Rabu, 27 April 2016

7 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur



Setelah beraktivitas seharian, Anda pasti membutuhkan istirahat. Istirahat ini menjadi perlu untuk memulihkan kembali energi yang telah terkuras. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk beristirahat. Mulai dari hanya sekedar malas-malasan di sofa, menikmati me time seperti pergi ke spa, melakukan hobi seperti membaca, atau bisa juga dengan tidur. Nah, yang terakhir ini nih istirahat yang paling baik.

Namun ternyata tidur dengan durasi lama bukan jaminan Anda bangun dengan segar bugar. Meski Anda tidur lama, namun jika tidur Anda tidak nyenyak saat bangun pun masih merasa biasa saja. Sebentar-bentar terbangun dari tidur, atau juga tidur dengan sering berguling ke kiri dan ke kanan, bisa menjadi indikasi bahwa Anda tidak nyaman dan tidur Anda tidak nyenyak.
Memiliki kualitas tidur yang baik jauh lebih penting dari pada kuantitas tidur yang lama. Mungkin sesekali pernah Anda tertidur, padahal hanya berapa menit saja, namun tidur Anda begitu lelap sampai-sampai Anda tidak memperdulikan betapa ramainya suasana dan orang-orang di sekitar Anda. Dan ketika bangun Anda merasa jauh lebih segar. Tidur yang seperti ini tentu jauh lebih menyenangkan.
Zaman sekarang, ada beberapa orang yang mengalami gangguan tidur. Gangguan di sini dalam artian tidak bisa tidur dengan nyenyak atau tidak bisa tidur sama sekali hingga menyebabkannya depresi, bahkan harus dibantu dengan obat tidur. Sekedar sharing pengalaman nih, bagaimana agar tidur bisa berkualitas, pulas, dan bangunnya bikin badan segar. 

1.             Bersihkan diri.
Alangkah lebih baiknya jika pergi ke peraduan dalam keadaan bersih. Lebih nyaman rasanya. Mulai dari gosok gigi, membersihkan wajah, sampai mandi kalau perlu, hehe J J Meski ada beberapa orang yang biasa menggosok gigi setelah mandi, namun ada juga yang masih menambahnya dengan menggosok gigi sebelum tidur. Kebiasaan ini dapat mencegah berkembangnya bakteri perusak pada malam hari. Selain itu juga dapat mengurangi bau mulut keesokan harinya.
Demikian pula dengan membersihkan wajah sebelum tidur. Kotoran make up yang menempel seharian pada kulit dapat terangkat hingga bersih. Ini dapat menghilangkan sumbatan pada pori. Ini baik untuk kulit. Kulit dapat kembali bernafas dengan baik. Bagaimanapun juga sel kulit adalah sesuatu yang hidup. Butuh oksigen juga. Dengan membersihkan wajah sebelum tidur memberikan efeknya kulit menjadi lebih cerah karena regenerasinya berjalan dengan baik. Hmm .. ^^
Nah, kalau urusan mandi sebelum tidur, ini pilihan sih, ya. Tergantung cuaca juga sih. Yang penting sudah mandi pagi dan sore, hehe. Tapi kalau cuaca sangat panas sampai terasa gerah dan berkeringat-keringat, saya memilih mandi lagi. Apalagi kalau pakai air hangat. Karena ternyata air hangat dapat membantu melemaskan otot. Setelahnya Anda akan merasakan rilek. Kalau sudah bersih semua begini, tinggal tidur deh. Nyamannyaaa ... :D :D

2.             Bersihkan tempat tidur
Meski sudah Anda bersihkan ketika bangun di pagi hari, ada baiknya tempat tidur kembali dibersihkan saat akan digunakan malam harinya. Tidak ada yang tahu apa yang ada di baliknya ketika Anda tinggal pergi. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda membersihkannya sekali lagi, tata ulang selimut dan bantal. Jangan lupa untuk menepuk-nepuknya agar tetap empuk sehingga nyaman digunakan.

3.             Matikan gadget.
Manusia zaman sekarang memang susah dipisahkan dari gadget. Ini adalah salah satu resiko dari  perkembangan teknologi, katanya. Bisa jadi, setiap saat Anda terus menengok gadget meski terkadang tidak ada tanda-tanda ada pesan masuk. Ini seperti addicted, hehe ^^ Agar hidup Anda sedikit tenang, Anda dapat mematikan gadget sebelum tidur. Tidak hanya sebatas itu. Lupakan sejenak media sosial, film menarik yang selalu diputar mendekati tengah malam, atau juga chit chat gosip malam hari. Jika sudah saatnya beristirahat, lupakan semua. Buatlah diri Anda rilek.

4.             Pasang aroma terapi
Aromaterapi dapat membantu Anda lebih rilek, terutama dari kepenatan pikiran. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan aroma kesukaan Anda. Ada yang suka aroma lavender yang menenangkan, aroma mint yang segar, atau juga citrus. Wujudnya pun bermacam-macam. Ada yang dalam bentuk lilin aroma terapi, atau juga essensial oil. Pilih mana yang manjadi favorit Anda.

5.             Minum air sebelum tidur
Pada umumnya Anda akan tidur pada malam dalam durasi 5-8 jam. Selama itu pula ada kemungkinan Anda bangun atau malah tidak bangun sama sekali. Berarti selama 5-8 jam Anda tidak mendapatkan asupan air. Ini yang akan membuat Anda dehidrasi ketika bangun. Dengan minum air putih sebelum tidur dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi dan menjadikan Anda merasa segar ketika bangun keesokan harinya.

6.             Berdo’a.
Ini penting sebagai pengingat bahwa tidur adalah saat berpisahnya ruh dengan jasad. Beberapa orang tidak pernah bangun lagi setelah tidur. Ih, ngeri ya L L Berdo’a sebelum tidur adalah salah satu bentuk berserah diri kepada Alloh. Begitu pula berdo’a setelah bangun tidur. Ini adalah bentuk syukur kita karena Alloh menghidupkan kita kembali. Jika Anda seorang muslim cobalah untuk melakukan sunah-sunah tidur seperti yang diajarkan oleh Rasululloh. Diawali dengan berwudhu sebelum tidur dan tidur dengan posisi miring ke kanan. Selain membaca do’a sebelum tidur, baca pula ayat kursi, 2 surat terakhir Al Baqoroh, serta 3 surat pendek yang dianjurkan, yaitu An Nash, Al Falaq, dan Al Ikhlas masing-masing sebanyak 3x. Setelah bangun tidur, jangan lupa berdo’a juga, ya ^^

7.             Matikan lampu.
Ini dapat membantu Anda lebih rileks. Tidur dalam keadaan gelap juga dapat meningkatkan sekresi hormon Melatonin. Melatonin sendiri adalah hormon yang berkerja untuk kekebalan tubuh. Hormon ini juga mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Nah, kalau sampai hormon ini tidak bekerja dengan baik, maka efeknya akan sangat merugikan bagi kesehatan kita.

Istirahat terbaik adalah tidur. Apalagi pada malam hari. Jangan sampai kesibukan kita merenggut hak tubuh untuk beristirahat. Bagaimanapun juga segala sesuatu sudah ada porsinya. Dan ketika sesuatu yang berlebihan, tentu tidak baik dampaknya, bukan. Selamat beristirahat ^^


Related Post :

16 komentar:

  1. Jangan lupa matikan TV juga.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Pak ^^

      Salam dari Solo ^^

      Hapus
  2. Waah ini toh cara ningkatin kualitas tidur... pasang aroma terapi gak pernah kepikiran sebelumnya hehehe. Keren kak! ^^

    BalasHapus
  3. wah step2 tidur saya masih salah hehehhee
    di atas kasur masih pegang gadget :D
    salam sehat dan semangat

    BalasHapus
  4. kalo saya jangan ditanya ttg tidur, saya mah tukang tidur hehe... betewe makasih tips nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bersyukur banget itu. Nggak perlu pakai bantuan apa2 bisa tidur nyenyak ^^

      Hapus
  5. Huaaaa, matikan gadget itu yang butuh mikir sampai 5 kali :D
    Tapi sekarang sih Alhamdulillah, udah nggak begitu gadget freak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, Emak! Semangat tidur! :D :D

      Hapus
  6. harus minum dulu ya mbak...kalau aku minumm dulu biasanya nanti kebelet pipis..btw thanks sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak apa, Mbak. Itu bagus. Jadi nggak nahan pipis berjam-jam ^^

      Hapus
  7. Matikan lampu salah satunya biar makin nyenyak bobonya ;)

    BalasHapus
  8. o iya satu lagi, makan makanan yang mengandung anti oksidan..pasti nyenyak boboknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, kah? Oke, besok dicoba ^^

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar