Senin, 04 Agustus 2014

Saatnya Menulis ...!!!



Pada zaman sekarang ini, menulis sudah bukan lagi suatu kegiatan yang dianggap aneh. Seiring berjalannya waktu, menulis kini sudah menjelma sebagai salah satu gaya hidup. Kegiatan menulis pada dasarnya adalah sesuatu yang mudah. Buktinya kita sudah mulai menulis semenjak kita sekolah di taman kanak-kanak.

Siapa yang tidak menulis? Menulis diary, status di facebook, ngetwitt curcol di twitter, mengungkapkan ide di blog, atau sekedar menulis sms. Semua orang menulis. Semua orang bisa jadi penulis. Banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika seseorang menulis, diantaranya:

1.      Mengenali kemampuan.
Dengan menulis kita dapat melihat seberapa kemampuan kita terutama dalam memahami suatu permasalahan yang akan kita tulis. Selain itu kita juga dapat mengetahui kemampuan kita dalam menyuarakan pendapat di pikiran kita, kemampuan dalam mengembangkan ide dan gagasan, serta kemampuan dalam menggunakan perbendaharaan kata yang telah kita miliki.

2.      Menambah pengetahuan.
Dengan menulis kita akan dipaksa untuk banyak membaca, aktif mencari informasi dan bertanya terutama tentang topik permasalahan yang akan kita tulis.

3.      Menyalurkan ide.
Sangat menyenangkan jika kita bisa berbagi ide dengan orang lain. Siapa tahu dari satu ide yang kita tulis akan menginspirasi orang lain. Tidak jarang pula ide yang kita miliki akan memancing munculnya ide-ide yang lain. Dan bisa jadi, apa yang kita utarakan bukan hanya sekedar menjadi tulisan, namun berubah menjadi kebih nyata.

4.      Menambah pundi-pundi.
Nah, ini yang paling disuka. Menulis bukan hanya sebatas menyalurkan hobi dan ide. Bila ditekuni dengan baik, maka menulis dapat menjadi kegiatan yang mendatangkan pemasukan bagi pundi-pundi anda.

Lalu, bagaimana jika kita mood kita dalam menulis seperti sinyal HP di pedalaman? Kadang timbul, kadang tenggelam. 

Ada tips menarik yang diberikan oleh Indari Mastuti, seorang penulis super duper aktif sekaligus yang telah menghasilkan puluhan buku. Indari, demikian biasa dia disapa, adalah ibu rumah tangga dengan 2 anak yang sekaligus pebisnis di bidang jasa penulisan dan jasa personal branding. Dia bukan hanya sekedar menulis, tapi juga memotivasi para perempuan terutama ibu rumah tangga untuk berkarya melalui tulisan. Yuk, intip tipsnya!

1.      Disiplin. 
Tidak ada istilah kita dipengaruhi mood. Yang ada justru kitalah yang harus membentuk mood. Jika ada saat kita malas untuk menulis, maka harus dipaksa. Biasakan diri untuk menulis setiap hari. Meski hanya satu halaman. Ini akan membentuk kebiasaan pada diri kita untuk konsisten menulis setiap hari. Tulislah apapun yang terjadi di sekitar kita, yang ada dipikiran kita, apa yang kita lihat, apa yang kita dengar.

2.      Lakukan dengan cinta.
Cintailah kegiatan menulis. Dengan mencintai maka kita akan selalu berusaha untuk melakukannya. Lagi, lagi, dan lagi.

3.      Nikmatilah proses.
Menulis tidak membutuhkan bakat. Yang diperlukann hanyalah kemauan dan ketelatenan untuk berlatih setiap saat. Ini adalah bagian dari proses. Menulislah di diary, di blog, atau menulis untuk dikirim ke media dengan tujuan mengasah kemampuan menulis.

4.      Membacalah.
Perbanyak membaca buku dapat menambah pengetahuan sekaligus membantu kita untuk menambah kosakata. Terkadang di tengah-tengah membaca, ide datang tanpa di sengaja.

5.      Tetapkan target.
Dengan adanya target akan membantu kita untuk fokus menyelesaikan tulisan dan mengabaikan mood yang tidak bersahabat.

6.      Jangan menyerah.
Menulis bukan tanpa halangan. Bahkan penulis yang sudah handal pun terkadang mengalami masa dimana tidak ada ide untuk ditulis atau biasa disebut sebagai writer block. Jika ini terjadi, maka mulailah menulis dengan tema yang baru. Dengan begitu anda tidak akan berhenti menulis. Akan terus bermunculan ide-ide baru. Kalau sudah merasa nyaman, maka kembalilah ke tulisan yang lama dan selesaikan.

Nah, bagaimana? Masih mau menyerah pada mood? Jangan buang waktu lagi. Sekarang saatnya menulis! Menulis! Dan menulis! :)



Related Post :

10 komentar:

  1. keren, dan bukan hanya teori tapi sudah membuktikan ya..mantap..

    BalasHapus
  2. Tetap semangat menulis Mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh, tetap semangat!! :D :D

      Hapus
  3. alhamdulillah sudah pernah nerbitin satu buku, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga ke depannya bisa nambah lagi koleksi bukunya, Pak ^^

      Hapus
  4. Yup, harus punya target, untuk menghalau timbul tenggelamnya semangat untuk menulis. Makasih sharingnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat ^^

      Hapus
  5. Semangat menulis! hehe

    keluargahamsa.com

    BalasHapus

Terima kasih telah berbagi komentar