Sabtu, 20 Juli 2013

LOMBA MENULIS NOVEL REMAJA “ter-TEEN”

Hello Guys,
13 adalah angka sering dianggap keramat, menyeramkan, dan negatif lainnya. Tapi bagi DIVA Press Group, 13adalah usia yang dewasa, matang, dan mapan. Untuk merayakan ulang tahunpenerbit kesayangan kamu ini, plus menyambut ulang tahun pertama penerbit deTEENS, kami mempersembahkan:

LOMBA NOVELREMAJA “ter-TEEN”

Ini bukanlah lomba yangmengangkat tema horor. Lagi-lagi, kami akan meminjam angka 13 sebagai katakuncinya. Ya, dalam lomba ini, kami tentukan ROMANCE sebagai genre utama dan harus kamu gabungkan (pilih salah satu)dengan subgenre berikut ini:
1.      personal literature (based on true story)
2.      komik  (perpaduan narasi dan ilustrasi)
3.      komedi
4.      thriller
5.      kpop/jpop
6.      fantasi
7.      science fiction
8.      petualangan
9.      religi
10.  inspiratif
11.  traveling
12.  pop urban
13.  kriminal

Weits, jangan buru-buru ngumpulin karyakamu dulu, Guys. Kami kasih kamu 2 bulan penuh untuk proses kreatif (riset,writing, self editing). Berikan karya terbaik kamu, karena kami menyiapkan hadiah:

1st champion:   3 kontrak penerbitan + bimbingan eksklusifmentor #KampusFiksi + sertifikat + sampel buku + paket buku
1st runner up: 2 kontrak penerbitan + bimbingan eksklusifmentor #KampusFiksi + sertifikat + sampel buku + paket buku
Naskah-naskah terbaik lainnyaberkesempatan untuk diterbitkan dengan kontrak penerbitan yang berlaku di deTEENS


Lombaini kami buka mulai 1 Agustus-30 September 2013, pukul 13.00 WIB. Pastinyacukup dong buat kamu mengerjakan sebuah novel fenomenal setebal 180-200 hlm,spasi 2, font Times New Roman, 12 pts, margin 4cm (atas/kiri) 3cm (kanan/bawah), ukurankertas A4, file Word.

Lengkapijuga sinopsis utuh maksimal 2 hlm, biodata narasi, dan no. HP (gabungkansemuanya bersama naskah novel kamu).

Setiappeserta hanya boleh mengirimkan 1 karya.
Kirimkanfile naskah kamu ke email: terteeencontest2013@gmail.com dengan format judulemail: 13+(nama)+(judul novel)+(subgenre).

Misal: 13+David+Senja Kedua di Dubai+pop urban

Badanemail silakan biarkan kosong

Penjurianakan meliputi beberapa poin berikut:
 1.      Tema
 2.      Plot
 3.      Konflik
 4.      Kekuatan detail
 5.      Logika cerita
 6.      Setting
 7.      Ending
 8.      Karakter tokoh
 9.      Kerapian naskah
 10.  Editing skill

Semuanaskah yang masuk akan diseleksi oleh dewan juri yang mewakili DIVA PressGroup, de TEENS, dan mentor #KampusFiksi. Penjurian akan berlangsung selamabulan November dan pengumuman pemenang pada bulan Desember 2013. 3 Novel yangmemenangkan lomba ini akan terbit serentak pada bulan Januari 2014.

Lho,kok malah bengong? Ayo mulai berkarya sekarang juga!!!

Lomba keren ini dipersembahkanoleh:
DIVA Press Group, de TEENS, dan#KampusFiksi
 
Penjelasanseputar kontrak penerbitan dan bimbingan eksklusif.
Bagi Juara 1, akankami berikan 3 kontrak penerbitan (ada 2 draft perjanjian, silakan pilih salahsatu). 1 kontrak untuk naskah yang memenangkan lomba ini. 2 kontrak berikutnyaadalah untuk 2 naskah (remaja) lainnya yang akan diterbitkan di DIVA PressGroup. Memang dengan catatan, naskah tersebut dianggap layak terbit olehredaksi de TEENS. Juara 1 juga berhak meminta bimbingan khusus kepada mentor#KampusFiksi ketika akan memulai penulisan 2 naskah. Tahapnya dimulai darisharing ide hingga konsultasi penulisan sampai menjadi naskah layak terbit. 2kontrak penerbitan akan diberikan setelah mendapat acc terbit dari redaksi deTEENS. Sebagai tambahan, masa bimbingan eksklusif hanya berlaku selama 1 tahun.Silakan memanfaatkan fasilitas ini semaksimal mungkin.
Untuk Juara 2,bimbingan eksklusif hanya berlaku untuk 1 naskah dan juga berlaku hanya selama1 tahun.

Silakan cek beberapa penjelasan lainnya di: https://www.facebook.com/notes/penerbit-diva-press/berbagai-pertanyaan-seputar-lomba-terteen/567398966635225
 

Berbagai Pertanyaan Seputar Lomba #terTEEN

Semenjak dirilisnya info lomba novel remaja #terTEEN, begitu banyak pertanyaan yang bermunculan dan sifatnya berulang. Semua hal inti sebenarnya sudah ada di aturan lomba. Tidak ada hal implisit satu pun yang kesannya menjebak peserta sehingga tidak berhasil memenangkan lomba ini. Dan berikut sejumlah pertanyaan yang muncul beserta jawabannya:

Apakah harus ada unsur tiga belas di dalam naskah?
Tidak. Awalnya memang panitia ingin menekankan ada unsur 13 di dalam karya, tetapi rasanya memunculkan 13 subgenre saja sudah cukup menjadi penghubung lomba #terTEEN dengan angka 13

Apakah usia peserta dibatasi?
Tidak. Peserta usia berapa pun yang bisa menulis novel remaja boleh ikutan lomba ini.

Apakah usia tokoh harus remaja?
Harus. Ini adalah novel remaja, tentang remaja. Konflik utamanya adalah seputar dunia remaja. Untuk tokoh-tokoh pendamping silakan dari kalangan usia berapa pun. Remaja itu batasan usianya adalah 16-23 tahun. Anak muda.

Bagaimana jika memilih 2 subgenre sekaligus?
Setiap peserta hanya boleh menggabungkan romance dengan salah satu dari 13 subgenre yg disediakan. Dua unsur itu harus ditampilkan secara dominan. Kalau toh nanti akan muncul subgenre lainnya, itu tidak masalah, tapi tidak dominan. Peserta harus bisa memberi batasan sendiri.

Kontrak penerbitannya seperti apa?
Soal ini tidak akan dibahas selain kepada para juara dan juga nominator yang oleh dewan juri karyanya dianggap layak terbit.

Maksudnya personal literature seperti apa?
Berikut adalah penjelasan singkat mengenai 13 subgenre
  1. personal literature: semacam diary atau curhatan,tapi diubah sedemikian rupa menjadi fiktif. Boleh dari kisah nyata kamu atau teman
  2. komik: narasi romance yg digabungkan dengan gambar, ini mungkin akan sangat jarang dipilih karena pembuatannya paling sulit, lama, dan mahal. juga tidak ada ketentuan seberapa banyak gambar komik yang harus ada dalam novel ini. 
  3. komik: narasi romance yg digabungkan dengan gambar, ini mungkin akan sangat jarang dipilih karena pembuatannya paling sulit 
  4. thriller: menampilkan sesuatu yg menyeramkan, boleh pembunuhan berantai, hantu, psikopat, urban legend, dll
  5. kpop/jpop: menampilkan nuansa Korea/Jepang dengan sangat kuat. Bukan berupa fanfic. Juga tidak ada ketentuan apakah tokoh harus murni orang Korea/Jepang semua.
  6. fantasi: menghadirkan cerita-cerita yg penuh imajinasi, misal dunia sihir, negeri dongeng, dll
  7. science fiction: cerita yg berhubungan dengan sesuatu yg ilmiah, teknologi, ilmu pengetahuan, dsb
  8. petualangan: menghadirkan keseruan ketika si tokoh ingin mencari tahu sesuatu, tapi tidak harus dengan bepergian jauh.
  9. religi: memasukkan ajaran-ajaran agama tertentu ke dalam cerita  
  10. inspiratif: menyajikan kisah yg memberikan motivasi dan semangat positif kepada pembaca
  11. traveling: perjalanan seseorang ke tempat lain, boleh kota atau negara lain dengan menampilkan ciri khas dari tempat tersebut  
  12. pop urban: menampilkan kehidupan metropolitan dan gaya hidup perkotaan zaman sekarang
  13. kriminal: menghadirkan kasus kejahatan yg kemudian berusaha dipecahkan, baik oleh polisi, detektif, dsb
Apakah boleh menulis novel #terTEEN dengan duet atau ramai-ramai?
Disarankan untuk mengerjakan novel ini sendiri, mengikat fasilitas bimbingan,sertifikat dll hanya berlaku untuk satu orang

Apakah alamat emailnya memang terteeen?
Ya, ini adalah satu-satunya email untuk pengiriman #terTEEN: terteeencontest2013@gmail.com. Jika takut salah, silakan copy paste ketimbang mengetik sendiri. Semua naskah yang masuk akan mendapat balasan otomatis.

Salah satu kriteria penjurian adalah kekuatan detail, maksudnya seperti apa?
Kekuatan detail adalah sebuah teknik menulis di mana penulis menampilkan sesuatu dengan sangat jelas sehingga pembaca bisa ikut membayangkan mirip seperti yang dibayangkan penulis.

Untuk naskah yang diterbitkan apakah menjadi hak penerbit?
Tidak. Semua naskah yang tidak diterbitkan menjadi hak milik penulis.

Silakan cek info lomba #terTEEN di: https://www.facebook.com/notes/penerbit-diva-press/lomba-menulis-novel-remaja-ter-teen/566941760014279

SUMBER : https://www.facebook.com/notes/penerbit-diva-press/lomba-menulis-novel-remaja-ter-teen/566941760014279

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar