Rabu, 01 Februari 2017

Kenalan, yuk! The Face of Balga by BalgaMagz


Setiap perempuan adalah cantik. Tidak peduli berasal dari ras apa, atau dari kelas sosial mana. Setiap perempuan membawa kecantikannya sejak lahir. Kecantikannya tidak hanya terbatas pada fisik yang dimiliki. Tidak terpancang pada postur tubuh yang tinggi, langsing, putih, hidung mancung, ataupun mata yang belo, ala-ala super model internesyenel :p :p

Pernahkah Anda melihat seseorang yang secara fisik dia biasa saja, namun saat melihatnya, Anda merasa dia menarik. Ada sesuatu dalam dirinya yang membuatnya enak dipandang, nyaman diajak bicara, dll. Bisa dibilang, ini adalah wujud kecantikan yang lain. Kecantikan yang berasal dari dalam diri.
Siapapun dapat mengeluarkan kecantikan dalam dirinya. Salah satunya adalah dengan rasa percaya diri yang dimiliki. Saat rasa percaya diri muncul, maka Anda akan dapat mensyukuri apa yang ada di diri Anda. Termasuk saat dikaruniai tubuh yang besar atau gemuk. 
 Ada sebagian perempuan dengan tubuh besar merasa kurang percaya diri. Merasa dirinya tidak cantik, minder dalam pergaulan. Terkadang, ini muncul tidak semata-mata dari dalam dirinya. Namun ada juga faktor luar yang mempengaruhi. Semisal, ada dari mereka yang dibully oleh teman, bahkan saudara. C’mon! Hari gini masih zaman membully seseorang karena ukuran tubuhnya? Perilaku dan kata-kata negatif tersebut bukannya akan menyelesaikan masalah, tapi justru memperburuk.
Bagi Anda yang mengalaminya, abaikan saja. Jangan sampai berpikiran negatif terhadap diri sendiri. Hargailah apa yang ada dalam diri Anda. Yakinlah. Masih banyak hal positif yang bisa Anda gali dari dalam diri Anda, dari pada hanya sekedar memikirkan ukuran tubuh.




The Face of Balga
Ada yang sudah pernah dengar The Face of Balga? Cung!
Jadi ceritanya, beberapa waktu lalu saya dan beberapa Blogger Solo mendapat undangan dari BalgaMagz.com. Acara yang diselenggarakan malam hari di Hotel Novotel Solo itu bertajuk The Face of balga BBQ Dinner, Fashion Show, and Awarding Nite. Awalnya saya kurang familiar dengan BalgaMagz. Lalu saya berusaha browshing dan menemukan situsnya di Balgamagz.com.
Awal mula tiba kami dipersilahkan untuk menikmati makan malam di restoran Andrawina. Berbagai macam hidangan disuguhkan. Sambil makan, sesekali kami berbincang dan berkenalan dengan Mbak Dya Loretta selaku CEO Sahabat Group. Yup, memang. BalgaMagz  adalah salah satu media di bawah naungan Sahabat Group, selain SahabatIbu-Indonesia.com, SahabatCewek.com, dan SahabatPerempuan.com.
Setelah makan malam selesai, acara dilanjutkan di Saraswati Bar. Antara restoran Andrawina dan Saraswati Bar hanya dihubungkan dengan taman outdoor dengan beberapa kursi-kursi kayu yang melingkari meja-meja bundar. Di sana juga terdapat kolam renang dengan air yang berkilauan karena terpaan cahaya lampu.




Kami duduk di kursi-kursi tinggi tanpa lengan. Dengan lampu temaram, kami disuguhi alunan musik dari band pengiring. Nggak cuman biduannya saja lho yang nyanyi. MC-nya pun nggak mau kalah, haha :D :D Setelah beberapa lagu dinyanyikan, barulah acara dimulai.
Awalnya saya kira acara ini akan semacam perss conference. Tapi ternyata saya salah. Setelah beberapa sambutan sekaligus perkenalan oleh beberapa pihak baik dari Sahabat Group maupun BalgaMagz.com, acara dilanjutkan dengan fashion show yang lakoni oleh para perempaun terpilih The Face of Balga. Di akhir acara kami juga diperkenalkan dengan 8 wajah The Face of Balga 2017. Mereka adalah Dea, Dee, Adella, Sylvie, Devina, Andita, Esti, dan Oshita.
The Face of Balga sendiri adalah ajang pencarian bakat di bidang modeling. Ini adalah tahun pertama acara diselenggarakan. Event ini adalah salah satu bagian dari beberapa program BalgaMagz. Lalu, apa sih yang menjadikan The Face of Balga berbeda dari ajang pencarian bakat lainnya? Yup, para pesertanya.
Di The Face of Balga ada satu syarat khusus yang harus dimiliki oleh setiap peserta. Yaitu perempuan plus size dengan berat badan minimal 75 kg. Awalnya terpilih 100 calon model dengan kriteria ini, plus kepercayaan diri dan kenyamanan akan tubuhnya. Dan yang tidak kalah penting adalah berkepribadian menarik, memiliki good attitude, komunikatif, dan inspiratif.




Dari 100 calon model ini dipilih 25 orang yang mendapatkan pelatihan khusus. Banyak ilmu yang mereka dapatkan selama pelatihan. Mereka mendapatkan pelatihan khusus dari para expert di bidangnya. Dalam hal modelling misalnya. Mereka diajarkan bagaimana berjalan di atas catwalk, ataupun berpose di depan kamera. Selain itu, mereka juga mendapatkan self branding dan self confident class. Dan yang tak ketinggalan adalah beauty class bersama Pixy Cosmetic. Yang pasti, semua ilmu yang diberikan untuk lebih meningkatkan kualitas diri.
 Di akhir event ini terpilihlah 8 peserta terbaik dan menjadi The Face of Balga 2017. Mereka berasal dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Latar belakang mereka pun beragam. Ada yang measih berstatus mahaiswa, ada yang bekerja sebagai penyiar radio, ada juga seorang public relation di sebuah perusahaan swasta. Selain mendapatkan hadiah dari sponsor, mereka juga akan mendapatkan kontrak eksklusive dengan BalgaMagz selama 1 tahun. Wah, selamat, ya ^^
 Para pemeneng The Face of Balga diperkenalkan kepada Balties (sebutan bagi pembaca BalgaMagz) dalam serangkaian tour. Tour di awali dari pulau Bali. Lalu menyusul Solo sebagai kota kedua. Dan selanjutnya masih ada beberapa kota lain yang akan disinggahi.




Tentang BalgaMagz
Banyak majalah fashion yang beredar di pasaran. Namun majalah yang satu ini punya karakteristik tersendiri. BalgaMagz adalah majalah trend fashion pertama di Indonesia yang membahas khusus tentang plus size. Meski demikian, konten di dalam majalah ini sendiri tidak melulu untuk yang plus size. Anda yang bukan plus size pun juga dapat menikmati banyak infromasi di dalamnya.
Menurut Ririe Bogar, Chif of Editor dari BalgaMagz mengatakan, dengan membaca informasi di Balgamagz diharapkan para perempuan Indonesia lebih percaya diri dan lebih sehat. Karena selain artikel tentang fashion dan kecantikan, ada juga artikel tentang kesehatan. Hmm ... komplit, ya.
Masih menurut perempuan lulusan Diploma Travel and Tourism Perth Australia ini, setiap perempuan adalah cantik. Tidak peduli bagaimana bentuk tubuh dan warna kulitnya.
“Kecantikan adalah sebuah keindahan. Ini tidak hanya berasal dari luar, namun juga dari dalam. Termasuk di dalamnya adalah cara berpikir, sifat yang baik, serta cara membawa diri di tempat umum,” jelasnya.


Karenanya setiap perempuan harus mampu menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya. Yaitu dengan cara mensyukuri apa yang selama ini telah diraih dalam hidupnya. Pun mensyukuri apa yang dimiliki dan tidak membandingkannya dengan orang lain. Wah, setuju banget dengan yang ini ^^
Ririe menambahkan, di BalgaMagz juga ada beberapa kegiatan yang melibatkan para Balties. Selain The Face of Balga yang telah sukses diadakan kemarin, ada juga Miss Big Indonesia. Ajang ala-ala Miss Universe untuk perempuan plus size ini akan mulai dibuka audisi pada Oktober tahun ini.
Selain 2 program di atas, ada juga R&B Lounge. Ini semacam acara gathering antara Ririe Bogar (yang kebetulan juga founder dari Xtra-L Indonesia) dengan para Balties yang diisi dengan diskusi seputar fashion, kesehatan, kecantikan, bahkan juga lifestyle.
Ada lagi Balties Surprise. Kalau namanya surprise pasti berhubungan dengan hadiah-hadiah, ya. Ada banyak hadiah dari sponsor yang akan dibagikan kepada para Balteis setiap 2 mingguan. Wah, kalau ini pasti banyak yang suka, ya.
Nah, kalau program yang terakhir ini pasti banyak ditunggu oleh para Balties. Balties Trip. Asyik! Program jalan-jalan tempat-tempat wisata nih. Salah satunya adalah ke Bali dan ke Solo kemarin.



Nah, ternyata banyak hal yang bisa dilakukan selain memikirkan ukuran tubuh plus size. Tetap positif thinking, tetap semangat dalam menjalani hari, dan jangan lupa pula jalani gaya hidup sehat ^^


- Hana Aina -



Baca juga, ya ...

25 komentar:

  1. Aq jg sering mikirin plus size...#perutku yg melar..

    :( yg penting sehat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duduknya yang tegak, biar nggak kelihatan lipatannya, haha :P :P

      Hapus
  2. Fashionable nggak hanya dimiliki oleh perempuan bertubuh ramping, yes, bertubuh plus size juga bisa tampil fashionable. Menurut saya, majalah ini bagus banget bikin para perempuan merasa punya 'tempat' karena selama ini kan hanya menampilkan yang ramping2 saja.

    BalasHapus
  3. Walopun bobotku gak sampe 75 kg, tp suka ngerasa gendut..baca ini kayaknya bisa dapet tips2 kelihatan ramping ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau itu banyak temannya, Mbak ^^

      Hapus
  4. Setuju kalau kita ngga boleh bully seseorang hny karena mereka berbeda. It's banned. Mereka yang berbeda itu pasti punya bnyk kelebihan. Dan itu yg harus kita hargai.

    BalasHapus
  5. bertubuh besar itu makmur, dan tidak gampang sakit, betul tak?hehehe

    BalasHapus
  6. Tidak melulu yang bertubuh ramping yang dieskpose. Menurutku majalah ini bagus karena bisa mewadahi orang-orang dengan ukuran plus. Mereka tetap memiliki keunggulan dan fashionable tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, lebih mengulas hal-hal positif ^^

      Hapus
  7. seru ya mbak acaranya..cantik itu tak melulu harus dimiliki orang langsing ya mbak..orang yang gemuk pun butuh untuk mendapatkan apresiasi ya

    BalasHapus
  8. Miss Big Indonesia, wiiih... mantab yak.

    Baru tahu juga tentang Balgamagz ini. Semoga semakin eksis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, kenalan lebih dekat dengan Balgamagz ^^

      Hapus
  9. aku baru tahu loh mba hahahaha ternyaa ada ya miss big hehehe

    BalasHapus
  10. Aku sukaaa ini.. Biar perempuan yg lewat bbnya ga minder. Kereeen!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap percaya diri dan berprestasi ^^

      Hapus
  11. Menarik sekali ini.. dan bagus bahwa perempuan harus lebih menonjolkan inner beauty daripada kecantikan fisik

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar