Kamis, 22 Mei 2014

AKU ANAK SEHAT BERPRESTASI HEBAT


Rabu, 21 Mei 2014, Ibu Ibu Doyan Nulis Solo (IIDN Solo) mendapat undangan spesial dari Tupperware. Acara yang diselenggarakan di Gedung Batari, Slemet Riyadi, Solo, adalah dalam rangka acara konferensi perss program Tupperware untuk anak Indonesia, yaitu Aku Anak Sehat (AAS) bersama Tupperware. Program ini telah berjalan selama 7 tahun dan telah menjangkau 1.855 sekolahan, 200.000 murid dan 300.000 guru Sekolah Dasar. Dengan diselenggarakannya program ini, Tupperware ingin mengukuhkan kepeduliannya terhadap anak-anak Indonesia.
Acara ini dihadiri oleh Umayanti Utami selaku Public Relation & Marketing Communication Manager PT. Tupperware, serta pakar pendidikan dan anak sekaligus psikolog Dr. Rose Mini A. P.M.Psi


Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah Membangun Karakter Hidup Bersih, Sehat, dan Mandiri. Sasaran program ini adalah anak-anak usia sekolah, karena pada masa-masa ini anak sangat rentan terhadap masalah kesehatan. Kemandirian dan kebiasaan anak untuk selalu hidup sehat yang belum terbentuk mempengaruhi taraf kesehatannya. Padahal aspek kesehatan inilah yang berperan dalam pencapaian prestasi anak. Anak yang sering sakit-sakitan, tentu akan sulit menerima pelajaran dengan baik. Apalagi jika anak sampai sering tidak masuk karena alasan sakit, tentu pejarannya akan tertinggal.
Orang tua dan lingkungan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter hidup bersih, sehat dan mandiri pada anak. Pengarahan dan bimbingan dari orang-orang sekitar sangat di perlukan. Anak suka meniru. Karenanya  hendaklah orang tua dan lingkungan menjadi roll model yang baik bagi anak.
Biasakan anak untuk sarapan sebelum berangkat sekolah. Sarapan akan memberikan asupan energi yang dibutuhkan anak sebelum melakukan aktivitasnya seharian. Tak lupa, ibu membawakan bekal sehat agar anak tidak jajan di luar. Jajanan di luar tidak terjamin kesehatannya, baik dari segi bahan maupun cara pengolahannya. Selain itu, ibu juga dapat mengontrol asupan gizi sesuai dengan kebutuhan anak.
Di sekolah, guru juga memiliki peran dalam membiasakan hidup sehat kepada murid-muridnya. Guru dapat memberikan contoh dengan membawa bekal ke sekolah dan menjelaskan pentingnya membawa bekal makanan yang sehat. Guru juga dapat membuat program bagi murid-muridnya untuk membiasakan mencuci tangan sebelum makan, dan membuang sampah pada tempatnya. Diharapkan dengan adanya pembiasaan ini, anak dapat menjaga kesehatannya sendiri serta kesehatan lingkungan di sekitarnya.
Butuh ilmu dan ketelatenan dalam mendisiplinkan anak untuk hidup sehat. Mulailah dari diri kita sendiri, lalu tularkan kepada anak-anak kita ... gaya hidup sehat. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar