Selasa, 22 Desember 2015

MENANTI GENERASI QUR'ANI


Setiap keluarga pastilah ingin menanamkan keimanan di dalam diri anak-anak mereka sedini mungkin. Tak terkecuali bagi keluarga muslim. Karenanya, mereka mengirim anak-anak mereka ke sekolah islam, atau ke taman pendidikan al qur’an (TPA). Dengan mengirimkan anak-anak mereka ke TPA diharapkan mereka dapat belajar membaca al qur’an sekaligus dapat menghafalkan ayat-ayat di dalamnya.
Biasanya, bagi anak-anak usia sekolah dasar, mereka diperkenalkan dengan surat-surat pendek yang terdapat di juz 30, kemudian menghafalkannya. Namun bila mereka mampu, mereka dapat menghafalkan juz 29 atau bahkan lebih, tergantung kemampuan masing-masing anak.
Salah satu lembaga yang membantu anak-anak dalam menghafal Al Qur’an adalah Lingkar Qur’an (LQ) Al Ikhlash. Lembaga yang didirikan pada bulan September 2 tahun yang lalu ini tidak hanya membantu anak dalam belajar ilmu agama, namun juga menghafal Al Qur'an. LQ memiliki program unggulan, yaitu Tahfidzul Qur'an yang akan membantu anak menghafal Al Qur'an ayat demi ayat. Mereka akan membentuk kelompok-kelompok kecil dibawah bimbingan seorang guru. Program yang lain adalah Diniyyah. Pada program ini, anak-anak diajarkan dasar-dasar ilmu agama dan belajar membaca Al Qur'an hingga ke tajwid-nya.

Peserta Wisuda Kelompok 1


Selain itu, LQ juga melakukan pembinaan kurikulum terpadu dengan cara bekerjasama dengan lembaga TPA yang lain. Dengan adanya kurikulum terpadu, anak dapat belajar dan menghafal  Al Qur'an dengan arahan yang jelas sehingga hasilnya pun lebih baik.
Salah satu pencapaian dari LQ adalah acara wisuda bagi santriwan dan santriwatinya. Diadakan di gedung serbaguna Kelurahan Semanggi pada hari Ahad tanggal 20 Desember 2015. Ada sekitar 48 anak melakukan wisuda sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Peserta Wisuda Kelompok 2


Peserta wisuda dibagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama adalah para santriwan dan santriwati yang telah berhasil menghafal juz 30, atau telah berhasil menghafal 2 juz sekaligus, baik juz 30 maupun juz 29. Mereka telah dinyatakan lulus oleh para penguji. Bagi yang belum lulus, diberi kesempatan untuk mengulang atau remidi beberapa hari setelahnya. Wisuda kelompok pertama ini terdiri atas 18 anak. Sedangkan wisuda kelompok kedua diikuti  oleh 30 santriwan dan santriwati yang telah mengikuti ujian tahfidz meski belum hafal 1 juz. Dalam acara tersebut, santriwati yang berhasil menyabet predikat santriwati terbaik adalah Maryam Adzkiya Binti Jundan. Maryam, demikian dia biasa disapa, berhasil menghafalkan Al Qur'an hingga juz 28. Gadis berparas manis ini telah berhasil mengungguli teman-temannya dalam menghafal Al Qur'an. 
Bagi Anda yang ingin menghafal Al Qur'an, siapapun Anda dan berapapun usia Anda, ada tips menarik dari Ust. Deden Makhyaruddin bagaimana agar dapat menghafal Al Qur'an dengan baik dan benar. 
Siapkan waktu yang memang khusus Anda luangkan untuk menghafal Al Qur'an. Gunakan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya. Jangan terburu-buru berpindah ke ayat berikutnya jika ayat yang sebelumnya belum benar-benar hafal. Tidak masalah jika pada akhirnya hanya mampu menghafal 1 ayat selama durasi waktu yang Anda punya tersebut, asalkan benar-benar hafal. Nikmati saja proses menghafal tersebut. Alloh memberikan kemampuan menghafal yang berbeda-beda pada setiap manusia. Bahkan ada yang menghafal Al Qur'an dalam kurun waktu 20 tahun. 
Bila Anda sudah benar-benar hafal, sering-seringlah mengulang hafalan agar tidak lupa. Carilah guru yang dapat membantu Anda mengoreksi bacaan Al Qur'an terutama dari sisi tajwid. Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan, meskipun itu adalah sesuatu yang salah maka akan sulit untuk diubah. karenanya sedini mungkin bacaan tajwid sudah benar. 


Nah, untuk mencapai sesuatu, usaha pasti diperlukan. Semoga semakin banyak generasi penghafal Al Qur'an di tengah-tengah gersangnya kehidupan zaman sekarang yang dipenuhi oleh urusan duniawi. Amin ^^

Alamat LQ pusat
LQ AL IKHLASH
Masjid Marwah
jl. Serayu Semanggi Solo

Sekretariat LQ
Jl. Cilosari 220 Semanggi 01/14 Pasar Kliwon Solo.
081904524488

4 komentar:

  1. MasyaAllah.. Jazakillah khoir atas liputannya ya..

    BalasHapus
  2. Subhaanallah, luar biasa. Semoga semakin banyak generasi qur'ani ya Mak, aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar