Senin, 18 Februari 2013

30 Hari 1 Naskah

By. Ari Kinoysan Wulandari

Ingin produktif menulis dan punya banyak tabungan naskah? Menulislah dengan sistem 30 hari 1 naskah. Caranya bagaimana? Sederhana saja. Ikuti tata cara berikut.

1. Beranilah menulis. Mulailah menuliskan konsep yang akan ditulis dengan detail, baik judul, sinopsis, karakter, konfliks, setting, alur, sudut pandang, ending, dll yang dirasa perlu.

2. Pikirkan IDE yang KECIL, SEDERHANA, tetapi anda SUKAI dan KUASAI. Kebanyakan kesalahan penulis adalah berusaha memikirkan ide yang besar agar tampak hebat, tapi banyak bolong-bolongnya karena materi tidak dikuasai.

3. Luangkan waktu khusus setiap hari sesuai kemampuan. Misal naskahnya 300 halaman standar dan setiap jam bisa lima lembar, maka anda perlu dua jam setiap hari. Makin sedikit jumlah halaman yang anda hasilkan per jam, makin lama waktu yang dibutuhkan. Sesuaikan dengan kemampuan anda.

4. Mulailah menulis, berhentilah mengangankan atau membicarakan naskah yang akan anda tulis.

5. Mulailah dari hal yang paling anda anggap penting. Dalam penulisan, tidak ada aturan baku dalam penulisan, yang penting tulisan BAGUS dan MENARIK.

6. Jadilah DIRI SENDIRI, jangan MENJIPLAK GAYA orang lain. Jadi diri sendiri selalu lebih menarik daripada meniru gaya orang lain.

7. SELESAIKAN sesuai TARGET dan kemudian ENDAPKAN beberapa lama.

8. Setelah diendapkan, lakukan EDITING PRIBADI, segala hal yang perlu diperbaiki baik dari judul, isi, ejaan, kelogisan, dll yang masih kurang.

9. Lengkapi materi yang sudah siap dan ‘sempurna’ dengan BIODATA PENULIS. Biodata tak usah panjang-panjang, cukup nama, alamat email, prestasi penulisan, dan contact lainnya bila dirasa perlu dicantumkan.

10. KEMAS NASKAH, berdoa, dan siaplah untuk MENAWARKAN NASKAH. Kalau sudah beres, mulailah menulis lagi dengan cara yang sama untuk bulan kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar