Kamis, 02 Oktober 2014

MEMULAI BISNIS DENGAN PERENCANAAN MANIS



Semakin hari kebutuhan manusia semakin meningkat. Di sisi lain banyak hal yang menyebabkan harga kebutuhan tersebut semakin mahal. Karenanya banyak orang yang kini berusaha membuka bisnis untuk menunjang keuangannya.
Memulai sebuah bisnis tidaklah sesulit yang dibayangkan, asalkan tahu trik-triknya maka planing bisnis anda dapat segera terwujud. Seorang financial planer, Rina Dewi Lina, mengatakan untuk memulai sebuah bisnis seseorang bisa memulai dari 5W+1H.

1.      What.
     Ini meliputi jenis usaha yang akan dirintis. Seseorang harus tahu betul bidang usahanya. Bahkan diharapkan dia adalah expert di bidang tersebut. Sehingga bila ada konsumen ataupun klient yang bertanya dan meminta penjelasan tentang produk bisnisnya dia dapat menjelaskannya dengan baik dan menarik.

2.      Why.
     Ini adalah alasan seseorang memilih untuk terjun memulai bisnis tersebut. Harus ada alasan kuat yang melatar belakanginya. Bahkan kalau perlu didukung dengan hasil analisa dan data.

3.      Who.
   Ini berhubungan dengan siapa yang akan menjalankan bisnis tersebut. Dari awal harus sudah ditentukan orang-orang yang terlibat di dalamnya, termasuk juga tugas tiap personelnya.

4.      When.
   Ini berkenaan dengan waktu dimulainya bisnis. Seseorang harus dapat merencanakan dengan tepat hari, bulan, dan tahun bisnis dimulai. Tidak ada kata menunda. 

5.      Where.
   Ini berhubungan dengan pemilihan lokasi bisnis yang akan dijalankan, baik secara online maupun offline. Seseorang dapat memulai bisnis dengan membuka show room kecil-kecilan di rumah, dapat juga membeli kios, atau menyewa toko, dll. Ini sangat penting. Tempat yang strategis sangat menunjang kesuksesan bisnis. Karena secara tidak langsung, posisi terkadang juga menentukan banyak sedikitnya pelanggan yang datang.

6.      How.
  Ini berkenaan dengan cara kerja bisnis yang dijalankan. Mulai dari persiapannya, modal yang diperlukan, peralatan pendukung serta proses pemasarannya.

Dalam menjalankan bisnis, seseorang juga harus merancang strategi bisnisnya agar bisnis dapat berkembang dengan baik. Selain itu perlu diatur juga sumber daya manusia yang terlibat dalam bisnis serta manajemen keuangan perusahaan. Untuk yang terakhir ini, haruslah dipisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis. Kegunaannya adalah untuk mengetahui besaran keuntungan ataupun kerugian yang dialami selama bisnis berjalan. Selain pemisahan tadi, yang juga harus diperhatikan dalam manajemen keuangan bisnis adalah pemantauan pos-pos pengeluaran. Yaitu adanya pemisahan antara modal awal, biaya operasional, serta keuntungan.
Anda juga dapat menggaji diri sendiri, lho. Gaji yang anda dapatkan diambil dari keuntungan bisnis yang anda jalankan. Karena di sini anda memiliki peran ganda, sebagai owner sekaligus sebagai pegawai. Gaji anda termasuk dalam fixed cost. Dengan sistem seperti ini, anda sebagai seorang pengusaha akan memiliki target panjualan sendiri. Tentunya anda menginginkan penjualan yang besar setiap bulannya, bukan. Sehingga nantinya anda bukan hanya dapat menggaji diri anda tapi juga masih ada sisa yang dapat anda simpan sebagai keuntungan. Keuntungan setiap bulan dapat anda kumpulkan hingga nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kedepannya.
Oke kan tipsnya. Selamat memulai bisnis anda, ya :D



Related Post :

14 komentar:

  1. Balasan
    1. Yup, selamat mencoba 5H + 1H nya, ya. Salam kenal juga :D

      Hapus
  2. Bisnis, masih sebatas angan..padahal pengin punya bisnis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Sama. Ini aku juga sedang belajar berbisnis meski kecil-kecilan. Siapa tahu one day bisa tumbuh dan berkembang :D :D

      Hapus
  3. Ini kesalahanku pas punya OS dulu, gak diplanning dengan baik. Sekarang mau mulai lagi, masih repot sama anak2. Moga kpn2 bisa bikin yg lbh baik TFS ya Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lekas terlaksana, ya, Mbak ^^

      Hapus
  4. Kekurangan Uti ada diperencanaan strategi bisnis.. Mengalir gitu aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, Uti! Tidak ada kata terlambat ^^

      Hapus
  5. wah, ternyata bisnis itu seperti nulis yaa, harus punya ilmu 5w + 1h

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, agar bisa fokus dan terencana dengan baik ^^

      Hapus
  6. Tentang bisnis yang rencananya banyak tak satupun terlaksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, Bu Ima! Eksekusi satu per satu ^^

      Hapus
  7. catet nih, 5w1H ala bisnis

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar