Rabu, 24 Januari 2018

Inilah 5 Minuman Favorit Nikmat Disajikan Hangat


Akhir-akhir ini hujan semakin menjadi. Belum sempat sang surya menampakkan diri, mendung sudah mendahului. Hujan pun turun tiada henti. Bisa dalam bentuk rintikan ataupun guyuran.

Ah, tak perlu risau. Bukankah hujan adalah anugrah dari Tuhan. Dan di saat hujan turun adalah salah satu saat yang tepat untuk memanjatkan do’a. Jadi, banyak-banyaklah berdo’a di saat hujan turun ya, teman, karena kita tak pernah tahu kapan do’a akan dikabulkan.

Ngomong-ngomng tentang hujan, nih. Ternyata hujan datang tidak sendiri. Hawa dingin sering menyelimuti saat hujan turun atau setelahnya. Kalau sudah begini yang dicari adalah kehangatan. Eh?!

Haha ... Memang benar, ya. Kalau sedang kedingingan pasti yang dicari sesuatu yang hangat. Nah, biasanya nih, saya dan keluarga punya beberapa minuman favorit yang selalu dicari saat dingin tiba. Karena kebetulan saya tinggal di Solo, jadi minuman ini tidak akan jauh-jauh dari yang namanya rempah-rempah

1.     Kopi Jahe


Dari namanya pasti sudah pada tahu dong, kalau minuman ini merupakan perpaduan antara kopi hitam dan juga jahe. Hanya saja di sini, jahe yang akan digunakan dibakar terlebih dahulu, lalu digeprek. Setelahnya jahe direbus dan ditambahkan gula sesuai selera. Saat penyajian, barulah dicampurkan kopi. Hmm ... Sudah kebayangkan. Nggak akan cuma terasa hangat, tapi mata juga melek, haha 😄

2.     Wedang serbat


Ini adalah minuman terfavorit. Hampir semua rempah masuk di sini. Ada jahe, kapulaga, kayu manis, sereh, merica, dan masih banyak bumbu pawon lainnya. Sebagai pemanisnya, masukkan gula jawa. Duh, rasanya pedas manis hangat gimana gitu. Buat yang sedang masuk angin, dijamin minggat tuh angin, haha 😄

3.     Beras kencur


Minuman ini banyak disukai, bukan hanya oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Rasanya manis dan enak. Bisa disajikan hangat ataupun dingin. Tapi kalau saya pribadi lebih suka menikmatinya dalam keadaan hangat. Minuman ini merupakan perpaduan dari beras dan kencur. Pastilah, kan sudah ketahuan dari namanya, haha 😃 Biasanya, minuman inilah yang sold out paling cepat dipenjual jamu, diikuti oleh gula asam. Habisnya minuman ini enak, sih. Nggak percaya?! Coba sendiri, deh 😃

4.     Wedang uwuh


Wedang adalah minuman. Sedangkan Uwuh berarti sampah. Etapi bukan berarti bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan minuman ini diambil dari sampah, ya. Ini hanya namanya saja. Karena sesungguhnya banyak rempah yang akan ditemukan di dalam wedang uwuh. Di antaranya jahe, secang, kayumanis, sereh, jeruk nipis, dll. Nah, ternyata komposisinya beda jauhkan dari namanya. Apalagi rasa dan khasiat yang terkandung didalamnya. Tak usah diragukan lagi, ya.

5.     Wedang Ronde


Buat yang di Solo pasti sudah tak asing dengan minuman yang satu ini. Setiap malam ada saja abang penjual wedang ronde berkeliling komplek dengan ciri khasnya. Abang wedang ronde akan naik sepeda dengan gerobag di bagian depan, berkeliling komplek sambil memukul mangkuk kecil dengan sendok bebek. Pertarungan antara mangkuk dan sendok memunculkan suara khas 😄 Masih menggunakan bahan baku jahe sebagai kuahnya, hanya saja wedang ini memiliki isian yang lebih komplit. Ada kacang tanah, kolang kaling, dan juga ronde. Yang terakhir ini yang menggoyang lidah. Bulatan seperti bakso yang terbuat dari tepung ketan yang akan terasa kenyal bila digigit 

Bersyukur banget tinggal di Indonesia. Negeri yang diberkahi dengan kekayaan alam yang luar biasa. Di antaranya rempah-rempah. Dari situ pulalah tercipta aneka minuman nikmat penuh manfaat. Kalau kamu, apa minuman favoritmu?

22 komentar:

  1. Favoritku wedang ronde. Sayang gak ada yang jual di deket rumah.
    Bikin aja kali ya..biar bisa banyak qeqeqe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo, Mak. Bikinlah. Ntar aku tak merapat ke tempatmu, wkwk :D :D

      Hapus
  2. paling suka sama ronde. isiannya banyak. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, sama. Kuahnya hangat pula ^^

      Hapus
  3. Klo dari kelimanya ....aku paling suka ronde mba.. manis2 kenyal. Ada gurihnya juga..��

    BalasHapus
  4. aku suka beras kencur
    enak dan menyehatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hangat ataupun dingi sama enaknya ^^

      Hapus
  5. Balasan
    1. Cuz beli ... atau bikin sendiri ^^

      Hapus
  6. Wah minumannya tradisional semua ya. Saya suka yang no satu. Tapi sebenernya saya lebih suka minuman coklat hangat apalagi kalau emak lagi baper wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, yang terakhir itu tuh. Es krim coklat, ya ^^

      Hapus
  7. Beras kencur tuh favoritku. Cuma kalo pesen itu suka disangka selera masih anak-anak hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, padahal kita yang udah dewasa juga tetep suka, ya ^^

      Hapus
  8. Aku baru tahu kalau ada wedang sebat itu, mba. Kebiasaan beras kencur dan wedang wungu. Tapi beras kencur menurutku lebih asyik pas musim hujan ya dan dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada, Mbak. Kalau mulai masuk angin, aku minum itu. Rasanya pedes panas gitu ^^

      Hapus
  9. wedang uwuh baru denger hee kmn aja ya gw. wedang uwuh warna minumannya eksotis cuy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada serutan kayu secangnya ^^

      Hapus
  10. yang paling enak itu wedang ronde, apalagi kalo di nikmati sore-sore hujan rintik-rintih begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makannya sambil baper, wkwkwk ^^

      Hapus
  11. Kalo udara lagi dingin saya sukanya jahe susu, mbak. Beras kencur juga enak sih :P

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar