Minggu, 09 Oktober 2016

Nikmati Suasana Santai dengan Kudapan dan Minuman Variasi Coklat di Pas Choco


Beberapakali saya sempat bingung saat harus mencari tempat untuk pertemuan. Entah itu untuk rapat, mengadakan acara, bertemu klien, atau sekedar kumpul-kumpul. Maklum saya tidak terbiasa wisata kuliner, menjelajah dari satu tempat makan ke tempat makan yang lain.
Kebetulan saat itu adalah setelah lebaran. Salah satu yang tidak dapat terlewatkan adalah reuni. Acara ini seperti acara wajib pasca lebaran, selain mudik. Kebetulan setiap tahun saya mengadakan beberapa reuni. Salah satunya adalah reuni dengan para asisten di tempat kerja saya yang lama.
Meski sudah bertahun-tahun lamanya saya tidak lagi bekerja di tempat itu, namun jalinan silaturahim tetap terjaga. Karena rata-rata umur mereka di bawah saya, saya sudah menganggap mereka seperti adik sendiri. Ternyata hubungan persaudaraan itu tidak melulu didapatkan dari hubungan sedarah, ya. Ada banyak alasan yang menyebabkan orang lain bisa dekat dengan kita, bahkan sudah seperti saudara. Alhamdulillah, ya.
Setelah lama saya browshing di internet, akhirnya saya menemukan satu tempat yang menarik perhatian. Kebetulan tempat tersebut berada tepi di tepi jalan yang sering saya lalui ketika pulang kerja. Ini berada di sebelah selatan pusat perbelanjaan Singosaren. Tepatnya di samping Masjid Darussalam. Namanya Pas Choco.



Jika dilihat dari luar Pas choco terlihat tidak begitu luas. Namun saat masuk kedalam, ternyata lumayan. Bangunan Pas Choco terdiri atas 3 lantai. Lantai pertama berupa ruangan umum dengan meja dan kursi yang mengelompok. Ada yang disetting seperti meja makan dengna 4 kursi tinggi yang mengelilingi, ada pula yang disetting lebih santai dengan menggunakan sofa panjang yang saling berhadapan. Terserah pengunjung deh mau pilih yang mana. 
Lantai dua juga terdapat juga meja dan kursi yang saling mengelompok. Hanya saja ukuran mejanya lebih kecil dan hanya ada 2 kursi tinggi yang saling berhadapan. Dan di ruangan ini pula terdapat ruang pertemuan. Sedangkan lantai tiga merupakan ruang terbuka, sebagian beratap dan sebagian lagi tidak. Sebagian tersekat dinding dan sebagian lagi merupakal balkon. Ini adalah smoking area. Dan di lantai 3 ini pulalah terdapat seperangkat alat musik. Ya Pas Choco biasa mengadakan dengan pertunjukan live musik saat malam.
Pass Choco tidak hanya asyik buat kumpul-kumpul, tapi juga foto-foto. Selain adanya meja dan kursi, di setiap lantai ruangan Pas Choco dipasang beberapa hiasan dinding. Ini berupa gambar kreasi coklat dalam berbagai variasi. Ada yang diolah dalam bentuk minuman, ada juga kudapan. Di setiap gambar ditambahkan kalimat yang berhubungan dengan coklat. 
Tak hanya itu, hiasan interior Pas Choco pun menarik. Ada beberapa kantong cantik berwarna coklat yang terbuat dari kain flanel yang berjajar mempercantik ruangan. Kantong-kantong yang menyerupai bingkisan ini berjajar di beberapa rak di bawah gambar dinding.




Kebetulan acara reuni saya saat itu bertepatan dengan tanggal merah. Jadi saya berharap semua bisa datang. Acara memang saya rancang setelah dhuhur. Sekalian makan siang, ceritanya. Saya tepat datang pukul satu siang. Saat itu suasana sepi. Hanya ada 2 rombongan pengunjung. Satu rombongan anak kuliahan, dan yang satu lagi couple. Memang, Pas Choco buka agak siang. Semakin sore tempat ini akan semakin ramai. Apalagi kalau malam dan ada pertunjukan live music.
Waktu sudah menunjukkan pukul setengah dua siang, tapi para tamu saya belum juga kelihatan. Sambil menunggu, saya memesan minuman dan mini cake. Dari pada saya mati gaya karena menunggu tanpa melakukan apa-apa, ya, kan. Mendingan saya icip-icip, haha :D :D
Saya memilih Mochoco dan Rainbow cake. Mochoco adalah minuman kombinasi antara kopi dan es krim coklat. Rasa kopinya kuat dan sedikit asam. Mungkin bagi yang memiliki masalah dengan lambung tidak akan kuat, ya. Nah, berhubung saya tidak memiliki masalah dengan lambung, jadi tidak masalah. Kebetulan juga saya penikmat kopi, kombinasi kopi dan coklat ini memberikan rasa baru di lidah saya. 


Di Pas Choco ini baik minuman maupun kudapannya didominasi oleh olahan coklat. Meskipun ada beberapa diantaranya yang tidak berbahan coklat. Termasuk di antaranya adalah makanan utamanya. Yaitu nasi dengan berbagai olahan sayur.
      Saat rombongan asisten saya datang, kami sudah disipkan sebuah meja panjang. Kami saling duduk berhadapan melingkari meja. Setting mejanya seperti sebuah jamuan makan besar saja, ya. :D :D Di Pas Choco ini, para tamu dapat memilih menu. Ada yang paket, ada juga tunggal. Karena saat itu saya harus menjamu banyak orang, saya lebih memilih menu paket. Menurut saya, ini jauh lebih praktis. Dalam satu paketnya sudah tersedia hidangan pembuka dan juga hidangan inti.
      Ada beberapa menu paket yang disajikan. Jadi dapat disesuaikan dengan pilihan menu dan juga anggaran yang disediakan. Untuk hidangan pembuka, saya memilih Paschoco Ice dan lagi-lagi mini cake. Hanya saja kali ini mini cake-nya berbeda. Mini cake kali ini dihidangkan berupa coklat yang dibentuk truffle dan ditusuk seperti lolipop. Sedangkan untuk makanan inti, sudah tersedia Chicken Teriyaki, Ca Ayam Jamur, yang mengiringi nasi putih hangat. Ini semua satu paket, lho, ya.




Keberadaan Pas choco menambah keramaian tempat kuliner di kota Solo. Memang, masing-masing tempat memiliki keunikan sendiri. Termasuk Pas Choco ini, dimana minuman dan kudapannya didominasi oleh olahan coklat. Anda penikmat coklat? Tidak ada salahnya mampir ke mari ^^

42 komentar:

  1. Eah asyik sekali seandainya bisa ngajak anak2 jajan di sini. Soalnya ana2 saya dua2nya penggemar cokelat. Tp apakah ada es teh atau semacamnya? Soalnya kl hbs maem nasi trus minumnya yg coklat2 gitu agak kurang sreg lidah saya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Es teh dan air putih tetap ada kok, Mbak ^^

      Hapus
  2. Wah, kapan kita ke sini Mba?
    Musim hujan gini, minum Hot chocolate enak kali yaaaa

    BalasHapus
  3. Wah sy suka coklat...palagi klo pas baper dan maagh kambuh biasanya sgr hunting coklat...di ungaran bnyak tempat coklat.

    Akhirny dpt info d Solo..mksih mb Hana infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, baper dan coklat itu tak terpisahkan ^^

      Hapus
  4. Waaah... Enak nih kayaknya. Daya suka cokelat. Minuman pengganti kopi yang sudah resmi putus hubungan. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, rupanya Bunda tak suka kopi. Kalau saya sih nomer satu kopi :D :D

      Hapus
  5. Ayo mak Hana, kita bikin kopdar disini juga. Hahaha. Kue - kue nya menarik kalo liat di ig nya. Jadi penasaran pingin nyoba juga ��

    BalasHapus
  6. huaaa akoh jadi lapar lihat makanannya. Bisa nih jadi referensi tempat nongkrong ya mbak

    BalasHapus
  7. Nambah lagi deh referensi tempat kuliner enak di daerah Solo. Aneka minuman dan kudapan berbahan dasar coklatnya menggiurkan banget dehhhh.. >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes. Jadi punya lebih banyak pilihan ^^

      Hapus
  8. Aaaih, keren tempatnya. Makanannya menggoda. Bookmark buat mampir kalau pas mudik.

    BalasHapus
  9. Mba Hana postingannya pas banget waktunya saat ini Solo yg lagi sering diguyur hujan dengan referensi yg anget begini jd dip markusip

    BalasHapus
  10. range harga dari brp sampe brp mba untuk minuman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara 35 sampai 50. Tergantung menu, sih ^^

      Hapus
  11. Wah, minuman coklatnya menggiurkan sekali ya...jadi pengen nyobain, tapi sayang saya jauh di Bandung T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukkan referensi kalau ngebolang ke Solo ^^

      Hapus
  12. Wah kayaknya enak tu...arisan berikutnya disitu aja yok..hehe..

    BalasHapus
  13. suka coklat panas, menggiurkan. Solo ya?? jauh banget dr Makassar

    BalasHapus
  14. di blitar juga ada tuh kampung coklat, yang rumahnya deket blitar bisa berkunjung kesana... HTM cuma 5RIBU...

    BalasHapus
  15. Asik nih, pas bangate sama kau yang suku coklat apa lagi cuaca dingin seperti ini minum coklat panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, penikmat coklat rupanya :D :D

      Hapus
  16. Apaaa? Mba Hana ngga hobi wisata kuliner? Ngga percayaaaa..:p
    Lha wong postingannya jalan2 makan2 mulu..-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk ...

      Ini fitnah! Ini fitnah! :P :P

      Hapus
  17. Waah kebetulan ada teman yang ngajak saya ke Solo buat jalan-jalan, mungkin nanti saya dan teman saya bisa main kesini dan nyobain langsung ^^ Silakan mampir juga mbak hana ke blog saya siapa tau bisa dijadikan referensi seandainya mau main ke Cibubur atau Bekasi suatu hari nanti :)

    BalasHapus
  18. lumayan asik ya tempatnya. minumannya juga enak

    BalasHapus
  19. Bagi penggemar coklat tempat ini pasti heavenly ya mbak. Aneka olahan coklat dari makanan sampai minuman. Saya yang penyuka coklat pasti akan betah duduk berlama-lama di sini. Menikmati secangkir coklat panas dengan kudapan yang sesuai :)

    BalasHapus
  20. Saya suka banget coklat emang seneng klo ada tempat ginian coba di dket rumah ada yang begini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan buat kulineran ya, Mbak ^^

      Hapus
  21. Wahhh kalau anakku tau bgnian bs ga pulang2 sm papa nya. Mereka berdua penggemar coklat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, gimana kalau nggak mau pulang, ya ^^

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar