggantung. Membawa beban berat pada salah satu sisi, tas bahu misalnya, dapat mengganggu posisi bahu Anda. Usahakan untuk tidak membawa beban terlalu berat, dan seringlah berganti-ganti posisi antara bahu kanan dan kiri. Ketika mengambil barang yang ada di lantai, jangan dengan posisi membungkuk. Jongkoklah terlebih dahulu, ambil barangnya, kemudian berdiri. Ini untuk menghindari cidera pada punggung. Memakai sepatu hak tinggi boleh-boleh saja asal tidak terlalu sering. Dan yang perlu menjadi perhatian adalah selisih antara ketinggian tumit dengan ujung kaki tidak terlalu besar. Posisi monitor terlalu tinggi atau terlalu rendah juga kurang baik. Yang benar adalah ketinggian layar monitor sejajar pandangan mata. Sedangkan kebiasaan lain yang juga perlu diperhatikan adalah mengapit ponsel antara pipi dan bahu, berdiri dengan bersandar pada satu kaki, dll.

Produk Actimove

Banyak manfaat yang didapatkan dengan menjaga postur tubuh. Terhindar dari rasa sakit dan kesemutan itu sudah pasti. Selain itu, dengan postur tubuh yang baik dapat memperlancar pernafasan dan pencernaan, serta mencegah terjadinya cidera sendi dan otot. Karenanya dalam kesempatan ini AAM selaku distributor produk alat kesehatan dari BSN memperkenalkan serangkaian alat bantu yang dapat membantu mensupport tubuh Anda. Produk-produk ini tergabung dalam Actimove dari BSN.

Physiopack : Gel terapi panas dingin

Dimulai dari Physiopack yang dapat digunakan untuk terapi dingin dan panas. Saat Anda merasakan otot kaku atau kram, Anda dapat melakukan terapi panas dengan cara merendam alat ini ke dalam air bersuhu 80ÂșC selama 7 menit, lalu tempelkan pada daerah yang kram atau kaku selama 20 menit. Namun bila Anda mengalami radang sendi, lebam bahkan bengkak, gunakan alat ini untuk terapi dingin dengan cara memasukkannya ke dalam freezer minimal 1 jam, lalu letakkan alat ini di daerah cidera selama 30 menit.

EpiSport : Alat support siku dengan bentuk anatomis

EpiSport untuk Anda yang aktif. Pamakaian pada siku membantu Anda mengurangi rasa nyeri yang disebabkan karena gerakan berulang.


TaloStep : Slim-fit ankle brace

Ankle Brace adalah produk yang membantu Anda mendapatkan kestabilan pada pergelangan kaki. Alat ini juga dapat digunakan pada perawatan lebih lanjut setelah operasi atau fraktur pergelangan kaki.

Manumotion 
Manus Forte
         ManuMotion dan Manus Forte merupakan alat bantu pada pergelangan tangan bagi Anda yang baru saja menjalani operasi. Selain itu alat ini dapat mengurangi nyeri dan rasa kurang nyaman pada pergelangan tangan.
         
StepLite : Bantalan tumit sesuai anatom

Bagi Anda yang sering menggunakan sepatu hak tinggi, StepLite dirancang sebagai bantalan tumit untuk mengurangi tekanan dan rasa sakit. Bantalan tumit ini dirancang sesuai dengan anatomi kaki. Penggunaannya sangat mudah dan dapat digunakan pada semua alas kaki.  

GenuStep
GenuMotion
     GenuStep dan GenuMotion merupakan alat support lutut yang dirancang untuk memperbaiki sirkulasi darah dan aliran limfatik. Alat ini dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada lutut, serta menjadikan sendi lutut lebih stabil.

LombaCare-Motion
LombaCare-Grey
LombaCare-X
LumbaCare adalah alat bantu yang mensupport stabilitas daerah pinggang bawah. Tersedia dalam 3 pilihan dengan kompresi berbeda. Pada bagian belakang (punggung) LombaCare-Grey dan LombaCare-X, diterdapat 4 penyangga logam untuk membentu mempertahankan badan tetap tegak.
Nah, memiliki badan sehat dengan postur tubuh yang tepat pasti menyenangkan, bukan. Aktivitas tetap lancar dan tidak terganggu. Jadi, tunggu apalagi. Perbaiki sikap tubuh sekarang untuk kesehatan di masa mendatang.    

8 komentar:

  1. Ini penting buat suami nih..kerjanya duduuuk terus. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap beberapa menit sekali harus bangkit dan bergerak. Dan jangan lupa banyak minum air putih :) :)

      Hapus
  2. selalu bergerak dan beraktivitas ternyata bagus untuk kesehatan yah mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biar nggak kaku juga ototnya, hehe ^^

      Hapus
  3. Duduk terus meningkatkan resiko kematian. Ngeri juga. Padahal kalau lagi nulis, mau nggak mau duduk terus. Tapi, harus diselingi berdiri dan jalan, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Saya kalau sudah duduk di depan komputer lupa bergerak. Karenanya saya pasang alarm setiap satu jam, sebagai pengingat :D :D

      Hapus
  4. Ngeri ya efek duduk terus, suka lupa waktu kan kita kalo lagi nulis, hiyyy
    Tapi bener sih, aku harus memaksa diri sendiri agar tiap satu jam, jalan-jalan sambil meluruskan kaki agar enggak bermasalah tubuhnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggap saja saatnya break, refreshing :D :D

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar