Jumat, 13 Mei 2016

10 Cara Mengawali Hari dengan Semangat Tinggi


Semangat pagi ...!! Pagi hari musti semangat, ya. Jangan sampai loyo. Kan baru bangun tidur. Energinya baru saja di-charge. Belum lagi jadwal kegiatan yang sudah menunggu untuk dieksekusi. Itu sih harapannya. Namun kenyatannya tidak semua orang dapat bangun pagi dengan segar dan full semangat.
Ada kalanya saat bangun tidur, badan malah terasa lemas dan tidak bersemangat. Padahal hari masih pagi, lho, yang berarti masih ada berjam-jam kedepan dengan segala aktivitas yang harus dilalui. Jika Anda salah satunya, berarti Anda harus mengevaluasi kembali kegiatan baik sebelum maupun setelah tidur.
Ternyata, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memulai hari dengan semangat tinggi. Tidak perlu melakukan aktivits berat. Yang ringan-ringan saja, yang nantinya bisa Anda jadikan rutinitas keseharian. Apa saja, sih?! Yuk, disimak!

1.        Cukup Tidur
Seperti yang kita semua tahu, secara teori tidur yang ideal selama 8 jam. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang dapat menerapkan durasi tidur selama itu. Sebagai seorang dewasa, banyak hal yang harus Anda lakukan. Baik itu kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan di kantor, di lingkungan tempat tinggal, atau juga kegiatan di dalam rumah sendiri. Bisa tidur 4 sampai 5 jam saja sudah bersyukur.
Jika Anda menjalani hal semacam ini, salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan meningkatkan kualitas tidur. Tidak lagi berpetokan dengan kuantitas tidur. Dengan meningkatkan kualitas tidur, Anda dapat menghilangkan rasa lelah yang ada dan bangun dengan segar. Cara meningkatkan kualitas tidur pernah saya bahas di postingan sebelumnya. [cek di sini]

2.        Bangun pagi
Bangun pagi baik untuk kesehatan Anda. Saat pagi, Anda dapat menghirup udara yang masih bersih dan kaya oksigen. Ini baik untuk pernafasan dan juga kerja otak. Udara segar di pagi hari juga dapat membangkitkan semangat, lho.
Dengan bangun pagi, Anda juga akan punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum beraktivitas. Dengan demikian Anda tidak perlu terburu-buru. Karena terburu-buru dpat membuat Anda tidak fokus, dan ini dapat membuat suasana hati menjadi tidak nyaman. Akibatnya, semangat Anda akan berkurang. Untuk sebagian orang, mungkin ini tergolong sesuatu yang sulit dan harus diperjuangkan. Namun dengan membiasakan diri, Saya yakin Anda pasti bisa melakukannya.

3.        Beribadah, berdo’a dan bersyukur
Ini merupakan kegiatan spiritual yang rutin dilaksanakan setelah bangun tidur. Berdo’a sebagai bentuk rasa terimakasih karena Alloh masih memberikan kesempatan untuk kembali hidup di hari yang baru. Melaksanakan sholat Fajar lalu sholat Subuh dua rekaat yang nilai kebaikannya melebihi dunia dan seisinya. Dilanjutkan denagan tilawah Al Qur'an, lalu membaca do'a Alma'tsurat pagi. InsyaAlloh Anda akan merasa lebih tenang dan lebih siap mengawali hari dengan semangat.

4.        Olah raga
Berolah raga selama 30 menit setiap hari akan membuat tubuh Anda bugar. Otot-otot akan meregang dan tubuh siap diajak beraktivitas. Peredaran darah dalam tubuh Anda menjadi lancar hingga Anda akan merasakan segar. Kalau sudah begini, pikiran pun menjadi fresh. Anda akan lebih bersamangat menyambut hari.
Berolahraga rutin tidak harus melakukan gerakan yang berat. Kalau memang Anda tidak punya banyak waktu, cukup lakukan gerakan yoga, atau jogging keliling komplek sudah cukup untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk beraktivitas.

5.        Mandi dengan air dingin
Mandi dengan air dingin di pagi hari?! Huahaha ... Ada beberapa orang yang justru menghindarinya. Dingin, katanya. Tapi kalau saya sih bukan merasakan dingin tapi segar, hehe ^^
Mandi dengan air dingin akan memberikan sensasi tersendiri. Saat dinginnya air menyentuh kulit, Anda akan merasakan kesegaran menyelip di antara kulit pori. Rasa kantuk dan malas akan hilang. Anda akan merasa segar dan siap beraktivitas.

6.        Pakaian warna warni
Percaya atau tidak, warna dapat memberikan pengaruh secara psikologi terhadap emosi. Sebagai contoh adalah warna merah yang memiliki arti semangat dan motivasi yang tinggi, warna biru yang melambangkan pikiran yang jernih, hijau yang memberikan rasa tenang dan rileks, dll.
Bagi perempuan, tentu pakaian warna warni bukan sesuatu yang baru, ya. Anda bisa memadu padankan warna dan corak sesuai dengan selera Anda. Yang penting padu padan Anda menghasilkan sesuatu dapat meningkatkan percaya diri. Bukan malah membuat diri Anda merasa aneh karena padu padan yang salah, hehe ^^ 

7.        Sarapan buah dan sayur
Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi. Ini akan menjaga tubuh Anda tetap bugar meski beraktivitas seharian. Sarapan buah dan sayur juga tidak akan membuat Anda terlalu kenyang di pagi hari. Ini dapat menghindarkan Anda dari kantuk karena kekenyangan, haha :D :D
Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup. Air akan membantu metabolisme tubuh dan menghindarkan Anda dari dehidrasi.

8.        Jadwal kegiatan
Bagi saya, ini sesuatu yang penting. Jadwal kegiatan akan membantu saya fokus terhadap apa yang akan dan harus saya lakukan seharian itu. Anda juga dapat membuatnya setiap sebelum tidur. Sehingga saat bangun pagi, Anda dapat langsung melihat catatan harian. 
Jadwal kegiatan memiliki banyak manfaat. Selain membantu Anda dari lupa, ini juga dapat membantu Anda untuk time manajemen. Anda juga dapat memiliki bayangan apa yang akan Anda kerjakan dan mampu fokus. Ini dapat membuat semangat Anda meningkat ^^

9.        Sapa dan senyum
Ternyata, senyuman dapat mendatangkan aura positif baik bagi diri Anda sendiri ataupun orang lain. Saat tersenyum, Anda akan merasakan perasaan gembira di dalam hati. Dan saat Anda tersenyum kepada orang lain, secara tidak langsung, Anda telah membawa atmosfir yang menyenangkan di sekitar Anda. Apalagi jika Anda juga membiasakan menyapa orang-orang yang Anda temui. Tidak perlu ngobrol panjang lebar. Cukup dengan menyapa selamat pagi yang disertai senyuman, tentu akan membuat pagi Anda jauh lebih menyenangkan ^^

10.    Optimis dan berpikir positif
Selalu bersikap optimis dan berpikiran positif dapat membuat Anda lebih bersemangat di pagi hari. Sekarang bayangkan kalau Anda selalu merasa psimis setiap bangun pagi. Tidak ada semangat sama sekali dan selalu memikirkan hal-hal yang buruk yang kemungkinan terjadi seharian nanti. Itu baru kemungkinan, lho. Belum tentu benar-benar terjadi, tapi Anda sudah membayangkan yang buruk-buruk. Kebayang nggak sih betapa jadi susahnya hidup Anda. Karenanya bersikap optimis dan berpikir positif itu perlu agar Anda dapat semangat seharian ^^

      Nah, ternyata tidak susahkan untuk memunculkan semangat di pagi hari. Tidak perlu melakukan hal yang berat-berat. Cukup dengan melakukan hal-hal ringan yang dapat terus menerus Anda lakukan. Yuk, semangat! Agar hari Anda semakin hebat! :D :D



Related Post :

25 komentar:

  1. Poin pertama yang gagal aku lakukan hari ini mak, belum tidur dari tadi malem. Sekarang lemes banget, besok jangan kayak gini lagi ah biar bisa semangat. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Jaga kesehatan. Salah satunya dengan istirahat yang cukup ^^

      Hapus
  2. Setuju deh, kurang tidur itu bikin mood jelek saat bangun pagi, hiks...
    Makasih tips nya, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tidur juga bisa bikin nggak bisa mikir, Mbak ^^

      Hapus
  3. yg paling aku susah...cukup tidur dan sarapan buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak suka buah kah, Bu Agustina?

      Hapus
  4. Tempatku dingin, Mbak
    aku mandinya pakai air hangat terus, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh ... Yang penting tetap semangat, ya, Mak Witri ^^

      Hapus
  5. Aku setuju sama sarapan dengan buah dan sayur. Aku kalau makan karbo pagi - pagi malah ngantuk. COba pakai campur buah dan oatmeal malah energinya meluap - lupa. ^^



    vinasaysbeauty.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, masukan yang bagus. Terimakasih, Mbak ^^

      Hapus
  6. tips yang bermanfaat biar semangat lagi ^^^

    BalasHapus
  7. Point pertama dan empat. Seringnya gagal :( kalau udah ngedrop, baru tahu akibatnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai nge drop, Mbak. Semoga sehat selalu ^^

      Hapus
  8. kurang tidur..dan ngantuk emang ga..bikin semangat pagi hari.. loyo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Sisakan sedikit waktu untuk istirahat. Jangan sampai sakit, ya ^^

      Hapus
  9. nomer terakhir tuh yang kadang susah dilakukan, karena pas berangkat dah ngebayangin kerjaan kantor yang numpouk hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ... Jangan dibayangin, Mbak. Disikat aja! Bereskan! :D :D

      Hapus
  10. Cukup tidur dan olahraga nih yg sering kelewaaaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Rata-rata itu yangbanyak dilewatkan ^^

      Hapus
  11. mantep nih tipsnya... lgsng menuju artikel yg tentang kualitas tidur ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Semoga bermanfaat ^^

      Hapus
  12. Nomor satu yg susah, krn pas anak2 bobo malam aku kerja. Pas anak bangun kuusahakan main ma anak hehe. Bt Tx tipsnya :D

    keluargahamsa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh ... Berarti perlu diatur ulang ^^

      Hapus
  13. Saya gak bisa yang no 5 itu mba.. Mesti pagi2 mandi air hangat. Sore pun gitu. Suka flu kalau kena air dingin. hahaha

    Mix and match outfit dan pakai aksesoris warna/i juga bisa jadi mood booster walau kurang tidur. ^^

    www.theamazingjasmi.com

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar