Kamis, 28 Agustus 2014

BERSAHABAT DENGAN DEADLINE



Bagi penulis, deadline adalah saat-saat dimana hidup serasa terhimpit oleh waktu yang berjalan cepat dan terus mendekat. Bahkan terkadang naskah tulisan belum selesai meski tenggat waktu telah berlalu. Perlu sebuah alat ataupun metode untuk dapat membantu penulis dalam memanaje waktunya dengan baik, termasuk membantu disiplin dan menentukan target menulis setiap harinya.
Sebuah terobosan baru dikeluarkan oleh Indari Mastuti, seorang penulis sekaligus pendiri Indscript Corp. Sebuah alat yang dapat digunakan untuk memanaje waktu penulis agar siap menghadapi deadline tulisan.
Adalah Metrik Penulis, sebentuk board dengan deretan tanggal dalam satu bulan. Dalam setiap harinya akan terbagi ke dalam 3 hal. Target, Aktual, dan Hutang. Dengan menggunakan metrik ini, penulis dapat mengatur target hariannya hingga target bulanan.
Cara kerja metrik ini sangat sederhana. Penulis cukup membuat target dalam satu bulan, lalu membagi target tersebut ke dalam target harian. Sebagai contoh jika seorang penulis ingin menulis sebuah buku berisi 120 halaman dalam 1 bulan. Target 120 halaman tersebut dibagi dalam 30 hari. Sehingga dalam 1 hari penulis harus menyelesaikan tulisan sebanyak 4 halaman. Jika ternyata suatu hari penulis hanya bisa menyelesaikan 3 halaman saja, berarti penulis punya hutang 1 halaman. Hari berikutnya penulis harus menulis 5 halaman. Namun jika hari ini penulis bisa menulis 5 halaman, keesokannya tetap menulis 4 halaman. Jadi intinya, bila menulis kurang dari target berarti menulis berhutang dan dilunasi pada hari berikutnya.
Memiliki metrik ini seperti memaksakan sebuah kebiasaan baru. Dengan menggunakan metrik ini seperti memaksakan penulis untuk selalu disiplin. Kebiasaan yang bagus, bukan. Secara tidak langsung penulis akan fokus dan bersemangat untuk menyelesaikan tulisannya tepat waktu. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri penulis. Apalagi jika bisa menyelesaikan tulisannya sesuai jadwal. Pasti lebih bangga lagi. Penulis juga dapat memaksimalkan penggunaan metrik ini dengan cara membuat target yang realistis, berkomitmen dengan target yang dibuat, berpikiran positif, optimis, serta kreatif.
Lalu, siapa saja yang bisa menggunakan metrik ini?
“Siapa saja. Mulai dari penulis, calon penulis, para profesional yang akan mulai menulis, goshtwriter dengan deadline yang mepet, pendidik yang akan berencana membuat modul pembelajaran bagi siswanya, penerbit yang ingin memberikan motivasi kepada para penulisnya, atau juga pebisnis direct selling yang ingin mengembangkan penjualan produknya,” tegas wanita berkacamata ini.
Bagaimana? Anda tertarik memilikinya? Selamat menggunakan metrik dan tingkatkan produktivitas anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar