Selasa, 27 Oktober 2015

TOKOPEDIA ROADSHOW TO SOLO


Di era internet seperti sekarang ini, jarak dan waktu bukan lagi suatu penghalang bagi seseorang untuk mengembangkan bisnisnya hingga ke negera lain, bahkan ke benua lain. Fenomena menarik yang terjadi di Indonesia, dimana semakin menjamurnya online shop. Hanya bermodalkan smartphone, orang sudah dapat memulai bisnisnya. Bukan hanya para penjual yang dimudahkan, para pembeli pun kini dimanjakan dengan berbagai penawaran barang tanpa harus pergi ke toko atau mall. Tidak perlu pergi kemana-mana. Cukup dengan berselancar di dunia maya, lalu berkunjung ke mall online. Salah satu mall online yang banyak diminati masyarakat Indonesia adalah Tokopedia.


MC Acara     
     Tokopedia sebagai mall online terbesar di Indonesia mengadakan acara roadshow 10 kota. Diawali dengan roadshow pembuka yang sukses di Jakarta, Tokopedia melanjutkan ke kota kedua, yaitu Solo. Bertempat di Borobudur Ballroom Hotel Novotel hari Sabtu tanggal 25 Oktober 2015, Tokopedia menggandeng tiga orang pembicara dengan latar belakang usaha yang berbeda. Ada Leontinus Alpha Edison sebagai COO Tokopedia, Stand Up Komedian Ge Pamungkas, dan salah satu Inspiring Seller Tokopedia, Dina Sri Agustin. Di depan para pengunjung yang bukan hanya para Toppers (sebutan bagi pengguna Tokopedia), ada juga mahasiswa dan para perintis usaha, ketiga pembicara ini sharing pengalaman mereka saat merintis usaha hingga sekarang dapat meraih kesuksesan.

Bambang Widyatmoko dari JNE Solo
Leontinus dari Tokopedia

Meski ketiga pembicara sukses dalam bidangnya masing-masing, namun mereka memiliki satu kesamaan. Kegigihan dalam memperjuangkan impian. Seperti yang disampaikan Leontinus, bagaimana dia dan temannya, William Tanuwijaya, berusaha mencari modal untuk membuka Tokopedia untuk pertamakalinya. Proposal bisnisnya ditolak para investor dan diremehkan. Namun Leontinus tidak patah arang. Dia dan temanya terus berusaha, step by step, hingga terwujud Tokopedia seperti sekarang ini.
Di Tokopedia, penjual dapat membuka toko online-nya gratis. Pembeli pun juga dapat berbelanja dengan nyaman dan aman. Dengan menggandeng JNE sebagai penyedia jasa pengiriman yang memiliki jaringan terbanyak, menjadikan Tokopedai sebagai marketplace tersukses. Setiap harinya, JNE mengantarkan lebih dari 12ribu paket hanya untuk daerah Solo saja. Kebayang nggak berapa banyak paket jika ditotal seluruh Indonesia. Maka tidak salah jika Tokopedia menjadikan JNE sebagai Logistic Partner. Asyiknya lagi, baik penjual maupun pembeli di Tokopedia akan mendapatkan cash back 2% saat pengiriman menggunakan JNE. Lumayan, kan.

MC Acara Bersama Ge Pamungkas

Ge Pamungkas Saat Stand Up Komedi

Berbeda dengan Ge Pamungkas. Lelaki asal Bandung yang pernah menjuarai kompetisi Stand Up Komedi di salah satu TV swasta ini awalnya merasa dijebak oleh teman-temannya saat pertamakali terjun di dunia stand up. Namun karena penjebakan itulah, Ge mulai kenal dunia stand up. Dia pun mulai mengikuti kompetisi dan menang di tahun 2012. 
Menurut Ge, latihan dan usaha terus menerus akan mengasah kemampuannya dalam ber-stand up. Sama dengan saat membuka usaha, inovasi sangat diperlukan. Jangan berhenti berusaha, sedangkan orang lain terus berjalan. Ini akan membuat kita tertinggal. Tampilkan semua yang unik dalam diri kita, sehingga keberadaan kita tak tergantikan oleh yang lain. Baginya, kerja keras dapat mengalahkan bakat.
"Fokus pada satu tujuan, dan hilangkan yang lain," kata lelaki yang pernah kuliah di jurusan Hubungan Internasional ini.

Talk Show Bersama Narasumber

Lain lagi dengan Dina yang dulunya adalah seorang karyawan. Dia berani keluar dari pekerjaannya demi mewujudkan impiannya untuk sukses dalam bisnis. Bisnis wall paper yang digelutinya dirintis mulai dari nol. Dina mulai membuat toko online di Tokopedia dan berusaha mempelajari semua fitur yang tersedia. Semua ini dilakukan demi mensupport operasional toko online-nya. Memang pada awalnya tidak banyak keuntungan yang didapatkan, namun dengan ketekunan dan kerja keras, yang awalnya sedikit kini berubah menjadi bukit.
"Jangan remehkan uang receh. Dari uang receh itulah akan berkembang menjadi nominal yang lebih besar," kata wanita yang kini tinggal di Malang ini.
Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah kecepatan pelayanan dengan kualitas barang yang tetap terjaga. Sebagai contoh, saat Anda berbisnis frozen food dan hanya dapat bertahan 3 hari saja, maka pilihlah paket pengiriman dengan jangka waktu 2 hari atau kurang. Perhatikan pula cara pengemasan agar pesanan tetap terjaga dan tidak rusak saat pengiriman.






Penyerahan Kenang-kenangan
dari Tokopedia Kepada Pembicara

Pada akhir acara, Dia memberikan beberapa tips kepada Toppers atau calon Toppers. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan produk dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia. Usahakan untuk mempromosikan produk setiap 60 menit. Pemilihan judul pada produk juga mempengaruhi. Gunakan judul yang lebih spesifik sehingga produk kita dapat muncul pada beberapa key word. Jangan lupa membalas pertanyaan dari konsumen. Memang sih, terkadang butuh kesabaran ekstra saat menjelaskan, tapi yakinlah itu akan berbuah manis. Konsumen akan lebih mengenal produk kita, bahkan bisa menjadi pelanggan setia. 
Dalam acara ini, pengunjung tidak hanya dapat ilmu, lho. Tapi juga dapat banyak hadiah. Ada voucher dari Tokopedia dan door prize berupa smartphone. Tidak hanya itu, setiap pengunjung juga akan membawa pulang kenang-kenangan berupa kaos bertuliskan Ciptakan Peluangmu. Anggap saja sebagai penyemangat setiap pengunjung untuk meraih mimpi dan menciptakan peluangnya masing-masing :)




Kenang-kenangan dari Acara Tokopedia Roadshow


Bisnis yang paling indah adalah membantu orang lain untuk sukses, karena itu tidak dapat dinilai dengan uang. Ada kepuasan tersendiri saat melihat orang yang kita bantu dapat meraih suksesnya. Ini sesuai dengan satu dari DNA Tokopedia ... Make It Happen, Make it Better.

12 komentar:

  1. Asik ya acaranya menggugah motivasi dan semangaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, nggak cuman dapat ilmu, tapi juga motivasi dan sharing pengalaman :D :D

      Hapus
  2. Wih ada komiknya juga ya si ge pamungkas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kocak banget deh orangnya :D :D

      Hapus
  3. Tokopedia lagi eksis dikalangan blogger nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... Iya. Ini lagi ada program roadshow 10 kota :D :D

      Hapus
  4. semoga event tokopedia ada di pekanbaru jugaa

    BalasHapus
  5. ini saya ikutan loh bu, jenengan solonya mana bu?

    BalasHapus
  6. wah, dulu pernah ada acara ini ya? kayaknya meriah sekali acaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, waktu awal ngeblog dulu ^^

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar