Minggu, 18 April 2021

5 Serial TV Favorit yang Sukses Membuatku Tak Bisa Berpaling dari Layar Kaca


Sedari kecil saya tidak dibiasakan nonton televisi. Kebiasaan itu terpelihara hingga sekarang. Buatku, menonton televisi itu bukan untuk mengisi waktu luang, apalagi hobi. Kalau tidak ada tontonan yang benar-benar menarik buatku, lebih baik televisi dimatikan.

Memang, masing-masing orang memiliki pengalaman sendiri terhadap kotak ajaib itu. Di satu sisi, ada beberapa orang yang tidak punya televisi. Di sisi lain, sangat selektif memilik tontonan di televisi. Namun ada juga yang hidupnya tidak bisa lepas dari televisi.

Saya termasuk orang yang berada di tengah. Meski jarang, bukan berarti saya tidak pernah sama sekali menonton televisi. Sesekali saya tetap melihat film atau serial. Apalagi saat saya butuh mencari ide untuk tulisan, terutama tulisan fiksi.

 


Baca juga >>> Tips Agar Perempuan Selalu Bahagia ala Indah Ederra 

 

Ritual Sebelum Nonton Televisi

Saya punya jadwal menonton televisi dan biasanya malam hari. Misal nih seperti Bioskop Tr***tv menghadirkan film mancanegara berkualitas. Kalau memang saat itu film yang ditayangkan masuk dalam kriteriaku, saya akan nonton. Namun kalau tidak ada, lebih baik saya lewatkan.

Berhubung saya nonton televisinya malam hari, dimana kondisi tubuh sudah minta istirahat dan mata tinggal sisa beberapa watt, biasanya saya mengkondisikan tubuh senyaman mungkin. Semacam ada ritual sebelum nonton televisi, gitu.

  • Bersih-bersih diri.

Tidak jarang setelah atau malah saat menonton televisi saya tertidur, hihi. Ada yang juga seperti saya? Sepertinya tidak sedikit yang seperti ini, ya. Karenanya, saya bersih-bersih diri dulu sebelum nonton. Padahal cuman di rumah aja. Etapi dari pada nanti keburu mager, lebih baik saya gosok gigi dan pakai skincare malam dulu. Barulah leyeh-leyeh sambal nonton televisi, haha.

  • Ganti baju tidur.

Kalau sudah bersih-bersih diri, lanjut ganti baju tidur sekalian. Biar nyaman aja, sih. Lagi-lagi untuk berjaga kalau tetiba saya terlelap saat nonton televisi. Yang ada bukan saya yang nonton televisi, tapi sebaliknya, saya yang ditonton televisi, haha.

  • Gelar karpet, bantal, dan guling.

Saya biasa nonton televisi di ruang tengah. Meski ada kursi, saya lebih memilih lesehan. Karenanya, saya lebih suka menggelar karpet. Kalau sudah begitu, tinggal angkut bantal, guling, dan selimut, haha. Duh, pokoknya nyaman banget, deh!

  • Siapkan minum.

Terkadang kalau sedang berkegiatan saya lupa minum. Jangan ditiru, ya. Itu sebabnya saya sering membawa botol minum kemana-mana. Biar ingat minum. Minum air, terutama air putih itu penting. Minimal 2 liter per hari. Jangan sampai tubuh dehidrasi, ya.

  • Kondisikan penerangan.

Biasanya saya mematikan lampu utama lalu menggantinya dengan yang lebih redup. Ini sih biar situasinya jadi ala-ala bioskop. Kan asyik, tuh. Remang-remang, gitu, hihi.



Baca juga >>> 5 Manfaat Kalender yang Harus Anda Tahu

 

Ini dia 5 Serial TV Favoritku

Saya punya beberapa serial televisi favorit. Rata-rata sih itu serial yang tayang sudah lama, yang tayang sekitar tahun 90an hingga 2000an. Kalau yang sekarang, saya tidak mengikuti serial apapun. Itu karena saya hampir tidak nonton televisi, kecuali berita pagi.

Meski serial lama, tapi alur cerita dan para pemainnya membekas sekali di memoriku. Saya punya beberapa serial tersebut dalam bentuk VCD ataupun DVD. Astaga! Zaman now, dua benda ini mungkin sudah masuk di jajaran benda bersejarah, ya. Perlu dipelihara dengan baik, haha.

Okay, ini dia 5 serial televisi favoritku. Siapa tahu Anda juga salah satu penggemarnya …

  • The X-Files.

Ini adalah serial terfavoritku sedari kecil. Penayangan The X-Files di Indonesia tuh termasuk lama. Mulai tayang perdana tahun 1998 sampai tayang terakhir tahun 2018.

The X-Files berkisah tentang dua agen FBI, Fox Mulder yang diperankan oleh David Duchovny dan Dana Scully yang diperankan oleh Gillian Anderson. Meski tokoh utamanya adalah agen FBI tapi jangan berharap kasus yang mereka tangani adalah kasus kejahatan seperti biasanya, ya. Mereka justru lebih banyak menangani kasus semacam konspirasi gitu.

Fox Mulder sangat percaya dengan adanya alien dan segala macam konspirasi di dunia ini. Sedangkan Scully yang punya latar belakang medis justru lebih skeptis. Saat menangani sebuah kasus, tak jarang mereka berbeda pendapat. Seiring berjalannya waktu, Scully mulai terpengaruh pemikiran Mulder.

Menurut beberapa sumber, serial yang diciptakan oleh Chris Carter ini memiliki total 11 season dengan 218 episode. Selain itu, serial The X-Files ini menduduki peringkat kedua setelah Star Trek, dalam daftar Top 30 Cult Show Ever versi TV Guide.

 


  • Ally McBeal.

Pertama tayang tahun 1997. Serial televisi yang dibintangi oleh Calista Flockhart sebagai Ally McBeal ini menarik perhatianku karena memiliki berlatar tema tentang hokum. Perpaduan dunia para pengacara, muda, energik, ambisius, dan yang pasti serius, dengan sisi komedi yang menghibur.

Menurutku sosok Ally McBeal ini menarik. Di satu sisi dia pengacara yang tegas, cerdas, tapi di sisi lain dia kekanakkan, imut, lucu. Melihat serial ini saya jadi banyak tahu realita dunia hukum dengan berbagai macam karakter manusia.

 


  • Buffy The Vampire Slayer.

Kisah tentang vampir itu banyak versinya dan selalu menarik untuk dinikmati, ya. Yang satu ini, Buffy The Vampire Slayer, mengisahkan tentang remaja bernama Buffy Anne Summers yang diperankan oleh Sarah Michelle Gellar. Dia dibantu oleh teman-temannya dalam memberantas vampir yang ada di sekitarnya. Cerita ini menjadi menarik, tidak begitu menegangkan buatku karena berbalut dunia remaja dan kehidupan anak SMU.



  • Smallville.

Siapa yang tidak kenal Superman? Bagi saya serial Smallville ini yang paling menarik. Biasanya Supermen langsung memiliki alur lebih dewasa, tapi yang ini menceritakan kehidupan Clark saat masih SMU, awal-awal saat dia menjadi Superman. Lagi-lagi kehidupan anak SMU menjadi latar cerita ini meski setelah beberapa musim penayangan kisahnya menjadi lebih dewasa. Tepatnya saat Clark berkarir di Daily Planet bersama Lois. Di sini, Clark Kent yang diperankan oleh Tom Willing juga tidak banyak memamerkan seragam kebesarannya yang berwarna biru merah dengan kain berkibar di bagian belakang, tapi lebih banyak berperan sebagai Man of Steel.



  • Heroes.

Heroes adalah kumpulan beberapa orang yang dikarunia kemampuan luar biasa. Ada yang bisa terbang, melintasi waktu, mendengarkan suara yang tidak biasa, mempengaruhi pikiran, kemampuan regenerasi yang super cepat, dan masih banyak kemampuan super lainnya. Para tokoh di Heroes ini juga beragam, mulai dari anak sampai dewasa. Mereka juga memiliki berbagai latar belakang profesi dari pelajar, politikus, ilmuwan, sampai polisi. Menurutku, inilah salah satu hal yang menjadikan serial ini menjadi tidak membosankan.

Awalnya para tokoh di Heroes ini berdiri sendiri, tapi satu per satu masalah yang datang mempertemukan mereka. Sempat mereka terpecah menjadi dua kubu yang berseberangan hingga terjadi pertempuran dengan menggunakan kekuatan masing-masing. Namun ending-nya mereka menyadari keberadaan mereka untuk menolong satu sama lain.



Baca juga >>> Atasi Pneumonia pada Anak dengan Gerakan STOP Penumonia

 

Nah, itu tadi beberapa serial televisi favoritku. Meski serial lama, tapi kisah mereka sangat berkesan hingga sekarang. Anda pasti juga punya serial televisi favorit, bukan? Yuk, share! Serial televisi apa saja, sih, yang Anda suka?  

 



~ Hana Aina ~

  

Baca juga, ya ...

24 komentar:

  1. jaman awal2 heroes aku suka ngikutin mbaaaaa. Oh iyaa ini bioskop tr****tv, bapak mertua aku juga suka mbaaa. film2nya seru2 sih yaa

    BalasHapus
  2. Beberapa judul aku pernah nonton mba...tapi nggak trus ngikutin terus. Jaman aku lagi hobi2nya nonton tv (smp-sma) aku liatnya Friday the 13, Dawson creek. Selain itu..jaman kuliah aku malah nontonnya telenovela sama sinetron Indonesia..ha..ha. sekarang? Nggak ada satupun serial yang aku liat. Lha tv di rumah, banyak anakku yang memang remot. Spongebob, Upin Ipin, gitu aja setiap hari. Klo pas lagi pengen nonton tv, aku liat nya berita doang...

    BalasHapus
  3. wah ada ritual sebelum nonton TV series ya, kalo aku jaman masih SMP ngikutin Dawson Creek sama The gilmore girls, inget banget deh sampai berebutan remote tv hahah

    BalasHapus
  4. Hhhaaaa, aku banget kalo mo nonton serial favorit, suka siap2 ada ritualnya kek point2 di atas. Dibikin senyamman mungkin biar betaah, plus ceilan ditangan bikin mager dan leyeh2. Remote tak umpetiinn

    BalasHapus
  5. Tambahin mbak, Dawson's Creek hehehe :) Aku demen banget nonton serial itu hahaha :) Ritualnya bener2 kudu resik ya persiapan nonton memanjakan diri. Mantap banget mbak hehehe :)

    BalasHapus
  6. Kayaknya kita seumuran deh..tontonan kita sama hahaha. Aku paling suka serial TV di list ini bahkan nunggu harinya. Sampai kini pun suka serial daripada film lepas. Tapi kini nontonnya dah per season ga nunggu lagi karena alasan waktu. Jadi kalau di Disney Hotstar atau aplikasi lain ada serial langsung deh nonton 1 season meski ga maraton ya, jadi segera tahu akhirnya haha

    BalasHapus
  7. hihihi sama nih mbak, sering tertidur sementara TV masih menyala, jadinya bukan nonton tv, tapi malah di tonton tv.

    Berhubung punya anak kecil, jadi tontonan setianya adalah Upin Ipin, entahlah walau diulang-ulang aja dan dia udah tahu ceritanya, tetap si bocah nggak bosan

    BalasHapus
  8. Ritual kita sama Mbak.. ganti baju tidur, ambil bantal guling, gelar di depan tv. Mantap deh nontonnya sambil pewe pisan yak. hahhaha.

    BalasHapus
  9. Ritual jelang nonton serial televisinya banyak banget nih.. terbukti banget anak nonton sejati, semua dipersiapkan dengan sangat baik, jadi nontonnya lebih khusuk ya mbak hihi

    BalasHapus
  10. Wah genre drama holiwud yang kamu suka tu setema gtu ya mbak, ada pahlawan2nya dan kasus yg mesti diselesaikan. X files dah lama banget tu sejak aku cilik udah ada, tapi kalau ditonton skrng jg msh okelah hehe
    Kok cuma siapin minum mbak? gak sekalian nyiapin cemilan? hehe

    BalasHapus
  11. Alamaak.. aku belum pernah nonton itu semua. Apalagi yang Buffy The Vampire Slayer. Seru nih, karena berlatar belakang anak-anak SMU mainnya. Jadi meski mengisahkan vampir enggak begitu horor, ya.

    BalasHapus
  12. Asik nih ritual jelang nonton TV, aku gak ada ritual gitu. Untuk film serial yang ditulis itu pernah nonton juga. Kalo film serial kesukaan ada banyak, hahahaa. Karena aku suka nonton film bahkan sampai ke bioskop. Tapi sejak pandemi aku memilih nonton di channel film aja

    BalasHapus
  13. Mbak, kita pasti seumuran nih. Ini semua serial favoritku juga zaman SMA - kuliah. Ditambah Gilmore Girls, Dawson's Creek, Charmed dan banyaaaaak lagi. Dari 5 ini yang paling aku suka Ally McBeal yang sempat bikin pengen kuliah hukum tapi nggak jadi karena takut disuruh ngapalin KUHP hahaha.

    BalasHapus
  14. wah serial TV jadul tapi kece kece semua iniiiii.. hehe. Kalo udah nonton serial TV favorit emang susah teralihkan yaaa

    BalasHapus
  15. Meskipun orang rumah termasuk kaum suka tivi..tapi aku sendiri arang nonton tivi seringnya malah dengerin tivi haha.. Kalo acara favorit yang bikin ngakak-ngakak aja deh kayak OVJ gitu wkwkwk..Receh banget ya

    BalasHapus
  16. X-Files ini aku nonton gak boleh ketinggalan dan emang jadi favorit banget sih serial ini. Ini ya kalau anak sekarang dikasih tau pasti pada bingung deh. Kalau Ally McBeal suka juga tapi gak sebegitu antusias kayak nungguin X-Files.

    BalasHapus
  17. wah iya aku suka banget nonton Buffy dan Heroes, Ally McBeal juga
    seru sekali pilihan tontonanya mbak.banyak juga ya serial tv yg menarik untuk ditonton

    BalasHapus
  18. Eyaampun, ini sih tontonannya aku semua deh. Btw, usia mbak Hana berapa? Kok biss seneng tayangan jadul zamsn aku 😃

    BalasHapus
  19. Belum ada yang pernah saya tonton nih serial televisi di atas. Asyik ya mbak kalau nonton dan sudah dalam posisi nyaman. Gak kepikir sama hal lain deh jadinya

    BalasHapus
  20. Huhu serial TV mba Hana sama sekali aku ga pernah nonton
    Kalau pernah hanya sekilas karena memang ada perbedaan genre
    Namun apapun itu jangan sampai bikin kendor nulis

    BalasHapus
  21. Seru seru banget serial favoritnya... Ga ada roman atau apa gitu yang ringan. Tapi keren sih ulasannya dan jadi kebayang karakternya

    BalasHapus
  22. Tontonan kita kok sama ya, heheh. Mulai The X Files, Ally Mcbeal, sama Smallville. Dulu telaten banget nonton begini. Sekarang kalau ada waktu luang milih tidur. Faktor U kali yak.

    BalasHapus
  23. Waah...bener, kak.
    ini serial TV zaman kakak aku. Aku inget nonton bareng The X-Files. Dari yang awalnya mereka murni kerja, sampek akhirnya jatuh cintrong. Hihii...

    BalasHapus
  24. Aku jarang nonton TV serialnya gak tahu aku itu, pernah dulu zaman SD ada serial di TV abis kartun lupa deh judulnya, suka nontonnya

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar