Kamis, 11 Februari 2016

NGOBROL ASYIK PARA PENULIS CANTIK



Pertama-tama saya mau menulis … Abaikan betapa berantakannya meja kami. Abaikan juga, betapa warna warninya jilbab kami. Yang penting serunya, yang penting ilmunya, hahay … Semangat, nyok!! :D :D 

Malam itu, saya membaca postingan Teh Lygia Pecanduhujan yang sedang traveling ke Solo. Ini mengingatkan saya pada pertemuan kami beberapa tahun sebelumnya di Cafe 3 Ceret. Tanpa pikir panjang, saya langsung hubungi teman-teman penulis untuk melangsungkan KopDar dadakan. Sehari kami rapatkan tempat dan waktu pertemuan, jadilah KopDar dadakan kami. 
Bakso Kadipolo jam setengah 3 adalah kesepakatan kami. Suasana Solo saat itu mendung. Yeah, ini sudah menjadi kebiasaan di musim hujan kalau biasanya Solo hujan di sore hari. Berhubung jarak tempat KopDar dan tempat kerja saya lumayan dekat, saya langsung menuju ke tempat tujuan. Di sana, belum ada satupun teman penulis yang datang. Padahal mendung semakin pekat. Hingga akhirnya hujan lebat turun. Namun dari kejauhan, salah satu teman penulis sudah sampai, lalu disusul satu per satu anggota yang lain. Teh Gia sendiri datang lewat satu jam, dan ternyata dia tidak sendiri, lho. Ada Teh Astri Novia dan juga Mbak Ika Mitayani. Nah, nama yang terakhir ini sebenarnya adalah penulis yang berdomisili di Solo juga. Tapi belum sekalipun ikutan KopDar kita. Haduuuhh ... Piye tho, Mbak :D :D
Berhubung hujan dan udara mulai dingin, acara pertama kita adalah makan bakso :D :D Sambil menikmati kehangatan bakso, kita foto-foto. Hehe ... Ini sih agenda wajib. Kurang afdhol kalau ada acara tanpa foto-foto. Betul?? ^^ Tapi nggak melulu narsis. Setelahnya, kami diskusi serius. Kita berdiskusi tentang sesuatu yang sedang naik daun sekarang ini. BLOG!


Nge-blog adalah salah satu aktivitas yang kini sedang menjadi tren. Banyak blogger baru bermunculan. Banyak pula alasan yang melatar belakanginya. Mulai dari iseng-iseng saja, curhat colongan, sampai yang berhubungan dengan bisnis dan pekerjaan professional. Blog memang multi fungsi. Beberapa orang menggunakan blog sebagai saran untuk memasarkan produk bisnisnya, untuk membranding, memajang karya, menulis reportase, atau juga memanfaatkan blog sebagai diary.
Bagi blogger pemula, Teh Gia memberikan tips agar para blogger lebih rajin menulis. Menulis apapun. Dengan rajin menulis akan melatih blogger dalam hal pemilihan diksi, pemakaian EYD, dan melatih membuat kalimat efektif. Selain itu, dengan rajin menulis dapat membentuk blogger menjadi lebih disiplin menulis, sehingga blogger dapat terus mengasah kualitas tulisannya agar lebih menarik. Tentu hal ini akan membuat banyak pembaca yang mengunjungi blogg-nya untuk menikmati tulisan-tulisannya.Hikmah lain dari disiplin menulis adalah banyaknya konten yang dapat dipublikasikan oleh blogger. Dengan demikian blogger akan lebih dikenal di kalangan blogger lainnya. 
Lalu, pertanyaan berikutnya yang muncul adalah, mau menulis apa? Ide itu ada dimana saja, lho. Bisa dari pengalaman kita sendiri, atau orang lain. Dari berita di televisi atau sesuatu yang sedang menjadi terdding topic di masyarakat. Bisa juga sesuatu yang sudah pernah ditulis, kemudian ditulis ulang dengan sudut pandang yang berbeda. Tentu hasilnya akan lain. Jadi, jangan takut kehabisan ide tulisan.
Selain rajin menulis, saran lain bagi blogger baru adalah menulislah sesuai passion. Meski pada kenyatannya banyak juga blog gado-gado. Namun tidak sedikit pula blog pada akhirnya disesuaikan dengan suatu tema tertentu. Ini lebih dikenal dengan niche blog. Dengan menggunakan niche blog, pembaca blog akan menjadi lebih spesifik. Ini akan membantu dalam memperkenalkan blog kepada pembaca. Seumpama Anda senang membaca, lalu membuat blog yang berisikan buku-buku yang pernah Anda baca. Suatu saat jika ada pembaca yang membutuhkan referensi buku yang ingin dibeli, dia bisa langsung menuju ke blog Anda.
Nah, bagi blogger baru seperti saya, yang nulisnya masih mood-mood-an, motivasi seperti ini penting sekali. Berkumpul dengan teman-teman dengan kegemaran yang sama, saling sharing, saling memotivasi, secara tidak langsung akan membakar kembali semangat untuk ngeblog. Biar tambah rajin ngeblognya. Siapa tahu ke depannya bisa menjadi blogger profesional, hehe ^^

4 komentar:

  1. bener banget, kalau menulis blog ga rutin, kadang kita malah kehabisan ide untuk menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, menulis apapun, terkadang itu malah memancing ide datang ^^

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya, Bu Imah. Semangat ...!!! :D :D

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar