Senin, 09 Juni 2014

TEMU KANGEN IIDN SOLO KE-4


Minggu, 8 Juni 2014, untuk ke empat kalinya komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis cabang Solo mengadakan kopi darat alias KopDar. Acara ini diselenggarakan di Taman Balai Kambang dengan tuan rumah Uti kami tercinta, Astutiana Sugiastuti. Acara ini  tidak hanya menyambung silaturahmi antar anggota IIDN Solo yang berjumlah sekitar 100 orang, meski yang datang (selalu) cuman 13-15 orang saja, tapi hal itu tidak mengurangi esensi dari pertemuan.
Sebenarnya bukan hanya tentang menyambung silaturrahmi aja, tapi juga ada sharing ilmu. Nah, inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh semua. Masing-masing anggota dari IIDN Solo memiliki kemampuan menulis di banyak bidang. Ada yang fokus pada cerita religi, cerita inspirasi, cerpen, blogging, naskah non fiksi, dll. Kali ini yang ditodong ilmunya adalah Ety Handayaningsih S dan Zakiah Wulandari.


              Ety Handayaningsih adalah seorang blogger yang aktif. Beliau membagikan ilmunya tentang bagaimana cara membuat blog, mengelola, sampai cara mendulang uang dari blog. Menurut Ety Handayaningsih, pemilihan nama serta isi konten blog yang jelas, akan mempermudah para pencari untuk menemukan alamat blog kita. Usahakan agar tampilan blog jangan terlalu ramai karena akan membuat kurang nyaman pengunjung. Apalagi jika tampilan yang ramai tersebut sampai mengganggu tampilan postingan. Tampilan blog yang simpel dan mudah dibaca ternyata lebih disukai pengunjung.
Bagi ibu dua anak ini, mengelola blog pribadinya merupakan sebuah keasyikan tersendiri di sela-sela waktu luangnya sebagai ibu rumah tangga. Selain untuk menyalurkan hobi menulisnya, ngeblog juga dapat dijadikan salah satu sumber penghasil pundi-pundi keuangan. Ety Handayaningsih memberikan tips bagi anda para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan dari blognya.
Anda sebagai blogger, dapat bermitra dengan perusahaan sebagai publisher (penayang iklan) dengan  mempromosikan produk milik perusahaan di blognya. Bagi anda yang menyukai tantangan, blogger rajin mengikuti lomba blog dengan berbagai macam hadiah yang ditawarkan juga bisa menjadi pilihan. Anda juga dapat menyewakan blog anda sebagai tempat memasang iklan, apalagi jika blog anda memiliki traffic yang tinggi, pasti akan banyak yang berminat memasang iklan di blog anda. Pendapatan dihitung dari setiap klik yang dilakukan pengunjung blog. Namun jangan sampai, ya, anda mengklik iklan di blog anda sendiri atau meminta teman-teman anda untuk mengklik iklan yang bersangkutan secara otomatis, karena itu melanggar aturan. Konsekuensinya, blog anda bisa dibanned.
Lain lagi dengan pembicara ke-2, yaitu Zakiah Wulandari. Ibu 2 anak yang juga mantan editor majalah femina ini lebih fokus pada penulisan artikel. Menurut Zakiah Wulandari, artikel memberikan keleluasaan bagi penulisnya untuk lebih menghidupkan topik utama dari tulisannya sehingga menjadi lebih menarik. Meskipun demikian, penulisan artikel tidak boleh keluar dari fakta, data dan analisa yang dapat dipertanggung jawabkan. Penggunaan unsur 5W+1H tetap menjadi pedoman dan pengembangan tulisan.  Pemilihan kata yang tepat, gaya penuturan yang ringan dan cerdas, serta sedikitnya penggunaan kata asing, mempengaruhi penilaian sebuah artikel.


Acara temu kangen IIDN Solo nggak pernah lepas dari kemeriahan anak-anak dan bapak-bapak. Meski mereka tidak terlibat secara langsung dalam acara ini, tapi keberadaan mereka selalu membuat acara IIDN menjadi meriah. Secara tidak langsung, mereke mensupport emak mereka untuk tetap berkarya. Mereka telah rela menghabiskan waktu untuk menunggu emak mereka yang sedang berbagi ilmu. Ayo, semangat berkarya, keluarga besar IIDN Solo!!! :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar