Kamis, 21 April 2016

7 Cara Agar Meja Kerja Tetap Rapi



Pernahkah Anda tidak dapat menemukan file penting di antara tumpukan kertas di atas meja kerja Anda? Atau Anda lupa dimana menempelkan notes pengingat rapat tempo hari? Dan masih banyak hal penting lain yang tidak dapat Anda temukan di antara barang-barang kantor Anda?

Memiliki meja kerja yang selalu rapi pasti menyenangkan, ya. Selain enak dipandang, Anda akan dengan mudah menemukan berbagai barang yang Anda butuhkan karena semua barang-barang tersebut sudah tertata rapi pada tempatnya masing-masing. Bonusnya, Anda akan mendapatkan energi positif hingga dapat meningkatkan semangat kerja Anda.
Tapi bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan meja tersebut untuk beraktivitas agar selalu nampak rapi. Anda tetap bisa menggunakan meja kerja Anda, asalkan Anda tahu caranya agar meja Anda tetap rapi:


1.   Jaga Kebersihan.
Menurut saya pribadi, menjaga kebersihan meja kerja adalah penting. Sudah menjadi rutinitas saat pertama kali datang saya akan membersihkan meja kerja meski hanya dengan menggunakan kemoceng. Paling tidak, tidak ada debu atau remahan kertas berserakan di atasnya. Begitu pula sebelum pulang. Saya akan memastikan semua buku dan file sudah tersimpan aman dan rapi. Meja pun sudah harus bersih dari potongan kertas, berkas streples, atau juga bungkus permen, dll. Jangan lupa untuk menyediakan tempat sampah di dekat meja. Begitu ada sampah langsung buah ke tempatnya. Jangan dikumpulkan hingga menumpuk, apalagi kalau sampai lupa membuangnya.


2.   Menata peralatan dan kabel
Jangan biarkan peralatan tulis Anda berserakan di meja. Gunakan stationary set untuk meletakkan segala peralatan tulis. Menurut saya ini lebih praktis dan simpel. Anda dapat meletakkan bolpoin, pensil dan berbagai peratan tulis Anda dalam satu wadah, namun tetap pada tempatnya masing-masing. Jangan lupa pula merapikan kabel, jika ada set komputer di meja kerja Anda. Kalau sampai kabel kemana-mana, bisa tampak semrawut. Satukan semua kabel dan ikat atau jepit dengan klip besar. Ini juga demi keamanan. Jangan sampai Anda tersandung kabel komputer. Anda bisa kesakitan, komputernya pun bisa konslet.

3.   Menyusun file dan buku kerja.
Rapikan file dan buku kerja Anda sesuai dengan kepentingan dan rutinitas. Jika sekiranya buku dan file tersebut penting dan jarang digunakan, letakkanlah di dalam almari tertutup. Buku-buku dapat Anda susun menjadi satu dalam keadaan berdiri. Jangan lupa memberi judul untuk setiap buku. Ini untuk mempermudah Anda menemukan buku yang Anda butuhkan. Jika file yang Anda miliki dalam bentuk lembaran kertas, tatalah file tersebut ke dalam folder. Jangan lupa juga untuk memberikan judul di setiap foldernya. Untuk file dan buku yang setiap hari Anda gunakan, Anda dapat meletakkannya di atas meja. Namun tetap disusun rapi, ya.

4.   Gunakan warna warni
Untuk menghadirkan hidup yang penuh warna (ceile bahasanya ^^) Anda dapat memilih peralatan kantor berwarna warni. Bukan hanya alat tulis saja, namun juga buku dan folder yang Anda gunakan. Cara seperti ini sebenarnya secara tidak langsung dapat membantu Anda menemukan barang yang Anda butuhkan. Misal, untuk buku keuangan Anda memilih warna merah, sedangkan untuk buku laporan pajak Anda menggunakan buku berwarna hijau. Dengan demikian, saat Anda membutuhkan buku keuangan, Anda tinggal ambil yang warna merah. Demikian pula saat Anda memerlukan buku laporan pajak, tinggal ambil saja yang warna hijau.

5.   Jadwal tugas.
Sebelum memulai kerja, saya terbiasa membuat daftar tugas yang akan saya selesaikan hari itu. Biasanya daftar ini saya susun berdasarkan skala prioritas. Yang paling penting dan mendesak akan berada di urutan paling atas. Disusul dengan tugas-tugas yang sekiranya bisa saya selesaikan dalam waktu singkat. Saat Anda mulai mengerjakan tugas, jangan letakkan semua buku di atas meja. Bisa jadi meja Anda akan penuh dan berantakan. Ini dapat membuat Anda merasa sumpek (bahasa Indonesia-nya apa, ya??). Hanya buku yang diperlukan saja yang Anda letakkan di atas meja. Itupun jika sudah selesai segera kembalikan ke tempatnya. Jangan biarkan buku dan file menumpuk di atas meja.

6.   Sudut pesan.
Saya sering membuat note atau pesan pengingat di kertas warna warni. Tapi jangan menempelkannya sembarangan, ya. Jangan sampai di setiap sudut kubikel atau wajah monitor Anda tertempel note dan pesan pengingat. Kesannya jadi berantakan. Usahakan untuk menempelkan note dan pesan –pesan tersebut pada satu tempat saja yang memang sudah Anda sediakan khusus untuk itu. Jika note atau pesan tersebut telah terlaksana atau tersampaikan segera cabut, sobek dan buang. Jangan menunggu note dan pesan yang sudah kadaluwarsa tersebut tetap tertempel di situ. Ini akan memberi kesan penuh dan tidak rapi.


7.   Beri benda penyemangat.
Saat bekerja Anda pasti butuh penyemangat. Anda daat meletakkan benda kesayangan atau juga foto orang terkasih. Tapi tidak usah banyak-banyak, ya. Cukup satu saja. Itu pun jangan berukuran terlalu besar karena pasti akan mengganggu.

Meja kerja yang rapi tentu akan dapat menambah semangat Anda dalam bekerja. Bekerja menjadi menyenangkan dan tidak direpotkan dengan kegaduhan karena barang yang Anda butuhkan tiba-tiba hilang terselip entah kemana. Itu tadi tips ala saya. Bagaimana dengan Anda?


- Hana Aina -



Related Post :

48 komentar:

  1. tips yang bermanfaat mbak
    7 point tersebut membuat saya introspeksi hehehe (blm ada yang saya lakukan)
    salam sehat dan semangat

    BalasHapus
  2. Saya uda coba beres2 mba tp kadang ada 1 lembar suka miss pdhl uda disimpen ealah tnyata penyakit lupa naro hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pakai jurnal harian, Mbak. Apa yang saya kerjakan hari itu saya tulis, termasuk saya meletakkan apa dan dimana ^^

      Hapus
  3. Selain foto dan benda kesayangan, tulisan atau gambar yang berisi segala impian kita, juga bisa jadi penyemangat ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh. Biar tambah semangat ^^

      Hapus
  4. Sebelumpulang kantor sebainya meja dirapikan agar esok hari masuk kerja dengan hati dan mata bersih.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangatdari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya top deh. Salam hangat dari Solo ^^

      Hapus
  5. Saya di tempat kerja ngak pnya meja tapi di rmh ada meja kerj yg berantakan. Kdang kl abis ngeblog ditinggal gitu aja buat tidur. Makasih tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga punya meja kerja di rumah ^^

      Hapus
  6. Tips nya oke nih, pas banget karena aku sedang mengatur ulang meja buat kerja di rumah :)
    Makasiiih sharingnya mbak ^^

    BalasHapus
  7. Kalau aku sih biasanya nempelin kutipan-kutipan yang menurutku keren. Kutipan tersebut bisa menjadi penyemangat juga, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, boleh itu. Biar tambah semangat hidupnya ^^

      Hapus
  8. sip, tipsnya oke banget, langsung dipraktekkan~ :D

    BalasHapus
  9. waaaaa.... meja kerjaku berantakan... *rapi..rapi in..nih..he2
    makasih tipsnya mba..

    BalasHapus
  10. Duh, aku belum punya meja kerja nih Mba..jadi dimana aja ngetiknya..
    Tips nya bakal berguna nih, kalau aku dah punya meja kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai meja belajar waktu masih kuliah dulu ^^

      Hapus
  11. Meja kerjaku cuma buat naruh buku dan kertas2. Kalau ngetik dlosoran di lantai hihihi
    Btw trims tipsnya :D

    www.keluargahamsa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa2, yang penting rapi ^^

      Hapus
  12. nice tips :-) kebetulan meja saya sering berantakan, hihi. oh ya, aku penggemar nulis di memo pengingat warna warni loh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng sama yang warna warni ^^

      Hapus
  13. suka banget tips yang manfaat. Terima kasih mbak Hana

    BalasHapus
  14. pastilah mbak ada sesuatu yang harus dipajang. Ini mau nyari Stupa miniatur Borobudur katanya bisa memberi aura positif *cielee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee ... Kirim sini satu, boleh? ^^

      Hapus
  15. Thanks Mbak buat sharingnya :)

    BalasHapus
  16. meja aku rapi pada waktunya
    waktu anak tidur dan ke sekolah
    haha

    BalasHapus
  17. TFS mba, aku nggak punya meja kerja. Nulis bisa dimana saja. Saya lebih suka ditemani bantal dan guling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kadang kalau malas juga gitu, Mbak ^^

      Hapus
  18. terima kasih mbak atas sharingnya, saya juga kurang memperhatikan tatanan meja dan kamar,..hehe

    BalasHapus
  19. padahal pas baca gampang tapi jalanin ngapa males ya ..

    BalasHapus
  20. Wah makasih tips2nya ya... kok nggak foto contoh meja yg sdh rapi?hehe.
    .

    BalasHapus
  21. Sudut pesan sama benda penyemangat yg belum di coba nich :)

    BalasHapus
  22. Pasti meja kerjanya rapi nih, Mbak Hana ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih berusaha agar tetap rapi ^^

      Hapus
  23. Wah tipsnya mau saya coba ah, biar meja kerja lebih rapi.

    BalasHapus
  24. Belum punya meja kerja Mbak. Masih nulis dimana aja, yang penting nyaman 😊 tapi benda penyemangat selalu ada, foto keluarga

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar