Jumat, 30 November 2012

GIZI MENULIS [3] TIPS: Jangan Buang Waktu Pembaca

By. Hengki kumayandi

KURT VONNEGUT adalah seorang penulis satir, humor dan fiksi ilmiah dengan reputasi raksasa. Lahir di Amerika Serikat, ia sempat menjadi prajurit dalam periode Perang Dunia II. Karya-karyanya telah mendulang banyak pujian di kalangan pembaca dan sesama sastrawanseperti Slaughterhouse Five, Cat��s Cradle dan Breakfast of Champions.


Selain itu, ia juga banyak menerbitkan cerita-cerita pendek di sejumlah majalah dan jurnal sastra kenamaan dunia. Berikut adalah 8 tips sederhana yang ia berikan di sebuah lecture universitas tentang cara menulis cerita yang efektif:


- Gunakan waktu pembaca dengan bijaksana agar mereka tidak merasa seolah waktu mereka terbuang dengan membaca tulisanmu.


- Berikan setidaknya satu karakter yang bisa dijuarakan oleh pembaca.


- Setiap karakter harus punya keinginan, meskipun keinginan itu sangat sederhana seperti segelas air minum.


- Setiap kalimat harus melakukan satu di antara dua hal berikut: memperkuat karakter atau memajukan aksi dalam cerita.


- Mulailah sebuah cerita sedekat mungkin dengan ending cerita.


- Jadilah penulis yang SADIS. Tak perduli seberapa baik dan suci karaktermu, biarkan kejadian-kejadian buruk menghampirinya agar pembaca dapat melihat seperti apa sifatnya.


- Menulislah untuk memuaskan satu orang saja. Jika kau membuka jendela dan berusaha untuk menghirup semua udara yang ada, maka ceritamu akan terjangkit radang paru-paru.


- Berikan informasi selengkapnya dan secepat mungkin kepada pembaca. Jangan pikirkan masalah suspens. Pembaca harus mengerti benar apa-apa yang terjadi dalam ceritamu, di mana kejadian bertempat dan kapan, sehingga mereka bisa menyelesaikan cerita itu sendiri dengan menggunakan logika mereka. Siapa tahu halaman terakhir ceritamu digerogoti serangga.


Semoga menginspirasi. :)


------------------------------------------

Sumber : Kelas On Line Bimbingan Menulis Novel 

2 komentar:

  1. Kak, maksudnya "Berikan setidaknya satu karakter yang bisa dijuarakan oleh pembaca." itu pemeran utama ya kak? Atau selain pemeran utama, karakter lain juga bisa dijuarakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Biasanya dalam 1 cerita ada 1 tokoh yang diandalkan. Bisa tohoh utama, bisa juga tidak. Ada beberapa cerita yang justru tokoh pendampingnya yang lebih kuat karakter dan lebih disukai :)

      Hapus

Terima kasih telah berbagi komentar