Jumat, 19 Februari 2016

Menyambut Era Digital Bersama Indosat Ooredoo



Dunia akan tetap berubah, dengan atau tanpamu

~Alexander Rusli _ CEO Indosat Ooredoo~

Perkembangan teknologi terus melaju pesat. Tak dapat dipungkiri, internet telah membawa banyak perubahan terutama dalam hal gaya hidup manusia. Bagaimana tidak, internet telah menghancurkan batas-batas antar negara, jarak beribu kilo meter kini terasa hanya sejengkal, waktu yang terasa begitu lama kini hanya sekedipan mata. 
Karenanya, tidak berlebihan atas apa yang diungkapkan oleh CEO Indosat Ooredoo, bahwa manusia harus siap untuk menghadapinya dan menyesuaikan dengan berbagai perubahan sebagai dampak dari pesatnya teknologi. Dunia akan tetap berubah, baik manusia itu siap atau tidak. Bagi yang tidak dapat menyesuaikan dengan perubahan, maka dia akan tertinggal. Sedangkan bagi mereka yang telah siap, banyak manfaat yang akan diterima. Dia akan dengan mudah menyesuaikan dengan perubahan hidupnya menjadi lebih mudah dan cepat.  
Dalam rangka itu pula, pada hari Jum’at tanggal 19 Februari 2016, Indosat Ooredoo mengadakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema Blog Conference di Auditorium UNS. Pada kesempatan ini, Alexander Rusli membeberkan betapa banyak penduduk Indonesia yang menggunakan fasilitas internet, baik untuk urusan bisnis, pendidikan, transaksi perbankan, atau hanya sekedar chit chat dengan teman jauh, dan masih banyak aktivitas lain. Menurut Alexander, yang juga pernah menjadi dosen di Australia, anak muda Indonesia dapat mengoptimalkan peran dunia digital untuk hal-hak yang positif. Dalam hal ini Indosat Ooredoo, sebagai salah satu provider terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan membawa manfaat dunia digital yang semakin besar kepada masyarakat, termasuk dunia kampus. Ini sesuai dengan nama terakhir Indosat yaitu Ooredoo, yang ternyata diambil dari bahasa arab yang berarti aku ingin. Dalam artian, Indosat Ooredoo ingin memfasilitasi segala keinginan para pengguna internet.
Salah satu komitmen yang dimiliki Indosat Ooredoo adalah menciptakan lingkungan pendidikan yang memanfaatkan dunia digital. Diharapkan dengan adanya peran serta Indosat Ooredoo di dunia pendidikan dapat membantu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan itu sendiri bagi generasi muda Indonesia. Tujuan akhir dari program ini adalah peningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa tapi juga masyarakat sekitar yang melalui program-program pemberdayaan. Program kerjasama yang telah berjalan diantaranya adalah kerjasama Indosat Ooredoo dengan UNS dalam program Digitalisasi KKN dan Festival Pasar Desa. 



Pada blog Conference ini hadir juga pembicara yang lain yaitu Wahyu Aditya. Beliau adalah founder dari Hellofest dan Hellomotion. Kedua perusahaan animasi ini adalah perusahaan yang bergerak dibidang animasi. Dapat dipastikan adalah perusahaan yang memanfaatkan dunia internet sebagai salah satu fasilitas pendukung. Dalam kesempatan ini, Wahyu memberikan ilmunya kepada para blogger.
Agar menjadi blog yang aduhai, blogger dapat menentukan siapa pembaca yang dibidik dari blognya. Ini akan berhubungan dengan tema blog. Tentukan satu tema agar blog ber-niche. Dengan demikian, akan jelas siapa saja yang akan menjadi pembaca blog. Untuk tema blog yang sesuai dengan passion. Ini akan mempermudah blogger dalam menulis artikel. Blogger dapat memperkaya artikel menjadi lebih bervariasi namun tetap sesuai dengan tema blog. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengubah cara pandang blogger terhadap sebuah tema. Dengan cara pandang yang berbeda akan menghasilkan pemikiran yang berbeda pula. 
Blogger juga harus rajin menulis agar blognya tidak vakum. Menulislah setiap hari walau hanya beberapa jam saja. Yang penting adalah komitmen blogger untuk tetap menulis setiap hari. Blogger juga dapat men-share tulisannya ke publik. Dari sinilah blogger akan bertemu dengan pembaca. Bahkan tak jarang dari pembaca inilah akan muncul pembaca setia atau fans. Blogger harus menjaga dengan baik fans blognya. Bisa jadi para fans inilah yang akan membatu blogger menyebarkan karyanya hingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Ada baiknya jika blogger juga bergabung dengan komunitas blogger. Dari pertemuannya dengan blogger lain akan menambah pengetahuan dan pengalaman untuk memajukan blognya. Saling kritik dan memberi masukan juga diperlukan. Tapi tentu saja kritik yang membangun, ya ^^


Dunia terus akan berubah, manusia siap atau pun tidak. Sisihkan waktu untuk meng-up-grade diri. Karena dunia akan tetap berubah, bersama ataupun tanpamu.

8 komentar:

  1. duh.harus mengapgrade yaa..

    suka deh sama quotesnya..

    BalasHapus
  2. Waaah seru nih sepertinya acaranya.. Mari kita siap-siap berubah menyambut perubahan-perubahan baru yang akan datang. Semangat bloggers!

    BalasHapus
  3. Wah konsisten update blog ini yg blm kulakukan. Kesentil deh hehe :p

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, Mbak. Mencoba mendisiplinkan diri ^^

      Hapus
  4. Balasan
    1. Nggak masalah, Mbak. Yang penting di-up-date terus ^^

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar