Kamis, 16 Januari 2014

Lomba Menulis #HororKotaDunia

Apa yang kalian pikirkan ketika membaca tema lomba ini?

Setiap kota di dunia (luar negeri) pasti memiliki warisan kisah horor. Milan pasti punya. Barcelona pasti punya. Beijing pasti ada. Tokyo pasti ada. Las Vegas pasti ada. Jeddah pasti memiliki. Seoul pasti juga ada, selain tentang Siwon. Sicilia juga pasti punya. Amsterdam juga. dll.

Mari ikutan lomba menulis cerpen bertema #HororKotaDunia ini, silakan kalian pilih kotanya, satu cerpen hanya memuat satu kota (kota di luar negeri aja ya). Tentu karena ini bentuknya cerpen, kalian harus memperhatikan unsur-unsur cerpen sebaik-baiknya. Dari alur, penokohan, konflik, setting, hingga ending-nya. Khusus setting-nya jelas wajib menggunakan setting kota dunia yang dipilih, sehoror-horornya. Buat setting yang detail biar taste kota luar negerinya dapat benar. Kombinasi yang tsakep atas semua unsur itu jelas akan menentukan ketsakepan cerpen kalian.

Jika ada satu obyek horror di kota yang sama ditulis oleh dua orang atau lebih, jelas kami hanya akan memilih satu cerpen saja untuk satu obyek. Karena itu, sebaiknya kalian memilih kota dan obyek yang paling unik. Biar kelak bukunya makin banyak dihuni hantu-hantu unik dari beragam kota dunia.
Sebagai cerpen yang fiksi, tentu saja diperbolehkan menambahi hal-hal imajinatif tertentu (seperti pada setting-nya) untuk mendramatisasi cerita, dengan catatan memenuhi logika cerita.

Dan, dewan jurinya adalah alumnus #KampusFiksi Reguler yang saya percaya teknik dan komitmennya keren untuk memilih cerpen-cerpen yang layak dibukukan kelak.

Ketentuan Teknis

  • Cerpen harus orisinil karya sendiri, belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun (termasuk blog), tidak sedang disertakan event apa pun, dan tidak terikat dengan pihak manapun.
  • Buat cerpen setebal 10-12 halaman, diketik dengan font Times New Roman ukuran  12 pts spasi ganda (spasi 2), dengan kertas A4 page setup: 4 – 3 – 4 – 3  (kiri-kanan-atas-bawah).
  • Lomba ini terbuka untuk umum tanpa batasan usia. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 cerpen.
  • Cerpen dikirimkan ke mail: hororkotaduniadivapress@gmail.com dalam satu file dalam format file WORD melalui lampiran (attachment). Badan email biarkan tetap kosong. Gunakan subjek #HororKotaDunia. Lengkapi dengan biodata narasi pendek di bagian akhir naskahmu dan sertakan nama dan alamat lengkapmu juga di bawahnya (boleh di halaman ke-13).
  • File naskah word diberi judul dengan format sebagai berikut:

Nama penulis (spasi) (judul cerpen).
Misalnya: Indah Ien Myunk (Vampir Gingsul dari Milan)

  • Penerimaan cerpen dari tanggal 16 Januari 2014 – 15 Februari 2014 maksimal pukul 00.00 WIB.
  • Peserta diwajibkan LIKE fanpage Penerbit DIVA Press dan follow Twitter @KampusFiksi @divapress01 @de_teens
  • Buat mention “Kak Tsakep, saya sudah kirim cerpen #HororKotaDunia” ke: @KampusFiksi @divapress01 @de_teens
  • Pastikan kalian memenuhi ketentuan-ketentuan teknis tersebut sepenuhnya agar bisa diproses ke tahap seleksi.

Penjurian dan Hadiah

  • Penjurian akan dilakukan oleh tim #KampusFiksi selama 30 hari sejak penutupan. Kalian boleh berdiskusi dengan akun #KampusFiksi tentang banyak hal seputar penulisan fiksi. Obyektivitas penjurian akan kami utamakan dalam rangka mendapatkan cerpen-cerpen yang memang layak terbit.
  • Juri akan memilih dan menerbitkan cerpen-cerpen yang layak terbit dan menentukan 1 cerpen terbaik.
  • Penulis cerpen terbaik akan kami beri kesempatan ekslusif untuk menuliskan novelnya dalam bimbingan kami dan diterbitkan oleh @divapress01 dengan MoU profesional dan hadiah tambahan berupa 50 eks judul buku terbitan @divapress01 dan @de_teens bebas milih plus free ongkir. Behhhh…
  • Seluruh peserta yang cerpennya diterbitkan akan mendapat sertifikat penghargaan + sampel buku terbitnya.
  • Semua cerpen yang dikirimkan otomatis telah bersetuju untuk diterbitkan dengan ketentuan tersebut.
  • Penjadwalan terbit cerpen-cerpen terplih akan diatur kemudian oleh @divapress01
  • Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

    Semoga yang cerpennya lolos buku #HororKotaDunia ini, jika masih jomblo, segera mendapatkan jodoh yang shalih/shalihah. Jika masih di-PHP, bisa segera jadian. Jika sudah pacaran, bisa segera nikahan. Jika masih LDR-an, bisa segera dipinang. Amin. (Doa kami selalu baik kan, LOL).
 

Grab it, Guys…!!! Don’t miss it, stop jadi DL-er jika pengin lolos! Self editing harus dilakukan sebelum kirim!


SUMBER : https://www.facebook.com/notes/penerbit-diva-press/lomba-menulis-hororkotadunia/652669788108142

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar