Rabu, 01 April 2015

JUSE BERSAMA DKK SURAKARTA


Spanduk selamat datang bagi peserta JuSe

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat adalah dengan mengadakan kegiatan pemeriksaan dan penyuluhan perilaku hidup sehat. Tak dapat dipungkiri, melakukan tindakan pencegahan adalah hal yang dilakukan untuk menghindari munculnya berbagai macam penyakit
Salah satu yang harus selalu menjadi perhatian saat musim hujan tiba adalah datangnya wabah penyakit. Apalagi jika masyarakat kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. Penyakit akan mudah sekali timbul dan menyebar. Bahkan dapat menjadi kejadian luar biasa atau KLB. Salah satu penyakit yang sering dikategorikan KLB adalah demam berdarah. 
Untuk mencegah terjadinya KLB demam berdarah, khususnya di daerah kecamatan Laweyan, UPT Puskesmas Purwosari bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta mengadakan acara Juse atau Jum'at Sehat. Acara yang rutin diselenggarakana pada minggu ke-2 dan ke-4 ini didukung pula oleh sarana kesehatan baik rumah sakit dan klinik yang bertempat di kecamatan Laweyan, seperti Rumah Sakit Kasih Ibu, Rumah Sakit Panti Waluyo, dan Klinik Utama Sri Murti Husada. 
Acara yang diselenggarakan pada hari Jum'at tanggal 27 Maret 2015 ini salah satunya adalah dengan meningkatkan peran serta masyarakat melalui kader kesehatan yaitu berupa relawan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Para relawan berjalan mengelilingi kampung, lalu masuk satu persatu rumah untuk mengadakan pengecekan terhadap jentik-jetik nyamuk. Nyamuk Aedes Aegypti sebagai pembawa penyakit demam berdarah senang bertelur pada genangan air yang jernih. Dengan bermodalkan senter, para relawan melakukan pengecekan ada tidaknya jentik nyamuk pada tempat-tempat penyimpanan air, salah satunya adalah bak mandi.  

Pemeriksaan bak penampungan air oleh relawan
Selain penampungan air, bak mandi pun juga diperiksa

      Selain pemeriksaan ada tidaknya jentik nyamuk, acara ini juga berupaya meningkatkan Perilaku Hidup Sehat (PHBS) dengan Program Tempat Sampah. Tempat sampah yang terkumpul adalah sumbangan dari sarana kesehatan di sekitar Kecamatan Laweyan. Dengan adanya tempat sampah yang akan dibagikan kepada warga diharapkan warga dapat memanfaatkannya dengan baik. Tidak akan ada lagi lingkungan kotor dengan sampah berceceran. Bagaimanapun juga, dengan lingkungan yang bersih akan dapat mencegah munculnya penyakit.

Sarana kebersihan berupa tempat sampah yang akan dibagikan kepada warga sekitar

  
Penyerahan sarana kebersihan oleh Bapak Walikota

Penyerahan sarana kebersihan oleh Bapak Wakil Walikota

  Acara yang juga mengundang UPT Farmasi, UPT Laboratorium, serta Camat dan Lurah sewilayah Kecamatan Laweyan ini, juga dihadiri oleh Bapak Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, dan Wakil Walikota, Ahmad Purnomo. Pada kesempatan ini, selain menyerahkan secara simbolis sarana kebersihan kepada para Kader Kesehatan, Bapak Walikota juga melangsungkan diskusi dan tanya jawab seputar program kesehatan, terutama tentang PKMS dan BPJS. 

Bapak Walikota berbincang dengan warga

    Dari perbincangan di dapatkan informasi, bagi pemegang kertu PKMS di atas usia 45 tahun, pemerintah kini menyediakan pelayanan pengecekan laboratorium 8 macam pemeriksaan. Diantaranya adalah gula darah sewaktu, pemeriksaan kolesterol. asam urat, pemeriksaan ibu hamil, dll. Pemeriksaan laboratorium ini diberikan secara gratis setiap 1 sampai 2 tahun sekali. 
     "Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik program pelayanan kesehatan yang telah disediakan agar dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat itu sendiri," pesan Pak Walikota.

Kegiatan lain saat JuSe : Senam lansia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar