Jumat, 02 Oktober 2015

MERANCANG PERNIKAHAN HEMAT


Pernikahan, menjadi saat yang paling membahagiakan bagi Anda calon pengantin. Momen seumur hidup sekali ini tentu tidak ingin dilewatkan dengan biasa-biasa saja bagi kedua mempelai. Terutama Anda kaum hawa. 

Biasanya calon pengantin perempuan akan menjadi sangat sensitif secara emosional dan menjadi sangat bersemangat untuk mempersiapkan pestanya dengan segala macam detailnya. Anda pasti ingin melaksanakan pesta pernikahan yang tak terlupakan baik bagi diri Anda sendiri, pasangan Anda, maupun para undangan yang hadir pada pesta tersebut. Namun terkadang semua mimpi itu menjadi tergoyahkan saat berbenturan dengan biaya yang harus Anda keluarkan.
Sebenarnya, memiliki pasta pernikahan yang berkesan bukan berarti Anda harus menggelar pesta mewah dan megah dengan mengeluarkan anggaran berlebih. Pesta pernikahan sederhana pun akan menjadi sangat berkesan saat Anda mampu mengemasnya dengan baik. 
Seorang konsultan keuangan Rina Dewi Lina berpendapat, saat seseorang mendapatkan gaji pertama adalah saat yang tepat baginya untuk mulai merencanakan masa depan keuangannya, termasuk merencanakan anggaran pernikahan. Tentu, sebelumnya Anda harus menetapkan kapan akan menikah dan konsep pernikahan seperti apa yang Anda inginkan. CEO PT. Fokus Finansial ini mengatakan, untuk merancang pesta pernikahan yang sederhana namun tetap berkesan calon pengantin dapat mensiasati beberapa hal yang termasuk dalam detail-detail penikahan.
Rencanakan pernikahan jauh-jauh hari. Anda dapat membicarakan rencana pernikahan dengan keluarga dan teman terdekat. Mereka pasti akan menyambut dengan gembira dan siap membantu. Sebenarnya Anda memiliki dua pilihan, menyerahkan semua urusan pada wedding orginizer atau melibatkan teman serta keluarga sebagai panitia. Untuk menekan biaya, Anda dapat memilih opsi kedua. Memang sedikit akan merepotkan. Tapi yakinlah, ini akan memberi kesan tidak terlupakan. Terutama saat Anda turun tangan langsung mempersiapkan pesta pernikahan Anda sendiri.
Buat anggaran biaya. Membuat anggaran dapat membatu Anda memprediksi besarnya kisaran biaya yang harus Anda sediakan sesuai dengan konsep pernikahan yang Anda inginkan. Usahakan untuk menyelenggarakan pernikahan sehari saja. Ini dapat membantu Anda menekan budget yang harus anda keluarkan. Anggaran biaya ini akan menjadi pedoman Anda. Jangan pernah keluar dari anggaran biaya Anda saat pelaksanaan nanti.
Lokasi pernikahan. Anda dapat menyelenggarakan pesta penikahan di rumah untuk menekan anggaran. Anda hanya perlu mempermanis dekorasi tanpa harus berlabihan. Namun jika menginginkan menyelenggarakannya di gedung, Anda dapat memilih gedung dengan harga yang sesuai dengan anggaran anda dan jumlah tamu yang anda undang. Yang perlu diingat, gedung maupun rumah hanya membantu Anda untuk menampung para undangan. 
Gaun dan seragam panitia. Gaun pengantin hanya sekali Anda gunakan. Karenanya akan lebih hemat untuk menyewa gaun pengantin daripada membelinya. Jika Anda ingin membelinya, Anda dapat memilih gaun pengantin dengan model yang nantinya dapat Anda gunakan untuk acara yang lain. Demikian pula dengan sepatu dan perhiasan. Anda dapat meminjam dari orangtua, keluarga atau teman dekat. Hal ini juga berlaku untuk seragam panitia.
Foto, video, MC dan Entertainer. Tidak perlu memakai fotografer, video shooting, MC ataupun entertainer profesional. Libatkan saja keluarga dan teman-teman Anda. Pilih anggota keluarga dan teman yang memiliki kemampuan fotografer, video shooting, dan pembawa acara. Untuk entertaiment, ajaklah mereka -termasuk juga tamu Anda kalau perlu- untuk menyumbangkan lagu dan bernyanyi bersama. Selain murah meriah, hal ini juga akan menambah suasana kebersamaan. Yakinlah, mereka akan sangat senang terlibat dalam pernikahan Anda. 
Undangan dan Souvenir. Percaya atau tidak, undangan Anda tidak akan disimpan lama. Biasanya dengan segera akan berakhir di tempat sampah. Buatlah daftar tamu. Tidak harus semua orang Anda undang. Buatlah skala prioritas orang-orang yang dekat dengan Anda. Anda juga dapat membuat undangan tanpa menampilkan foto karena harganya tentu akan lebih murah. Kalaupun Anda menginginkan menampilkan foto di undangan, Anda tidak perlu melakukan foto prewedding. Manfaatkan foto kebersamaan anda bersama si dia yang sudah ada. Mintalah tolong keluarga dan teman untuk mengirimkan undangan-undangan tersebut. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial terutama untuk keluarga dan teman yang berada jauh di luar kota bahkan luar negeri. Untuk souvenir, Anda dapat membuat sendiri jauh-jauh hari. Ini akan lebih hemat. 
Katering. Anda dapat merancang beberapa menu sederhana tapi nikmat untuk tamu Anda. Tidak perlu dalam jumlah banyak, yang lebih penting adalah lebih bervariasi. Anda dapat meminta tolong tetangga sekitar untuk membantu memasak bersama. 
Nah, ternyata membuat sebuah acara yang berkesan tidak harus beranggaran besar, bukan. Selamat merancang pesta pernikahan Anda. Happy wedding. 

12 komentar:

  1. Balasan
    1. *Jleeebbb

      Huahaha ... Jadi panitia dulu, Bu. Biar lebih berpengalaman :P :P

      Hapus
  2. Iya mak, gaun mah nyewa aja, biar irit hihihi... tapi pas akad mah aku pegen punya satu, baut kenang-kenangan *mulai baper* :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie cie ... Sekali seumur hidup, ya, Mak ^^

      Hapus
  3. Catatan penting kalo besok mantu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap-siap dari jauh hari, ya, Mak :D

      Hapus
  4. penting nih untuk aku, kepingin cepet dapat mantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disimpan dulu, ya, Mak. Ntar prakteknya kalau sudah dapet calon mantu ^^

      Hapus
  5. bookmark kalau saya nikah nanti.. hehe btw cari calonnya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. *tos doloo

      Yang lain sudah siap-siap cari menantu. Lha, kita baru mau cari mertua. haha :D :D

      Hapus
  6. Kalau mau hemat ya tinggal ke KUA saja :D maharnya seperangkat alat sholat di bayar tunai. :D Resepsinya cukup mengundang sanak saudara terdekat. Selesai dan hemat deh hehehe.


    Salam,
    Virmansyah ID
    www.virmansyah.info

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar