Sabtu, 19 Juli 2014

ISP PINTAR JARINGAN LANCAR

Meningkatnya pengguna internet di Indonesia mendorong munculnya berbagai Internet Service Provider (ISP). Setiap ISP berlomba-lomba meraih pangsa pasar pengguna internet dengan menawarkan berbagai program unggulan yang dimiliki.


Menurut Sudianto Oei dari ISP HyperNet, inti dari perusahaan ISP adalah pelayanan terhadap pelanggan. Pelayanan tersebut meliputi penyediaan jaringan internet, komunikasi data, hingga solusi jaringan. Karena internet merupakan produk yang digunakan dalam jangka waktu panjang, maka support after sales sangat diperlukan.
Support after sales adalah salah satu bentuk pelayanan yang diberikan provider kepada pelangganya setelah terjadi transaksi. Pelayanan ini bisa dalam bentuk bermacam-macam, diantaranya costumer service atau call center yang tersedia selama 24 jam, jaringan pelayanan yang mudah ditemukan di berbagai kota, pemberian garansi kualitas kepada pelanggan atau pemberian pelayan perbaikan tanpa dipungut biaya tambahan alias gratis. 
Dengan menjamurnya ISP, pelanggan dihadapkan pada banyak pilihan. Untuk menentukan pilihan tersebut tentu akan banyak hal yang harus dipertimbangkan. Sudianto Oei memberikan tips beberapa pertimbangan bagi pelanggan dalam memilih ISP, terutama dilihat dari kualitas: 

  • Profil perusahaan. Penting untuk mengetahuai rekam jejak ISP karena hal ini berhubungan dengan kualitas dan profesionalitas pelayanan yang diberikan. Calon pelanggan bisa bertanya atau mencari referensi dari pelanggan yang lain tentang perusahaan yang bersangkutan. 
  • Faktor lokasiLokasi sangat berpengaruh terhadap kecepatan untuk mengakses internet yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kulitas jaringan yang didapatkan oleh pelanggan. Semakin jauh lokasi pelanggan dari lokasi ISP, semakin lama waktu yang diperlukan untuk mengakses internet. Belum lagi jika terjadi gangguan jaringan, maka diperlukan waktu yang lebih lama untuk perbaikan.
  • Spesifikasi teknis. Karena internet selalu berhubungan dengan download, upload, dan browshing, maka kecepatan transfer data dan kuota yang disediakan oleh ISP menjadi sangat penting. Selain itu biaya yang harus dikeluarkan pelanggan juga bisa dimasukkan menjadi pertimbangan dalam pemilihan ISP. Pelanggan dapat menyesuaikan antara kebutuhan penggunaan internet dengan paket internet yang ditawarkan.

2 komentar:

  1. Hi,mba hana, makasih infonya..yuk terus ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Uti. Ini sedang belajar, heheh :D

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar