Rabu, 20 Agustus 2014

Public Speaking Untuk Peningkatan Bisnis


Public speaking adalah salah satu bentuk seni berbicara di muka umum. Ini adalah skill yang harus diasah terus menerus. Jam terbang dari public speaker sangat berpengaruh pada kualitas dan cara penyajian public speaking.

Public speaking dapat dilakukan dalam banyak bentuk, mulai dari berpidato, presentasi,  ceramah, pemateri, orasi atau juga pemandu acara. Metodenya pun bermacam-macam, mulai dari dari berbicara spontan di muka umum, berbicara berdasarkan outline yang telah direncanakan, berbicara berdasarkan hafalan naskah yang telah dipersiapkan, atau malah benar-benar membaca naskah pidato.
Menurut Indari Mastuti, seorang penulis sekaligus pendiri komunitas Ibu Ibu Doyan Bisnis dan Indscript Corp, dalam dunia bisnis, public speaking merupakan bagian dari cara promosi terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Semakin baik seorang pebisnis melakukan public speaking tentang bisnisnya, semakin semakin besar pula peluang bisnisnya untuk maju.
"Bukan jamannya lagi para pebisnis duduk manis di belakang meja. Semua pebisnis harus muncul di depan layar," tambah Indari.  Sudah bukan jamannya pula pebisnis hanya mengendalikan bisnisnya tanpa berkomunikasi dengan para klien. Berbisnis bukan hanya sekedar barang laku atau banyak  orang menggunakan jasanya, tapi juga bagaimana cara mengambangkan bisnis itu sendiri menjadi lebih baik dan lebih maju. Salah satunya adalah dengan cara memperbanyak jaringan melalui public speaking.
Saat seseorang melakukan public speaking, akan terjadi komunikasi antara public speaker dan audience. Komunikasi akan dianggap berhasil jika audience dapat menerima dengan baik dan mengerti informasi yang public speaker berikan. Karenanya, sebelum melakukan public speaking hendaklah segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik, terutama adalah materi. Selain itu cara penyajian dan gaya penyampaian materi juga mempengaruhi.
Untuk membuat public speaking menarik, jangan membaca naskah karena akan membuat penampilan anda kaku. Buatlah point-point lalu jelaskan secara alami dengan menambahkan interaksi dengan audience atau juga improvisasi dan humor. Berbicaralah dengan jelas dan gunakan intonasi yang berbeda untuk menghilangkan kesan monoton dan membosankan. Selain itu lakukan kontak mata dengan audience, gunakan bahasa tubuh yang mendukung, serta munculkan rasa percaya diri. Semua ini akan mendukung kesuksesan public speaking yang sedang Anda lakukan. 
"Semua pebisnis harus mampu mengkomunikasikan bisnisnya dengan baik, Semakin baik mengkomunikasikannya semakin baik untuk perkembangan bisnisnya," tegas Indari.


- Hana Aina -




Baca juga, ya :

8 komentar:

  1. Setuju, public speaking skill yang oke berperan bangettttt.

    BalasHapus
  2. Masih harus terus belajar gimana bisa public speaking yang baik. Masih shy-shy cat nih. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, Mbak. Banyak berlatih ngomong di depan cermin ^^

      Hapus
  3. Mungkin bisa ditambahkan tips-tips lebih mendetail untuk cara public speakingnya mbak.
    Karena setahu saya, public speaking itu bagian dari komunikasi.
    Komunikasi yang sampai ke audience itu akan menimbulkan feed back. Kalau gak sampai ya diabaikan.
    Feed back bisa positif bisa negatif,
    Komunikasi yang sukses, bia memberi dampak perubahan sikap.
    Nah dalam bisnis, perubahan sikap bisa berupa produknya laku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih. Tips yang bagus :D :D

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar