Senin, 07 Maret 2016

Kerja Semangat Prestasi Meningkat


Dalam siklus kehidupan ada kalanya manusia merasakan jenuh dan bosan. Demikin pula saat di tempat kerja. Tidak jarang suasana ini datang lalu menjadikan semangat anda menurun. Yang terjadi selanjutnya adalah menurunnya prestasi kerja. Wadew, jangan sampai, ya.
Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi semangat seseorang di tempat kerja. Hilangnya motivasi dalam bekerja, tidak adanya fokus pada tujuan, serta suasana kerja yang kurang mendukung adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan semangat kerja anda menurun. Kalau ini sampai terjadi, anda harus segera mengambil tindakan. Jangan sampai situasi ini berlangsung terus menerus.
Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan agar semangat kerja tetap terjaga. Salah satunya adalah mengingat kembali apa yang menjadi motivasi anda dalam bekerja. Mencari nafkah untuk keluarga, menyekolahkan anak hingga ke jenjang pendidikan tinggi, menabung untuk masa depan, atau mungkin juga untuk investasi jangka panjang. Masing-masing punya alasannya sendiri. Tapi apapun yang menjadi alasannya, motivasi itu harus kuat hingga tidak dapat dipatahkan oleh apapun. Sehingga anda tidak akan patah arang hanya takut salah dan takut gagal karena masalah sepele. Anda bisa menuliskan motivasi tersebut di kertas kecil warni-warni yang kemudian dapat anda tempelkan di sekitar meja kerja. Anda juga bisa meletakkan foto orang-orang tercinta sebagai penyemangat anda. Karena bagaimanapun juga, apa yang anda lakukan sekarang ini adalah demi mereka juga.
Membuat skala prioritas dalam bekerja dapat membantu anda dalam mempertahankan semangat. Kerja anda dapat lebih fokus sehingga semangat terjaga. Anda tahu apa yang harus dilakukan, kapan harus melakukan, dan bagaimana anda melakukannya. Jika anda sudah memiliki skala prioritas, yang perlu anda lakukan berikutnya adalah melaksanakannya dengan disiplin. Jangan sampai apa yang sudah anda susun tersebut hanya sebatas daftar saja, tanpa ada realisasinya.
Suasana kerja yang kurang mendukung juga dapat mempengaruhi semangat seseorang. Ruang kerja yang tidak rapi dapat membuat seseorang menjadi jenuh. Merapikan tempat kerja setelah aktivitas kerja berakhir sangat membantu menjaga semangat kerja keesokan harinya. Meja kerja yang rapi sangat membantu anda dalam menemukan segala hal yang anda butuhkan tanpa harus bingung dimana meletakkannya. Kalau semua sudah pada pada tempatnya, anda akan mudah menemukannya, dan ini akan menghemat waktu anda. Anda tidak perlu membuang waktu untuk mencari-cari barang ataupun file yang anda butuhkan karena meja kerja tidak rapi.
Hubungan dengan rekan kerja yang tidak kompak juga dapat memberikan dampak buruk pada kinerja. Banyak pikiran negatif bersliweran. Tidak jarang semua pikiran itu hanya prasangka diri semata. Karenanya, coba atasi hal tersebut satu per satu. Tidak hanya itu saja. Memperbaiki komunikasi dengan rekan kerja juga dapat membantu anda memperbaiki keadaan. Bagaimanapun juga, rekan kerja anda adalah orang yang akan sering bertemu dengan anda. Bukan hanya sekedar berinteraksi, namun juga bekerjasama. Komunikasi yang baik memperbaiki semangat kerja anda, memelihara kekompakan tim sehingga dapat meningkatkan prestasi kerja. Hal ini juga dapat menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang selama ini ada di pikiran anda dan mengubahnya menjadi hal-hal positif.
Kalau ternyata hilangnya semangat kerja anda karena adanya masalah pribadi, anda harus segera menyelesaikannya. Sikap profesional sangat diperlukan dalam hal ini. Anda harus dapat menempatkan diri. Jangan baper. Saat anda melewati pintu kantor, tinggalkan ke-baper-an anda. Tempat anda berpijak sekarang sudah berbeda. Anda pun harus menjadi sosok yang berbeda. Ketika ada masalah, segera selesaikan sebelum berlarut panjang dan mempengaruhi perasaan dan pikiran anda.
Jika anda sudah dapat menganalisa apa saja penyebab semangat kerja anda menurun, yang perlu anda lakukan berikutnya adalah menghindarinya. Tidak perlu mempertahankan hal-hal tersebut. Segeralah memperbaiki diri, lalu bangkit!



Baca juga, ya ...

22 komentar:

  1. Betul,Mbak. Permasalahan di rumah kadang memang mengganggu konsentrasi kerja. Harus segera diselesaikan biar semangat lagi. :)

    BalasHapus
  2. Yang bikin males itu biasanya kurang apresiasi. Klo aku sih ngakalin kehilangan motivasi sm challenge ke diri sendiri, misalnya kerjaan kyk gni gw pasti bs tuntasin 1 jam, jd smgt berpacu buat proving ke diri sendiri bs kelarin itu sesuai tenggat yg dibikin buat diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, kalau aku sih ngerasa kurang apresiasinya itu yang bikin males kerja :(

      Hapus
    2. Ah, benar juga. Apresiasi adalah bagian dari pengakuan terhadap keberadan kita ^^

      Hapus
  3. Iya, hubungan kerja yang gak kompak itu bikin tersendat. Apalagi kalau sudah harus jadi teamwork, terus gak kompak aduh....bikin pengen makan tisu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roti tisu, maksudnya? Pakai toping susu coklat :D :D

      Hapus
  4. kayak pak jokowi ni mba, kerja kerja kerja

    BalasHapus
  5. Pernah ngrasain dunia kantoran. Kalau ada rekan kerja nyebelin, biasanya dah males aja ngantor hehe

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadew, jangan sampai. Hindari saja, cuekin ^^

      Hapus
  6. refreshing , jalan-jalan keluar tak perlu jauh2 yang penting cari suasana lain

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah kalau Uti sih semangat teyus..Kadang nglokronya kalau ada yang usil dan ngga menghargai kerja kita

    BalasHapus
  8. biarpun berprofesi sebagai IRT hari senin tetap beda dengan minggu. kalau senin berasa sibuknya kalau minggu santai2, kenapa ya.. padahal tiap hari d rumah aja hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Saya selalu merasa Senin adalah waktu yang pas memulai segala sesuatunya. Jadi, musti semangat. Kan awal minggu ^^

      Hapus
  9. memang dengan kerja yang semangat dan niat ibadah pasti prestasi pun juga meningkat. aku pun sudah membuktikannya.

    BalasHapus
  10. Semangat jadi sebuah harga mati untuk seorang pekerja ya Mbak. Tanpa semangat segala motivasi melempem sudah...

    BalasHapus
  11. Semangat kerjaaa ^_^
    Ah soal masalah pribadi ini kadang nggak semua orang ngerti bahwa itu perlu diselesaikan dan nggak dibawa-bawa ke kantor...

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar