Senin, 17 Oktober 2016

Kenali 7 Keunggulan Kartu Nama Sebagai Media Promosi Diri


Suatu hari saya menghadiri acara seminar. Setelah acara selesai, saya meminta sedikit waktu untuk wawancara salah satu pembicara yang kebetulan juga seorang pengusaha. Beberapa pertanyaan saya lontarkan hingga diujung wawancara saya meminta kartu nama beliau. Dengan senang hati bapak narasumber memberikan kartu namanya.


Sekilas saya membaca kartu nama tersebut dengan takjub. Selain nama, saya juga dapat menemukan informasi beberapa tempat dimana beliau bekerja. Hingga akhirnya beliau balik meminta kepada saya, “kartu nama Mbak?!”
Mendengarnya saya jadi kelabakan. Saya belum sempat membuat kartu nama. Begitu mendengar alasan saya, bapak narasumber lalu berkata, “bagaimana saya akan kenal dan mengingat Mbak kalau saya tidak tahu apa-apa tentang Mbak?”
Jleebb ... Itu adalah kata-kata terakhir yang sangat menusuk saya hingga ke tulang iga, dan akan selalu saya ingat sebagai pelajaran di sepanjang hidup saya. Hiks (T_T)


Di zaman sekarang, kartu nama adalah sebuah kebutuhan. Di selembar kartu berukuran kecil tersebut tertulis banyak informasi diri, mulai dari nama, aktivitas, alamat sosial media, dll. Ibarat kata, cukup dengan menyodorkan kartu nama tanpa bicara apapun, orang lain sudah akan mendapatkan banyak informasi tentang pemilik kartu nama.
Bahkan dalam budaya Jepang, kartu nama menjadi barang yang tidak asing dalam keseharian. Karenanya di Jepang ada budaya bertukar nama. Bahkan budaya ini memiliki cara tersendiri dan tidak bisa sembarangan.
Orang Jepang terbiasa meletakkan kartu nama pada card holder dan bukan di dompet. Ini dilakukan agar terlihat elegan dan sopan. Saat memberi maupun menerima kartu nama, orang Jepang biasa menggunakan kedua tangan dengan posisi badan sedikit membungkuk. Memberikan kartu nama pun tidak bisa sembarangan. Posisikan kartu nama menghadap kepada orang yang diberi agar bisa langsung dibaca.


Kartu nama menjadi penting, terutama bagi Anda yang memiki usaha dan ingin memperbanyak relasi. Anda dapat menjadikan kartu nama sebagai salah satu media promosi, apapun bentuk usaha Anda. Karenanya kartu nama memiliki banyak keunggulan dibanding dengan media promosi yang lain.

1.        Murah
Tidak dapat dipungkiri, kartu nama adalah salah satu sarana promosi yang tergolong murah. Hanya dengan mengeluarkan beberapa ribu saja, Anda sudah mendapatkan 1 box kartu berisi 100 lembar.

2.        Mudah dibawa
Beberapa orang menyimpan kartu nama di dalam dompet. Jadi, praktiskan kalau akan dibawa kema-mana. Namun ada beberapa orang juga menyimpan kartu namanya di dalam card holder agar terlihat lebih elegan. Dengan kemudahan ini maka Anda dapat dengan mudah mendistribusikan kartu nama sewaktu-waktu dibutuhkan.

3.        Sarat akan informasi
Selain mencakup nama dan juga kontak person Anda, di dalam kartu nama juga dapat Anda berikan informasi tentang usaha yang sedang Anda jalani. Tak terkecuali logo dan nama perusahaan. Anda bisa memanfaatkan dengan optimal kedua sisi kartu nama.


4.        Meningkatkan pencitraan
Anda akan terlihat profesional saat memperkenalkan diri dengan kartu nama. Apalagi jika kartu nama Anda desain seunik mungkin. Kesan yang ditangkap oleh penerima kartu nama juga akan unik. Tapi tidak perlu berlebihan, ya. Sesuatu yang berlebihan justru akan menurunkan citra Anda.

5.        Sebagai kenang-kenangan
Ini suah pasti. Saat Anda menerima kartu nama dari orang lain, tentu Anda akan selalu ingat dengan orang yang memberinya, dimana Anda bertemu dengannya, dll. Begitu pula saat Anda memberikan kartu nama kepada orang lain.

6.        Sebagai koleksi
Ini adalah salah satu kegemaran saya, menkoleksi kartu nama. Masing-masing orang memiliki selera sendiri dalam mendesain kartu nama. Alhasil, akan ada banyak macam desain kartu nama. Apalagi jika koleksi kartu nama tersebut disimpan di dalam card holder. Pasti akan terlihat indah, ya. Ini hampir mirip dengan filtelis, hehe ^^

7.        Media promosi paling efektif
Dengan kartu nama, Anda akan langsung menjangkau orang-orang yang menjadi tujuan promosi usaha Anda. Mereka akan menyimpan kartu nama Anda. Dan saat mereka butuh, mereka akan mencari kembali kartu nama tersebut untuk menghubungi Anda.

Karena perannya yang penting dalam memperkenalkan diri serta membuka hubungan dengan orang lain, pasti Anda akan membuat kartu nama sebagus mungkin. Ada yang full color, ada yang menampilkan gambar unik, ada yang ditambahkan lapisan anti air, ada yang dibuat glossy, dan masih banyak lagi variasi yang digunakan. Semua itu dilakukan untuk membuat kartu nama menjadi semenarik mungkin.
Menurut kartunama.net ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendesain kartu nama. Diantaranya adalah :
1.  Jika Anda bergerak di bidang usaha dan ingin menjadikan kartu nama Anda sebagai salah satu media promosi usaha, maka fokuslah pada logo usaha Anda. Jadikan Logo tersebut  sebagai elemen terbesar di kartu nama.
2.   Buatlah kartu nama yang simpel.  Tuliskan informasi yang diperlukan saja.
3.  Jangan lupa mencantumkan informasi penting pada kartu nama, seperti nama, alamat, nomer telpon dan fax, serta email.
4.   Usahakan kartu nama Anda mudah untuk dibaca. Ini termasuk dalam pemilihan jenis huruf, ukuran, lay out, dan juga warna.
5.   Jangan gunakan terlalu banyak warna.






Tentang Kartunama.net

Ini adalah salah satu usaha on line yang bergerak di bidang jasa pembuatan kartu nama. Dengan pemesanan on line, Anda tidak perlu repot pergi ke mana-mana. Cara kerjanya pun lebih praktis.
Anda cukup men-klik kartunama.net. Di sana Anda akan menemukan halaman pertama web yang berisikan paket harga kaertu nama yang bisa Anda pilih.






Setelahnya, Anda bisa klik lembar ke-2. Di sini Anda bisa memilih desain kartu nama yang telah tersedia. Ada banyak sekali pilihan yang terdiri atas berbagai macam tema. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera, atau juga jenis usaha Anda.


Langkah berikutnya, Anda tinggal mengisi identitas Anda dan alamat pengiriman. Akan ada tertera total biaya yang harus Anda transfer. Jika semua sudah oke, tinggal transfer, deh.





     Nah, mudahkan ternyata membuat kartu nama. Meski kartu nama ini kecil ukurannya, tapi berdampak besar pada peluang usaha Anda. Setuju?! ^^




40 komentar:

  1. Jadi pengen juga nyoba bikin ah.

    BalasHapus
  2. Aku punya kartu nama tapi untuk pekerjaanku.. Not as a blogger, though..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin lagi, Mbak. Aku malah ada 2. Tergantung kebutuhan, hehe ^^

      Hapus
  3. Wah orang Jepang sopan banget.
    Kartu nama gw masih numpuk mba, lom sempat tukeran.

    Abis artikel ini jd pengen bagi bagi lagi, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibagi saja. Siapa tahu ada jalan buat rezeki ^^

      Hapus
  4. wah bener nih saya belum bikin kartu nama, cuma kalau boleh nambahin. kartu nama juga bikin orang bersangkutan terlihat lebih formal.
    sebagai orang bisnis, apalagi yang transaksinya jutaan, malah jadi seperti sesuatu yang wajib, apalagi kalau bisnis kita belum dikenal.
    nah kalau berkenan silahkan mampir ke blog fotografi saya
    gariswarnafoto[dot]com

    BalasHapus
  5. mba, desainnya cakep.

    Wah, ngasih kartu nama pun ada etikanya ya, Mba. Kalu di sini, masih biasa2 aja kayanya yah. :D

    BalasHapus
  6. Jadi pengen punya kartu nama, ntar coba-coba deh

    BalasHapus
  7. Aku juga pakai kartu nama. Satu buat urusan kerja, satu untuk pribadi, mba :)

    BalasHapus
  8. Sering sih kepikiran mau buat kartu nama blogger, terlebih sekarang udah pindahan dr blog lama ke blog baru, tapi belum jadi pesan juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, buat! Untuk publikasi diri ^^

      Hapus
  9. ada rencana juga mau bikin kartu nama cuma bingung desain kartunamanya yang cocok seperti apa kalo buat seorang programmer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung saja ke TKP. Tinggal pilih ^^

      Hapus
  10. kartu nama penting banget ya, apalagi kalau ketemu klien bisa2 next event di senggol buat gabung lagi

    BalasHapus
  11. Baca ini tiba-tiba inget klo kartu namaku abis haha.

    BalasHapus
  12. pengin buat juga ah,, terakhir punya kartu nama juga di kasih dari urbanindo (keterlaluann ) ^^

    BalasHapus
  13. Bikin kartunama memang penting, apalagi untuk blogger kaya kita. Salam kenal Mba....

    BalasHapus
  14. Sdh enak ya jaman sekarang. Bikin ksrtu nama pun bs online. Gak perlu repot2 pergi keluar rmh ke percetakan lg.

    BalasHapus
  15. seriusan nih saya jadi pengen bikin, hahaha, saya ke tekapeh dulu deh ngecek, liat apa yang bisa mereka tawarkan. nanti kalau kesampaian, saya tulis artikel yang beginian juga :D

    BalasHapus
  16. Keren mbak. Idenya itu lho yg patut diacungi jempol!!!

    BalasHapus
  17. Pengeen bikiiiin ^o^. Walopun sebenernya ga terlalu dibutuhin kalo aku mbak.. tp kok kayaknya keren aja ya kalo punya hihihihi... Mungkin bisa dikasihin ke kenalana2 baru yg ketemu saat sedang traveling :D

    BalasHapus
  18. Sebenernya kartu nama udah ga efektif sih. Jaman sekarang, Instagram sudah bisa menggantikan posisi kartu nama. Selain praktis, mudah kalo mau diupdate kontennya, ramah lingkungan lagi, ga perlu buang2 kertas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalau untuk perkenalan diri pertama kali, saya rasa pas kalau bertukar kartu nama. Apalagi kalau yang Anda temui adalah orang penting dan dalam suasana formal. Belum tentu juga mereka punya sosmed. Kalau hanya dengan teman, dalam suasana santai, it's okay. Apalagi jika Anda hanya punya sedikit waktu, nggak mungkin kan buka sosmed dulu. Ribet.

      Itu sih opini saya ^^

      Hapus
  19. Saya sudah beberapa x gonta ganti :D
    Lbh sering krna lupa naro
    Hahaha tp iy jg bermanfaat utk media promosi

    BalasHapus
  20. Wah mba baca postingannya jadi tertarik buat bikin kartu nama.

    Penasaran sama kartunama.net coba pesan disitu aah hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar