Jumat, 12 September 2014

KENALAN DENGAN ASURANSI, YUK!



Tidak satupun manusia di dunia ini yang mengharapkan kejadian tidak menyenangkan menimpa pada dirinya, seperti kecelakaan, sakit parah, atau bahkan kematian. Meski itu semua adalah resiko dalam kehidupan, namun tidak banyak orang sadar akan resiko ini. Sebenarnya, tidak ada salahnya jika kita memproteksi diri dan keluarga sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan memiliki asuransi.
Asuransi adalah salah satu produk manajemen resiko yang bertujuan untuk mengurangi resiko finansial karena resiko kehidupan dengan mentransfer resiko tersebut ke sebuah perusahaan asuransi. Ada beberapa macam jenis suransi, seperti asuransi pendidikan, asuransi jiwa, asuransi hari tuaasuransi kesehatan, dll. Anda dapat menyesuaikan jenis asuransi dengan kebutuhan anda dan keluarga.

Seorang financial planer, Rina Dewi Lina berpendapat, ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika memiliki asuransi. Mulai dari kepastian financial di masa depan hingga terakumulasinya aset kekayaan anda. Dengan memiliki asuransi masa depan keluarga anda terjamin secara financial. Demikian pula dana masa depan anda tidak akan terganggu dengan adanya resiko kehidupan, baik itu kematian muda, berkurangnya dana untuk pengobatan karena sakit, ataupun karena cacat. Jumlah aset anda pun tidak akan berkurang bahkan terakumulasi dengan baik setiap waktu.
Rina menambahkan, sebelum anda memilih asuransi akan lebih baik jika anda mengenali terlebih dahulu kebutuhan hidup anda. Anda juga disarankan membaca dan mencari referensi sebanyak mungkin tentang konsep asuransi. Dengan begitu anda dapat mengenali berbagai macam produk asuransi yang ditawarkan. Jangan pernah memaksakan diri untuk memiliki asuransi tertentu. Konsultasi dengan ahli keuangan juga sangat diperlukan. Anda dapat memadukan informasi yang anda dapat dengan saran para ahli. Sehingga anda dapat mengetahui dengan pasti asuransi yang mana yang anda butuhkan.
“Tapi yang paling penting adalah, hilangkan dulu  pikiran negatif tentang asuransi,” ujar CEO PT. Fokus Finansial ini.
Lebih jauh, Rina memberikan tips bagi anda untuk memilih perusahaan asuransi yang baik. Menurut Rina, perusahaan asuransi yang baik memiliki RBC atau Risk Based Capital di atas 120%. Ini adalah ketentuan pemerintah untuk mengetahui apakah perusahaan suransi tersebut sehat atau tidak. Perusahaan asuransi yang baik akan mengetahui prosedur klaim serta jarang mendapatkan komplain dari kliennya. Anda bisa browshing di internet tentang perusahaan asuransi tersebut terutama tentang opini masyarakat yang pernah atau sedang menjadi klien perusahaan asuransi tersebut. Pelayanan yang memuaskan juga dapat menjadi penulaian anda saat memilih perusahaan asuransi. Seperti kemudahan para klien untuk mengakses sistem lewat email atau sms sebagai pengingat jatuh tempo pembayaran.

Nah, kembali kepada anda. Sudahkah anda persiapkan masa depan dengan sebuah kepastian? Asuransi bisa menjadi pilihan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar